Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan

Ayo Giat Berolahraga Agar Tubuh Sehat dan bugar.

Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan

Tingkatkan Literasi Digital.

Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan

Gapai Impian dan Cita-Cita dengan Tubuh yang Bugar.

Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan

Rajin Olahraga bisa meningkatkan kualitas hidup.

Kesehatan adalah mahkota yang dikenakan oleh orang sehat yang hanya terlihat oleh orang sakit

100 Soal Persiapan ujian seleksi PPG:Pedagogik


SOAL PERSIAPAN UJIAN SELEKSI PPG  KOMPETENSI PEDAGOGIK

1.  Seorang siswa diminta untuk mengidentifikasi masalah yang mereka hadapi, lalu masalah itu didiskusikan dalam kelompok untuk mendapatkan solusinya.

Ilustasi ini berkaitan dengan perkembangan ....

A.    kemampuan kognitif

B.    kemampuan interaksional

C.    kemampuan integrasi diri

D.    kemampuan komunikatif

2.   Pernyataan berikut yang menjelaskan makna istilah kognitif adalah….

A.      kemampuan berkomunikasi

B.       Kemampuan untuk memecahkan masalah

C.       kemampuan berinteraksi

D.      kemampuan untuk mengintegrasikan diri

3.   Kemampuan berfikir untuk mengoperasikan kaidah-kaidah logika tapi masih terkait dengan obyek-obyek bersifat konkrit merupakan ciri-ciri kemampuan anak berusia

A.      0 - 2 tahun

B.       2 -- 7 tahun

C.       7 -- 11/12 tahun

D.      11/12/ -- 14/15 tahun

4.   Menggunakan potongan sapu lidi, kelereng, globe, gambar-gambar yang menyangkut pembelajaran IPA serta IPS sebagai media adalah sesuai dengan tahapan perkembangan berfikir anak yang dikenal sebagai tahapan

A.    Anak memahami bilangan dan angka tetapi masih terkait dengan obyek bersifat kongkrit (operasional konkrit)

B.   Pengamatan dan penginderaan yang intensif terhadap lingkunganya (sensomotor)

C.   Dominasi pengamatan bersifat egosentris

D.  Kemampuan mengoperasikan kaidah logika yang tidak terikat lagi dengan obyek yang bersifat konkrit (operasional formal)


5.   Kemampuan peserta didik untuk membina hubungan dan kemampuan memotivasi diri termasuk kecerdasan….

A.      Kognitif

B.       Sosial

C.      Emosional

D.      moral

6.  Seorang peserta didik selalu ingin mendominasi dalam suatu kelompok belajar. Dia tidak memberi kesmpatan anggota lain untuk mengemukakan pendapat. Jika teman lain yang memimpin dan mengendalikan jalannya diskusi, ia memisahkan diri dan cenderung belajar sendiri.

Peserta didik tersebut mengalami permasalahan dalam perkembangan

A.      sosial-emosional

B.       kognitif

C.       moral

D.      spiritual 

7.  Peserta didik telah memiliki yang memiliki moralitas benar-benar diinternalisasikan dan tidak didasarkan pada standar-standar orang lain. Dia mengenal tindakan moral alternatif, menjajaki pilihan-pilihan, dan kemudian memutuskan berdasarkan suatu kode moral pribadi.

Hal ini merupakan contoh perilaku moral-spritual pada tahapan ...

A.      penalaran pascakonvensional

B.       penalaran konvensional

C.       penalaran prakonvensional

D.      penalaran interkonvensional


8.  Individu memandang apa yang diharapkan oleh keluarga, kelompok, masyarakat dan bangsa serta setia mendukung aturan social bukan hanya untuk ketenangan tetapi disadari sebagai sesuatu yang berharga.

Pernyataan tersebut merupakan tahapan perkembangan moral

A.      Prakonvensional

B.       Konvensional

C.      Pascakonvensional

D.      Interkonvensional

9.   Memaksimalkan kegiatan ekstrakurikuler, melakukan rekreasi dengan guru, dan melakukan kegiatan informal lainnya memiliki fungsi untuk mengatasi kesulitan belajar dalam hal ….

A.      mengemukakan gagasan

B.       mengaktualisasikan diri

C.       penciptaan hubungan yang baik

D.      menformulasikan tindakan

10.    Seorang peserta didik merasa kurang bersemangat pada jam usai pembelajaran. Dia bahkan lebih senang tinggal di sekolah sampai sore, petugas kebersihan sekolah sampai menyuruhnya pulang karena matahari hampir tenggelam.

Peserta didik tersebut dicurigai memiliki hambatan pengembangan potensi berupa faktor ....

A. intelegensi dan kognitif

B. budaya dan pembiasaan

C. keluarga dan lingkungan masyarakat

D. emosional dan kepribadian

11.    Seorang peserta didik mampu mendengarkan informasi yang disampaikan oleh guru tetapi pada saat ditanya ia tidak mengerti apa yang ia dengar. Peserta didik tersebut mengalami kesulitan/ gangguan belajar dalam hal ....

