Jaga kesehatanmu, karena ia yang akan mewadahi umur panjangmu." - Ali bin Abi Talibt

Jenis-jenis Penyakit Menular Seksual (PMS) yang Perlu Diketahui


PMS atau Penyakit Menular Seksual adalah penyakit yang ditularkan melalui hubungan seksual. Penyakit ini dapat menyerang siapa saja, baik pria maupun wanita, dan dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan yang serius. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui jenis-jenis PMS yang ada agar dapat mencegah penularannya dan mengobati jika terjadi.

Berikut adalah beberapa jenis PMS yang perlu diketahui:

  • HIV/AIDS

HIV atau Human Immunodeficiency Virus adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia. Virus ini dapat menular melalui hubungan seksual, transfusi darah, dan penggunaan jarum suntik yang tidak steril. Jika tidak diobati, HIV dapat berkembang menjadi AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome) yang dapat menyebabkan kematian.

  • Sifilis

Sifilis adalah penyakit menular seksual yang disebabkan oleh bakteri Treponema pallidum. Penyakit ini dapat menular melalui hubungan seksual, transfusi darah, dan ibu hamil yang menderita sifilis dapat menularkannya pada bayi yang dikandungnya. Jika tidak diobati, sifilis dapat menyebabkan kerusakan pada organ tubuh dan bahkan kematian.

  • Gonore

Gonore atau kencing nanah adalah penyakit menular seksual yang disebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae. Penyakit ini dapat menular melalui hubungan seksual, baik vaginal, anal, maupun oral. Jika tidak diobati, gonore dapat menyebabkan infeksi pada organ reproduksi dan bahkan menyebabkan kemandulan.

  • Klamidia

Klamidia adalah penyakit menular seksual yang disebabkan oleh bakteri Chlamydia trachomatis. Penyakit ini dapat menular melalui hubungan seksual, baik vaginal, anal, maupun oral. Jika tidak diobati, klamidia dapat menyebabkan infeksi pada organ reproduksi dan bahkan menyebabkan kemandulan.

  • Herpes Genital

Herpes genital adalah penyakit menular seksual yang disebabkan oleh virus herpes simplex. Penyakit ini dapat menular melalui hubungan seksual, baik vaginal, anal, maupun oral. Gejala awalnya berupa luka pada alat kelamin yang dapat kambuh secara berkala. Jika tidak diobati, herpes genital dapat menyebabkan komplikasi pada organ tubuh lainnya.

  • Hepatitis B

Hepatitis B adalah penyakit menular seksual yang disebabkan oleh virus hepatitis B. Penyakit ini dapat menular melalui hubungan seksual, transfusi darah, dan penggunaan jarum suntik yang tidak steril. Jika tidak diobati, hepatitis B dapat menyebabkan kerusakan hati yang serius.

  • HPV

HPV atau Human Papillomavirus adalah virus yang menyerang kulit dan selaput lendir. Virus ini dapat menular melalui hubungan seksual dan dapat menyebabkan kutil kelamin dan kanker serviks pada wanita.

  • Trichomoniasis

Trichomoniasis adalah penyakit menular seksual yang disebabkan oleh parasit Trichomonas vaginalis. Penyakit ini dapat menular melalui hubungan seksual dan dapat menyebabkan infeksi pada alat kelamin dan saluran kemih.

  • Kutil Kelamin

Kutil kelamin adalah penyakit menular seksual yang disebabkan oleh virus HPV. Penyakit ini ditandai dengan tumbuhnya kutil pada alat kelamin dan dapat menular melalui hubungan seksual.

  • Molluscum Contagiosum

Molluscum contagiosum adalah penyakit menular seksual yang disebabkan oleh virus molluscum contagiosum. Penyakit ini ditandai dengan tumbuhnya benjolan kecil yang berisi cairan pada alat kelamin dan dapat menular melalui hubungan seksual.

  • Pedikulosis Pubis

Pedikulosis pubis atau kutu kemaluan adalah penyakit menular seksual yang disebabkan oleh kutu yang menempel pada rambut kemaluan. Penyakit ini dapat menular melalui hubungan seksual dan dapat menyebabkan gatal-gatal yang parah.

  • Scabies

Scabies atau kudis adalah penyakit menular seksual yang disebabkan oleh tungau yang menempel pada kulit. Penyakit ini dapat menular melalui hubungan seksual dan dapat menyebabkan gatal-gatal yang parah.

  • Candidiasis

Candidiasis adalah penyakit menular seksual yang disebabkan oleh jamur Candida albicans. Penyakit ini dapat menular melalui hubungan seksual dan dapat menyebabkan infeksi pada alat kelamin dan mulut.

  • Ureaplasma

Ureaplasma adalah bakteri yang dapat menyebabkan infeksi pada saluran kemih dan alat kelamin. Bakteri ini dapat menular melalui hubungan seksual dan dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan pada organ reproduksi.

  • Mycoplasma Genitalium

Mycoplasma genitalium adalah bakteri yang dapat menyebabkan infeksi pada saluran kemih dan alat kelamin. Bakteri ini dapat menular melalui hubungan seksual dan dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan pada organ reproduksi.


Kesimpulan

PMS merupakan masalah kesehatan yang serius dan dapat menyerang siapa saja. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui jenis-jenis PMS yang ada agar dapat mencegah penularannya dan mengobati jika terjadi. Selalu lakukan hubungan seksual yang aman dan teratur pemeriksaan kesehatan untuk mencegah dan mengobati PMS. Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut tentang PMS, berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan:


Baca juga:

Tips menjaga kesehatan mata

Cara menjaga kesehatan tubuh

Fungsi karbohidrat bagi tubuh

"Waktu dan kesehatan adalah dua aset berharga yang tidak dikenali dan dihargai sampai keduanya hilang." - Denis Waitley

Buku PJOK Kurikulum Merdeka

Referensi Bulanan

Trending Post