Berilah tanda silang (X) pada huruf A, B, C, atau D yang merupakan jawaban paling benar!
1.Pendidikan jasmani memiliki berbagai pengertian
menurut pandangan berbagai ahli maupun organisasi.Pengertian
pendidikan jasmani pada prinsipnya berupa….
a. pendidikan olahraga yang dilakukan oleh masyarakat dengan
kegemaran dan kemampuan yang tumbuh dan berkembang sesuai
dengan kondisi dan nilai budaya
b. pendidikan olahraga yang membina dan mengembangkan
olahragawan secara terencana benjenjang dan berkelanjutan
c. pendidikan olahraga yang dilakukan atas dasar kecintaan atau
kegemaran berolahraga
d. bagian intergral dari pendidikan secara umum, yang direncanakan
secara sistematik bertujuan untuk mengembangkan danmeningkatkan
individu secara organic, neuromuskuler, persepsual, kognitif, dan
emosional, dalam kerangka sisitem pendidikan nasional
2. Pengertian olahraga pendidikan menurut UU No. 3 tahun 2005
tentang Sistem Keolahragaan Nasional, adalah….
a. pendidikan secara keseluruhan yang bertujuan untuk
mengembangkan individu secara organis, neuromuskuler, intelektual
dan emosional melalui aktivitas jasmani
b. pendidikan jasmani dan olahraga yang dilaksanakan sebagai
bagian proses pendidikan yang teratur dan berkelanjutan untuk
memperoleh pengetahuan, kepribadian, keterampilan, kesehatan dan
kebugaran jasmani
c. olahraga yang membina dan mengembangkan olahraga secara
terencana, berjenjang dan berkelanjutan melalui kompetisi untuk
mencapai prestasi dengan dukungan ilmu pengetahuan dan teknologi
keolahragaan
d. pendidikan jasmani dan olahraga kompetitif yang dilaksanakan
sebagai bagian proses pendidikan yang teratur dan berkelanjutan
untuk memperoleh pengetahuan, kepribadian, keterampilan,
kesehatan dan kebugaran jasmani
3. Tujuan pendidikan jasmani yang salah di bawah ini adalah...
a. mencapai prestasi olahraga yang inggi di event resmi seperti PON
b. meletakan landasan yang kuat melalui internalisasi nilai dalam
penjas
c. mampu mengisi waktu luang dengan aktivitas jasmani yang
bersifat rekreatif
d. menumbuhkan kemampuan berfikir kritis melalui tugas-tugas
pembelajaran pendidikan jasmani
4. Pernyataan mengenai pendidikan jasmani yang sesuai dengan
yang dikembangkan pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
adalah….
a. bagian integral dari pendidikan secara umum, berupa aktivitas
jasmani, yang bertujuan meningkatkan individu secara organik, dan
neuromuskular
b. bagian parsial dari pendidikan secara umum, berupa aktivitas
jasmani, yang bertujuan meningkatkan individu secara intelektual,
dan sosial
c. bagian parsial dari pendidikan secara umum, berupa aktivitas
jasmani, yang bertujuan meningkatkan individu secara organik, dan
neuromuskular, intelektual, dan sosial
d. bagian integral dari pendidikan secara umum, berupa aktivitas
jasmani, yang bertujuan meningkatkan individu secara organik,
neuromuskular, intelektual, dan sosial
5. Dibawah ini aspek/ranah yang tidak termasuk dalam penyampaian
materi pendidikan jasmni adalah . . . .
a. kognitif (pengetahuan/pemahaman)
b. afektif (sikap)
c. lokomotor (gerak dasar)
d. psikomotor (keterampilan gerak)
6. Ciri pembeda antara pendidikan jasmani, dan olahraga kompetitif
antara lain….
a. pendidikan jasmani menitikberatkan pada sistem penilaian final
score, sedangkan olahraga kompetitif gain score
b. pendidikan jasmani memiliki fokus orientasi pada anak (child
oriented), sedangkan olahraga kompetitif pada materi latihan (subject
oriented)
c. pendidikan jasmani membentuk individu sesuai dengan kebutuhan
fungsional cabang olahraga, sedangkan olahraga kompetitif tidak
d. olahraga kompetitif selalu dipertandingkan, sedangkan pendidikan
jasmani tidak boleh sama sekali ada pertandingan
7. Pengertian pendidikan kesehatan dibawah ini yang benar adalah:
a. suatu upaya pendidikan untuk mencapai kesehatan lingkungan
b. pendidikan yang mengutamakan kesehatan
c. upaya mempelajari bagaimana menciptakan kesehatan diri
d.suatu upaya atau kegiatan untuk mencipkatan perilaku masyarakat
(di sekolah, anak didik) yang kondusif untuk kesehatan
8. Dalam kenyataannya pendidikan kesehatan disekolah bertujuan
untuk membangun karakter anak didik supaya...
a. menambah atau memperkaya pengetahuan kesehatan
b. memiliki dan menerapkan budaya hidup sehat
c. mendapatkan pelayanan kesehatan
d. menambah sikap hidup yang kreatif dan sosial
9. Kegiatan jasmani dilakukan mengandung unsur permainan
perjuangan atau kompetisi baik dengan diri sendiri, orang lain
maupun alam dan dilakukan secara sportif dan fair, merupakan ciri
umum dari….
a. pendidikan olahraga
b. pendidikan jasmani
c. penjasorkes
d. olahraga kompetitif
10. Perbedaan yang nyata antara pendidikan jasmani, dan pendidikan
kesehatan adalah….
a. pendidikan jasmani menitikberatkan pada sistem penilaian final
score, sedangkan pendidikan kesehatan tidak
b. pendidikan jasmani memiliki fokus pada materi kebugaran jasmani
terkait dengan kesehatan dan keterampilan, sedangkan pendidikan
kesehatan pada materi kebugaran jasmani terkait dengan kesehatan
saja
c. pendidikan jasmani membentuk individu sesuai dengan kebutuhan
aktivitas pengisian waktu luang saja dan keterampilan psikomotorik,
sedangkan pendidikan kesehatan tidak
d. pendidikan jasmani tidak dapat mengembangkan kesehatan,
sedangkan pendidikan kesehatan sebaliknya
Baca juga :
Bentuk prinsip funsi dan faktor kebugaran jasmani
Peningkatan dan pemeliharaan kebugaran
Bab- Kebugaran jasmani kelas x semester