A.      kesulitan akademis

B.       gangguan simbolik

C.       gangguan nonsimbolik

D.      gangguan sosial

12.    Perbedaan antara konseling dan wawancara terletak pada maksud dan tujuannya. Tujuan konseling adalah....

A.      Membantu siswa agar dapat memecahkan masalah pribadinya

B.       Menbantu siswa agar dapat melakukan penyesuaian diri dengan lingkungannya

C.      Membantu siswa agar dapat mengatasi kesulitan belajar

D.      Membantu siswa agar memperoleh informasi tertentu

13.  Teori ini memandang belajar sebagai hasil dari pembentukan hubungan antara rangsangan dari luar (stimulus) dan balasan dari siswa (response) yang dapat diamati. Semakin sering hubungan (bond) antara rangsangan dan balasan terjadi, maka akan semakin kuatlah hubungan keduanya (law of exercise). Teori belajar yang dimaksud adalah…

A.      Behaviorisme

B.       Humanistik

C.       Sibernetik

D.      Kontruktivisme

14.    Di dalam proses pembelajaran, para siswa dihadapkan dengan situasi di mana ia bebas untuk mengumpulkan data, membuat dugaan (hipotesis), mencoba-coba (trial and error), mencari dan menemukan keteraturan (pola), menggeneralisasi atau menyusun rumus beserta bentuk umum, membuktikan benar tidaknya dugaannya itu. Hal ini merupakan penerapan teori belajar….

A.      Sibernetik

B.       Humannistik

C.       Behaviorisme

D.      Konstruktivisme

15.    Menurut teori ini, peranan guru dalam pembelajaran adalah sebagai fasilitator, motivator, dan memberikan kesadaran mengenai makna kehidupan pada siswa. Teori belajar ini berusaha memahami perilaku belajar dari sudut pandang pelakunya bukan dari sudut pandang pengamatnya. Teori belajar ini adalah ….

A.      Humanistik

B.       Konstruktivisme

C.       kognitivisme

D.      Nativisme

16.    Pada masa kini siswa dituntut untuk dapat belajar setiap saat dan bisa terjadi di manapun. Hal ini terjadi karena kemajuan teknologi yang memungkinkan belajar jarak jauh dalam jaringan atau online. Pernyataan diatas sejalan dengan teori belajar ….

A.      Sibernetik

B.       Konstruktivisme

C.       Behaviorisme

D.      Kognitivisme 

17.    Pendapat yang menyatakan bahwa pengetahuan atau pengalaman yang baru dapat terkait dengan pengetahuan lama yang sudah ada di dalam struktur kognitif seseorang adalah teori belajar…

A.      Behaviorisme

B.       Konstruktivisme

C.      Kognitivisme

D.      Sibernatik

18.    Tujuan pembelajaran yang menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kompetensinya dimuat dalam:

A.      Silabus

B.       RPP

C.       Silabus dan RPP

D.      SKL



19.    Komponen rancangan pelaksanaan pembelajaran terdiri dari....

A.      Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi

B.       Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, indikator,materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi

C.       Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, sumber belajar, media pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi

D.      Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar, evaluasi, langkah-langkah pembelajaran

20.    Silabus dan RPP sama-sama sebagai rencana proses pembelajaran, perbedaannya adalah sebagai berikut:

A.      Silabus berisi kompetensi dasar sedangkan rpp mengarahkan kegiatan belajar untuk mencapai kompetensi dasar

B.       Silabus bersumber dari standar isi dan standar lulusan, sedangkan RPP bersumber dari standar kompetensi lulusan

C.       RPP dibuat oleh setiap guru, sedangkan silabus dibuat oleh tim guru

D.      RPP dan silabus keduanya disusun oleh setiap satan pendidikan. 

21.    Salah satu prinsip dalam penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah

A.      Materi atau bahan ajar berbasis kompetensi

B.       Pembelajaran dirancang dengan berpusat pada peserta didik

C.       RPP bersumber dari silabus

D.      Alokasi waktu sesuai dengan jadwal pada setiap satuan pendidikan

22.    Perhatikan beberapa komponen dari RPP untuk mata pelajaran bahasa Indonesia adalah sebagai berikut ......

1)        Kompetensi dasar :Mengenal kegiatan bermusyawarah

2)        Indikator : menyebutkan dua ciri kegiatan bermusyawarah

3)        Tujuan Pembelajaran : setelah pelaksanaan pemilihan ketua kelas siswa dapat menyebutkan dua ciri kegiatan musyawarah dengan benar

Berdasarkan komoponen-komponen RPP tersebut prinsip digunakan adalah....

A.      Memberikan umpan balik dan tindak lanjut

B.       Mendorong partisipasi aktif peserta didik

C.       Memperhatikan perbedaan individu peserta didik

D.      Keterkaitan dan keterpaduan

23.    Benjamin S. Bloom mengembangkan ranah kognitif dengan urutan berikut:

A.      ingatan; pemahaman, analisis, aplikasi, sintesis, dan evaluasi;

B.       ingatan, pemahaman, aplikasi, analisis, síntesis, dan evaluasi

C.       ingatan, pemahaman, síntesis, aplikasi, analsis, dan evaluasi

D.      ingatan, pemahaman, analisis, aplikasi, evaluasi, dan, síntesis.

24.    Taksonomi Anderson dan Krathwol menyempurnakan taksonomi Benjamin S. Bloom mengembangkan ranah kognitif dengan urutan berikut:

A.      ingatan; pemahaman, analisis, aplikasi, sintesis, dan evaluasi;

B.       ingatan, pemahaman, aplikasi, analisis, síntesis

C.       ingatan, pemahaman, síntesis, aplikasi, analsis, dan evaluasi

D.      ingatan, pemahaman, aplikasi,analisis, evaluasi, dan, mencipta.

25.    Model pembelajaran yang mempunyai keunggulan antara lain; berpikir dan bertindak kreatif, memecahkan masalah yang dihadapi secara realistis, merangsang perkembangan kemajuan berfikir siswa untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi dengan tepat, adalah….

A.      Role Playing

B.       Inquiry

C.       Problem Solving

D.      Picture and Picture

26.    Faktor yang penting dipertimbangkan guru dalam melaksanakan diskusi pemecahan masalah proses pembelajaran adalah:

A.      Waktu yang tersedia untuk melaksanakan diskusi

B.       Rumusan masalah yang harus didiskusikan

C.       Jumlah peserta didik yang mengikti pembelajaran

D.      Motivasi belajar siswa

27.    Fungsi indikator dijadikan sebagai penanda dalam….   

A.      Pencapaian standar kompetensi

B.       Pencapaian kompetensi dasar.

C.       Pencapaian tujuan pembelajaran

D.      Pencapaian standar kelulusan

28.    Apa yang paling tepat dilakukan guru, jika seorang peserta didik tidak memberikan jawaban atas pertanyaan yang diajukan ?

A.      Menunjuk peserta didik lain untuk menjawab pertanyaan tersebut

B.       Memberikan kritik agar peserta didik berusaha menjawab walaupun salah

C.       Menyederhanakan isi pertanyaan agar mudah dipahami peserta didik

D.      Menjawab sendiri pertanyaan tersebut.

29.    Prinsip sistematis sebagai salah satu prinsip pengembangan silabus artinya ....

A.      Cakupan, kedalaman, tingkat kesukaran dan urutan penyajian materi dalam silabus sesuai dengan tingkat perkembangan fisik, intelektual, sosial, emosional, dan spritual peserta didik.

B.       Adanya hubungan yang konsisten (ajeg, taat asas) antara kompetensi dasar, indikator, materi pokok/pembelajaran, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian.

C.       Cakupan indikator, materi pokok/pembelajaran, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian cukup untuk menunjang pencapaian kompetensi dasar.

D.       Komponen-komponen silabus saling berhubungan secara fungsional dalam mencapai kompetensi.

30.    Ciri-ciri kelas yang menggunakan pembelajaran CTL adalah sebagai berikut, kecuali....

A.      Sharing dengan teman

B.       Guru kreatif

C.       Pengalaman nyata

D.      Menggunakan satu sumber

31.    Dalam memilih dan mengembangkan materi pembelajaran, Ibu Murni Nugroho selalu menyeleksi materi pembelajaran yang telah teruji kebenarannya, tidak ketinggalan jaman dan memberikan kontribusi untuk pemahaman ke depan. Kriteria penyeleksian dan pemilihan materi pembelajaran tersebut memenuhi kriteria…

A.      Sahih

B.       Kebermanfaatan

C.      Layak dipelajari

D.      Menarik minat

32.    Bu Rossa menyiapkan materi pelajaran dengan cara dimulai dari materi-materi yang dikenal siswa kemudian menuju hal-hal baru dan dianggap lebih mendalam. Bentuk pengembangan materi yang disusun Bu Rossa mengikuti pola....

A.      Kausal

B.       Spiral

C.      Kronologis

D.      inquiri

33.    Memilih media pembelajaran hendaknya tidak boleh sembarangan tetapi harus didasarkan pada kriteria tertentu. Misalnya, apakah untuk belajar individual, kelompok kecil, kelompok besar atau massal.

Pernyataan tersebut dalam pemilihan media termasuk ke dalam kriteria...        

A.      tujuan           

B.       sasaran didik

C.       ketersediaan 

D.      konteks penggunaan

34.    Pada saat mempersiapkan pembelajaran seorang guru dapat menyusun strategi pembelajaran dan menentukan media yang akan digunakan dalam pembelajaran tersebut. Kemampuan dasar yang harus dimiliki seorang pendidik terkait dengan keterampilan memilih media pembelajaran adalah…

A.      Pendidik harus mengetahui latar sosial budaya siswa dan sekolah

B.       Pendidik harus memahami karakteristik dari media pembelajaran tersebut.

C.       Pendidik harus menyesuaikan diri dengan kemampuan sekolah.

D.      Pendidik menyesuaikan dengan materi pembelajaran.

35.    Pada saat mempersiapkan pembelajaran seorang guru harus dapat menentukan jenis media yang tepat sesuai dengan materi. Di lihat dari kemampuan jangkauannya, media dapat dibagi ke dalam..

A.      media yang memiliki daya liput yang luas dan media yang memiliki daya liput terbatas       

B.       media yang dpat didengar saja dan media yang dapat dilihat        

C.       media tradisional dan media berbasis TIK  

D.      media dua dimensi dan media tiga dimensi 

36.    Di ruang media tersedia berbagai macam media yang sudah berdebu dan agak usang. Sebagai seorang pendidik yang kreatif, sebaiknya dapat memanfaatkan media dan memilih media mana yang akan digunakan. Dia memiliki beberapa pertimbangan dalam hal ini.

Pertimbangan dalam memilih media pembelajaran yang harus diperhatikan adalah...

A.      Tujuan, sasaran didik, karakteristik media, waktu pengoperasian, biaya, ketersediaan,konteks penggunaan, dan mutu teknis.

B.       Sasaran didik, karakteristik media, waktu mengoperasikan, tujuan, misi visi sekolah dan konteks penggunaan.

C.       Tujuan, sasaran didik, karakteristik media, visi sekolah dan konteks penggunaan

D.      Kultur sekolah, tujuan, waktu pengoperasiaan dan karakteristik media



37.    Seorang guru harus mampu memanfaatkan media pembelajaran dan sumber belajar untuk mencapai tujuan pembelajaraan utuh. Pernyataan berikut yang benar terkait dengan media pembelajaran adalah:         

A.      media pembelajaran yang paling baik adalah media yang berbasis TIK     

B.       sebuah media dapat digunakan untuk semua kegiatan pembelajaran          

C.       media dapat digunakan sebagai pembawa pesan dalam suatu kegiatan pembelajaran         

D.      memilih media tidak perlu banyak pertimbangan agar tidak merepotkan

38.    Setiap materi pembelajaran memiliki tingkat kesukaran yang bervariasi. Untuk memudahkan peserta didik memahami materi yang memiliki tingkat kesukaran tinggi guru sering memanfaatkan media pembelajaran. Misalnya, media gambar atau tayangan video yang berisi sistem peredaran darah.

Fungsi media pada pernyataan tersebut adalah: 

A.      Menampilkan objek yang terlalu besar        

B.       Membuat konkrit konsep yang abstrak  

C.       Menampilkan objek yang tidak dapat diamati dengan mata telanjang.      

D.      Membawa objek yang berbahaya atau sukar didapat di dalam lingkungan belajar.

39.    Media memiliki fungsi dan manfaat bagi pembelajaran. Hal ini dirasakan juga oleh guru dalam membantu pembelajaran menjadi lebih efisien dan efektif. Misalnya saat guru ingin menjelaskan suatu konsep/ objek yang luas dan besar, dia tinggal menggunakan medianya saja.

Berikut ini adalah salah satu fungsi dari media pembelajaran sesuai kondisi tersebut:

A.      Menampilkan objek yang terlalu besar, misalnya pasar, candi.

B.       Membawa objek yang berbahaya atau sukar didapat di dalam lingkungan belajar.

C.       Membuat konkret konsep yang abstrak, misalnya untuk menjelaskan peredaran darah.

D.      Menampilkan objek yang tidak dapat diamati dengan mata telanjang.

40.    Seorang guru ingin membuka situs google untuk menuliskan catatan, ide, atau refleksi yang bersifat pribadi atau untuk dibagikan secara umum. Fitur yang dapat dimanfaatkan oleh guru tersebut adalah…        

A.      book 

B.       forum           

C.       blog  

D.      e-portofolio

41.    Seorang guru sedang ber-googling atau membuka situs google untuk mencari informasi mengenai pembelajaran berbasis TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi).

Pengertian googling dalam istilah internet tersebut adalah…

A.      program mencari informasi  

B.       program desktop publishing

C.       program untuk menjelajahi laman

D.      program penciptaan laman

42.    Saat kita akan informasi tentang suatu topik atau judul dapat menggunakan aplikasi internet yang dikenal dengan istilah mesin pencari (search engine).

Salah satu laman yang berfungsi sebagai mesin pencari selain google adalah...

A.      www.yahoo.com

B.       www.gmail.com

C.       www.hotmail.com

D.    www.cari-data.com

43.    Seorang guru akan membuat media untuk menampilkan contoh surat, tabel, gambar dan berbagai dokumen lain. Aplikasi sederhana keluaran Microsoft yang dapat digunakan untuk memfasilitasi kegiatan guru tersebut adalah...  
A. Microsoft Database    
B. Microsoft PowerPoint 
C.Microsoft Desktop Publishing     
D. Microsoft Word 

44.    Seorang guru dapat menampilkan bahan tayang yang menarik perhatihan siswa dalam pembelajaran. Program tampilan bahan tayang ini difasilitasi oleh Microsoft. Aplikasi sederhana keluaran Microsoft yang dapat digunakan untuk membuat bahan presentasi adalah....

A.      Microsoft Database

B.       Microsoft Spread Sheet

C.       Microsoft powerpoint

D.      Microsoft Desktop Publishing

45.    pertanyaan, mengumpulkan data (informasi) dengan berbagai teknik, mengasosiasi/ menganalisis/mengolah data (informasi) dan menarik kesimpulan serta mengkomunikasikan hasil yang terdiri dari kesimpulan untuk memperoleh pengetahuan, keterampilan dan sikap.

Langkah yang dilakukan Pak Ali itu merupakan bagian dari model pembelajaran…

A.      portofolio

B.       saintifik

C.       penemuan

D.      autentik

46.    Pak Larso melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan masalah sebagai langkah awal dalam mengumpulkan dan mengintergrasikan pengetahuan baru berdasarkan pengalamannya, dimulai dengan memunculkan pertanyaan penuntun (a guiding question) dan membimbing peserta didik berkolaboratif yang mengintegrasikan berbagai subjek (materi) dalam kurikulum.

Pembelajaran yang dilakanakan oleh Pak Larso tersebut merupakan model pembelajaran ....

A.      projek based learning

B.       discovery Learning

C.       Problem Based Learning

D.      Inquiry learning

47.    Bu Rumini melaksanakan pembelajaran yang mengakomodasi semua anggota kelompok mengungkapkan pendapat, ide, dan tanggapan terhadap skenario secara bebas, sehingga dimungkinkan muncul berbagai macam alternatif pendapat.

Kegiatan yang dilakukan Bu Rumini tersebut merupakan implementasi model pembelajaran ....

A.      Project based learning

B.       inquiry learning

C.       Discovery learning

D.      problem based learning

48.    Berikut ini merupakan langkah-langkah pembelajaran dengan model pembelajaran project based learning :

1)        Penentuan Pertanyaan Mendasar,

2)        Mendesain Perencanaan Proyek,

3)        Menyusun Jadwal (Create a Schedule),

4)        Memonitor peserta didik dan kemajuan proyek (Monitor the Students and the Progress of the Project),

5)        Menguji Hasil (Assess the Outcome),

6)        Mengevaluasi Pengalaman (Evaluate the Experience).

Urutan yang benar adalah ....

A.      1-2-3-4-5-6

B.       1-3-2-4-5-6

C.       1-3-2-5-6-4

D.      1-2-3-5-4-6

49.    Perhatikan langkah-langkah kegiatan pembelajaran yang masih acak berikut ini!

1)        Mengorganisasi siswa dalam belajar

2)        Orientasi siswa pada masalah

3)        Membimbing penyelidikan siswa secara mandiri atau kelompok

4)        Mengembangkan dan menyajikan hasil karya

Jika langkah-langkah tersebut disusun mengikuti urutan model pembelajaran Problem Based Learning, urutan langkah yang tepat adalah ....

A.      1-2-3-4

B.       2-3-1-4

C.       3-2-1-4

D.      2-3-1-4

50.        Kriteria keberhasilan belajar siswa ditentukan dengan menggunakan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). KKM adalah rata-rata setiap unsur dari kriteria yang ditentukan. Untuk menentukan KKM diperlukan faktor-faktor….

A.      Kompleksitas indikator, daya dukung, dan kemampuan guru

B.       Kemampuan guru, sarana/prasarana, dan intake siswa

C.       Kompleksitas indikator, daya dukung, dan intake siswa

D.      Kemampuan guru, tingkat kesulitan kompetensi dasar, dan intake siswa

51.    Fungsi KKM adalah sebagai berikut, kecuali....

A.      sebagai acuan peserta didik dalam menyiapkan diri mengikuti penilaian mata pelajaran

B.       merupakan target satuan pendidikan dalam pencapaian kompetensi tiap mata pelajaran

C.       dapat digunakan sebagai bagian dari komponen dalam melakukan evaluasi program pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah.

D.      Sebagai kegiatan pengambilan keputusan yang dapat dilakukan melalui metode kualitatif atau kuantitatif. 

52.    Fungsi indikator dijadikan sebagai penanda dalam….   

A.      Pencapaian standar kompetensi

B.       Pencapaian kompetensi dasar.

C.       Pencapaian tujuan pembelajaran

D.      Pencapaian standar kelulusan


53.    Untuk menentukan tindak lanjut pembelajaran, tindakan yang perlu dilakukan guru adalah;

A.      Menilai tingkat pencapaian hasil belajar siswa

B.       Menambah bahan pelajaran baru

C.       Mengetahui jumlah siswa yang tidak akan mengikuti program tindak lanjut

D.      Memilih waktu yang tepat untuk melaksanakan program tindak lanjut

54.    Instrumen yang diguanakan untuk menilai perilaku siswa dalam proses pembelajaran adalah:

A.      Pedoman observasi

B.       Kuesioner

C.       Pedoman wawancara

D.      Tes hasil belajar

55.    Sebelum guru menyusun soal-soal untuk menilai hasil belajar peserta didik, manakah yang pertama kali harus dipelajari:

A.      Buku sumber yang digunakan

B.       Kurikulum dan silabus

C.       Indikator pencapaian kompetensi

D.      Kemampuan awal siswa

56.    Salah satu prinsip dalam penilaian hasil belajar peserta didik adalah penilaian harus terpadu artinya:

A.      penilaian berdasarkan data yang mencerminkan kemampuan yang harus diukur

B.       penilaian merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kegiatan pembelajaran

C.       penilian berdasarkan kriteria yang jelas tentang kompetensi yang harus dicapai

D.      penilaian harus berkesinambungan oleh pendidik untuk semua aspek kompetensi

57.    Instrumen penilaian hasil belajar yang digunakan pendidik harus memenuhi persayaratan berikut, kecuali:

A.      Konstruksi butir soal memenuhi persayaratan yang sesuai dengan bentuk tes yang digunakan

B.       Substansi yang diukur mempresentasiukan kompetensi yang dinilai

C.       Bahasa yang digunakan komukinatif sesuai dengan taraf perkembangan peserta didik

D.      Digunakan untuk ulangan tengah semester dan ulangan akhir semester

58.    Untuk mengetahui prestasi belajar yang dicapai oleh semua peserta didik pada satu rombongan belajar dapat dilakukan dengan menghitung nilai;

A.      Mean

B.       Modus

C.       Median

D.      Simpangan baku

59.    Standar penilaian pendidikan merupakan acuan bagi guru dalam melaksanakan

A.      Penilaian hasil belajar peserta didik

B.       Penilaian proses pembelajaran yang dilakukan guru

C.       Penilaian silabus dan RPP

D.      Penilaian standar kompetensi lulusan

60.    Penilaian adalah penafsiran hasil pengukuran dan penentuan pencapaian hasil belajar. Penilaian dapat berupa hasil belajar peserta didik yang tidak dipengaruhi oleh kepentingan penilai, perbedaan latar belakang agama, sosial-ekonomi, budaya, bahasa, gender, dan hubungan emosional. Cara penilaian tersebut mengacu pada aspek penilaian….           

A.      Objektivitas.

B.       Transparan

C.       Bermakna

D.      Menyeluruh

61.    Upaya merancang pengayaan bagi perserta didik yang mencapai ketuntasan belajar optimal tampak dalam kegiatan guru sebagai berikut:

A.      Memberikan tambahan materi berupa sumber ajar dari pengarang yang berbeda

B.       memberikan test tambahan dengan tingkat kesukaran lebih tinggi

C.       memberikan tambahan sumber bacaan yang lebih mendalam dan tingkat variasi yang tinggi berikut instrument testnya yang sesuai

D.      diberikan materi bahan ajar yang lebih tinggi tingkatannya dan mengerjakan soal-soal yang memiliki kesulitan tinggi 


62.    Dasar rancangan program remidi bagi peserta didik yang capaian prestasinya di bawah ketuntasan belajar ….

A.      proses pengajaran remedial pada dasarnya adalah proses belajar mengajar biasa

B.       tujuan pengajaran remedial adalah sama dengan test diagnostik

C.       sasaran terpenting pengajaran remidial adalah peningkatan kecerdasan siswa

D.      strategi yang dipilihhanya berbentuk test ulang

63.    Salah satu prinsip merancang program remidial bagi peserta didik tampak dalam kegiatan guru ….

A.      Membuat rancangan pembelajaran khusus untuk siswa peserta remedial

B.       Menggunakan rancangan pembelajaran yang telah dibuat dengan memperhatikan hasil temuan analisis evaluasi belajar siswa

C.       Menggunakan rancangan pembelajaran baru yang berbeda sama sekali dengan rancangan yang ada.

D.      merancang test ulang saja tanpa ada pengulangan penjelasan materi

64.        .  Kriteria ketuntasan minimal (KKM) merupakan kriteria ketuntasan belajar yang ditentukan oleh sekolah, pada prinsipnya merupakan:

A.           Nilai batas ambang kompetensi

B.           Nilai minimal yang dicapai peserta didik

C.           Nilai maksimal yang dicapai peserta didik

D.           Nilai batas ambang kelulusan ujian sekolah

65.    Penilaian portofolio dapat dilaksanakan dengan cara ….

A.      Memberikan penilaian menyeluruht erhadap tugas-tugas siswa

B.       Mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil test harian dan sumatif tiap siswa

C.       Mengumpulkan hasil kerja masing-masing siswa yang telah diberikan masukan baik oleh guru dan rekan siswa dalam suatu album sebagai bukti hasil belajar

D.      Mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil ulangan tiap siswa untuk melihat kesulitan siswa dalam memahami pokok bahasan tertentu dan kemudian diberikan pengajarandan test remedial

66.    Penilaian hasil belajar siswa didasarkan pada karya siswa dan tugas siswa, kemampuan dalam proses pembelajaran dan hasil post test disebut ....

A.  Konstruktivisme

B.  Authentic assesment

C.  Efektif

D.  kondusif 

67.    Pendekatan tes ini menggunakan norma yang disusun secara relatif berdasarkan distribusi skor yang dicapai oleh para pengikut dalam suatu tes. Dengan demikian maka skor standar yang dicapai oleh seseorang yang didasarkan atas norma relatif ini (PAN) mencerminkan status individu di dalam kelompok.

Pendekatan tes yang dimaksud adalah….

A.      Penilaian berkelanjutan

B.       penilaian menyeluruh

C.       penilaian acuan patokan

D.      penilaian acuan norma 

68.    Kurikulum 2013 menggunakan pendekatan penilaian yang disebut dengan istilah penilaian acuan kriteria (PAK). PAK merupakan penilaian pencapaian kompetensi yang didasarkan pada kriteria ketuntasan minimal (KKM). KKM merupakan kriteria ketuntasan belajar minimal yang ditentukan oleh satuan pendidikan dengan mempertimbangkan karakteristik Kompetensi Dasar yang akan dicapai, daya dukung, dan karakteristik peserta didik.

Dengan demikian, Kurikulum 2013 menggunakan pendekatan penilaian yang didasarkan pada pendekatan ....

a.         Penilaian berkelanjutan

b.        Penilaian autentik

c.         Penilaian acuan patokan

d.        Penilaian acuan norma

69.    Menggambarkan sejauh mana seorang peserta didik telah menguasai suatu kompetensi, merupakan…

A.      tujuan penilaian

B.       prinsip penilaian

C.      fungsi penilaian

D.      hasil penilaian

70.    Mengetahui tingkat penguasaan kompetensi dalam sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang sudah dan belum dikuasai seorang/sekelompok peserta didik untuk ditingkatkan dalam pembelajaran remidial dan program pengayaan merupakan….

A.      prinsip penilaian

B.       tujuan penilaian

C.       fungsi penilaian

D.      bentuk penilaian.

71.    Assesment hasil belajar peserta didik harus memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut, kecuali:

A.      objektif

B.       adil

C.      kooperatif

D.      terpadu.

72.    Penilaian yang didasarkan pada data yang mencerminkan kemampuan yang diukur, hal tersebut merupakan prinsip penilian yang:

A.      adil

B.       objektif

C.      valid

D.      sistematis

73.    Penilaian yang dapat dipertanggungjawabkan, baik dari segi teknik, prosedur, maupun hasilnya, hal tersebut merupakan prinsip penilaian yang…

A.      adil

B.       akuntabel

C.       valid

D.      sistematis 

74.    Penilaian yang dilakukan secara berencana dan bertahap dengan mengikuti langkah-langkah yang baku, hal tersebut merupakan prinsip penilaian yang…

A.      adil

B.       objektif

C.       valid

D.      sistematis 

75.    Di bawah ini beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan assesmen hasil belajar peserta didik, kecuali….

A.      ditujukan untuk mengukur pencapaian kompetensi

B.       menggunakan acuan kriteria berdasarkan pencapaian kompetensi

C.       ditindaklanjuti dengan program remedial dan pengayaan

D.      dilakukan pengulangan jika ternyata hasilnya banyak yang jelek

76.  Program pembelajaran remedial hendaknya memungkinkan peserta didik untuk belajar sesuai dengan kecepatan, kesempatan, dan gaya belajar masing-masing. Pembelajaran remedial harus mengakomodasi perbedaan individual peserta didik.Pernyataan di atas termasuk salah prinsip yang perlu diperhatikan dalam pembelajaran remedial, yaitu...

A.      Fleksibilitas

B.       Interaktif

C.      Adaptif

D.      Kesinambungan

77.  Berdasarkan data hasil evaluasi pembelajaran tentang memahami teks anekdot ternyata hasilnya tidak maksimal. Dari 30 siswa dinyatakan belum tuntas sejumlah 15 sehingga mengikuti program remidial. Sedangkan yang dinyatakan tuntas sejumlah 15 orang mengikuti program pengayaan. Kegiatan pengayaan untuk 15 siswa dapat dilakukan oleh guru dengan cara...

A.      Mengadakan pendalaman materi terkait dengan KD tersebut

B.       Digabung dengan siswa yang belum tuntas ikut remedial

C.       Melanjutkan materi pada KD selanjutnya

D.      Memberi tugas mengerjakan lembar kerja siswa 

78.  Upaya merancang pengayaan bagi perserta didik yang mencapai ketuntasan belajar optimal tampak dalam kegiatan guru sebagai berikut:

A.      Memberikan tambahan materi berupa sumber ajar dari pengarang yang berbeda

B.       memberikan test tambahan dengan tingkat kesukaran lebih tinggi

C.       memberikan tambahan sumber bacaan yang lebih mendalam dan tingkat variasi yang tinggi berikut instrument testnya yang sesuai

D.      diberikan materi bahan ajar yang lebih tinggi tingkatannya dan mengerjakan soal-soal yang memiliki kesulitan tinggi

79.  Dasar rancangan program remidi bagi peserta didik yang capaian prestasinya di bawah ketuntasan belajar ….

A.      proses pengajaran remedial pada dasarnya adalah proses belajar mengajar biasa

B.       tujuan pengajaran remedial adalah sama dengan test diagnostik

C.      sasaran terpenting pengajaran remidial adalah peningkatan kecerdasan siswa

D.      strategi yang dipilihhanya berbentuk test ulang

80.    Salah satu prinsip merancang program remidial bagi peserta didik tampak dalam kegiatan guru ….

A.      Membuat rancangan pembelajaran khusus untuk siswa peserta remedial

B.       Menggunakan rancangan pembelajaran yang telah dibuat dengan memperhatikan hasil temuan analisis evaluasi belajar siswa

C.       Menggunakan rancangan pembelajaran baru yang berbeda sama sekali dengan rancangan yang ada.

D.      merancang test ulang saja tanpa ada pengulangan penjelasan materi

81.  Agar dapat menyusun hipotesis tindakan dengan tepat, Anda dapat melakukan kegiatan-kegiatan. Salah satu kegiatan itu adalah pengkajian teoretik di bidang pembelajaran/pendidikan.Pernyataan tersebut merupakan kegiatan PTK pada langkah ...

A.      merumuskan masalah

B.       mengidentifikasi masalah

C.      Merancang PTK dengan mengajukan hipotesis tindakan

D.      menyusun proposal penelitian

82.    Mengetahui proses tindakan, pengaruh tindakan (yang disengaja dan tak sengaja), (c) keadaan dan kendala tindakan, (d) bagaimana keadaan dan kendala tersebut menghambat atau mempermudah tindakan dan pengaruhnya merupakan kegiatan PTK pada langkah ….

A.      refleksi

B.       observasi

C.       perencanaan

D.      pelaksanaan

83.    Model rancangan PTK terletak pada alur pelaksanaan tindakan yang dilakukan. Hal ini sekaligus menjadi penanda atau ciri khusus yang membedakan PTK dengan jenis penelitian lain. Adapun alur penelitian tindakan yang dimaksud adalah ….

A.      A. observasi --> refleksi --> perencanaan --> pelaksanaan tindakan

B.       refleksi --> perencanaan --> pelaksanaan tindakan --> observasi

C.       perencanaan --> observasi --> pelaksanaan tindakan --> refleksi

D.      perencanaan --> pelaksanaan tindakan --> observasi --> refleksi 

84.    Rumusan masalah dalam PTK berikut, yang mana paling tepat disebut sebagai rumusan masalah PTK?

A.      Apakah pengaruh permainan peran dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas XI SMA Negeri 2 Boyolali?

B.       Bagaimana cara meningkatkan kemampuan siswa dalam mengajukan pertanyaan melalui metode tanya jawab dalam pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas XI IPA 2?

C.       Mengapa siswa SMA Negeri 2 Boyolali selalu menjadi juara dalam berbagai perlombaan nasional?

D.      Bagaimana cara menggunakan alat peraga yang berasal dari lingkungan sekitar sekolah?

85.    Dalam Penelitian tindakan kelas, masalah yang diteliti berasal dari ....

A.      kerisauan guru akan kinerjanya di kelas yang diajar

B.       keriasauan pendidik akan mutu pendidikan

C.       keinginan untuk membantu guru

D.      kepedulian peneliti akan kinerja guru

86.    Di bawah ini adalah prinsip-prinsip penelitian tindakan kelas (PTK) menurut Suharsimi Arikunto, kecuali….

A.      Kesadaran diri untuk memperbaiki kinerja

B.       Kegiatan yang direkayasa

C.       Perencanaan

D.      Upaya empiris dan sistematis

87.    Pola perencanaan-pelaksanaan-observasi-refleksi secara bertahap dan terus-menerus merupakan karakteristik PTK dalam hal….

A.      Pengumpulan data

B.       Menganalisis masalah

C.       Mencapai tujuan

D.      Menentukan ruang lingkup

88.    Peran guru dalam PTK adalah sebagai…

A.      Guru

B.       Peneliti

C.      Guru dan Peneliti

D.      Objek Penelitian

89.    Berikut ini kegiatan PTK pada tahap pertengahan tindakan, kecuali….

A.      Pelaksanaan tindakan

B.       Observasi dan intepretasi

C.       Diskusi balikan

D.      Analisis data

90.    Tujuan PTK adalah…

A.      Perbaikan KBM

B.       Menyusun teori baru

C.       Memperbaiki teori

D.      Menyusun generalisasi

91.    Merenungkan kembali tindakan perbaikan dan dampaknya serta mencari jalan keluar untuk tindak lanjut PTK merupakan…

A.      Analisis

B.       Refleksi

C.       Observasi

D.      Diskusi

92.    Latar belakang, tujuan penelitian, dan manfaat penelitian harus menjadi bagian dari PTK khususnya pada bagian….

A.      Kesimpulan

B.       Prosedur penelitian

C.      Pendahuluan

D.      Metodologi penelitian

93.    Persiapan awal dalam PTK adalah…

A.      Menyiapkan cara wawancara

B.       Membuat analisis kelayakan hipotesis

C.      Membuat rencana (perbaikan) pembelajaran dan skenarionya

D.      Menyiapkan fasilitas dan sarana

94.    Proposal penelitian dalam PTK adalah….

A.      Usulan untuk mendapatkan dana penelitian

B.       Uraian tentang komponen-komponen yang harus dilakukan guru

C.       Uraian projek penelitian pendidikan

D.      Perencanaan sistematik untuk melaksanakan PTK

95.    Berikut ini langkah-langkah dalam tahap perencanaan tindakan dalam PTK, kecuali…

A.      Formulasi solusi dalam bentuk hipotesis tindakan

B.       Analisis kelaikan hipotesis tindakan

C.       Persiapan tindakan

D.      Observasi dan inperetasi.

96.  Kegiatan yang harus dilakukan setelah pembelajaran adallah melakukan refleksi. Refleksi ini tidak hanya dilaksanakan pendidik saja, tetapi juga oleh peserta didik. Tujuan dilakukannya refleksi pembelajaran bagi peserta didik adalah....

A.      untuk mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kegagalan pendidik dalam pembelajaran

B.       untuk mencapai kepuasaan diri peserta didik memperoleh wadah yang tepat dalam menjalin komunikasi positif dengan pendidik.

C.       untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik dalam mengikuti pembelajaran selanjutnya

D.      untuk mencapai kepuasaan diri pendidik memperoleh wadah yang tepat dalam menjalin komunikasi positif dengan peserta pendidik.

97.  Kegiatan yang harus dilakukan setelah pembelajaran adalah melakukan refleksi. Tujuan dilakukan refleksi pembelajaran bagi pendidik antara lain adalah ….

A.      Untuk menganalisis tingkat keberhasilan proses dan hasil belajar peserta didik

B.       Untuk melakukan evaluasi diri terhadap hasil belajar yang telah dilakukan

C.       untuk mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kegagalan pembelajaran

D.      Untuk mengembangkan model pembelajaran sesuai dengan mata pelajaran yang diampu

98.  Kegiatan refleksi merupakan kegiatan terakhir dari pelaksanaan pembelajaran. Pada kegiatan inilah guru akan dapat mengetahui berhasil tidaknya rencana pelaksanaan pembelajaran. Kegiatan refleksi dilakukan dengan memperhatikan beberapa prinsip, diantaranya adalah ....

A.      Hasil penilaian pendidik dijadikan masukan oleh pendidik untuk perbaikan pembelajaran

B.       Ada kesadaran pendidik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran

C.       Penilaian dilaksanakan di akhir pembelajaran

D.      Penilaian dilaksanakan sejak awal pembelajaran sampai akhir pembelajaran 

99.    Refleksi terhadap pembelajaran mutlak harus dilakukan oleh pendidik untuk meningkatkan mutu pembelajaran dan meningkatkan kinerjanya sendiri dengan memperhatikan beberapa prinsip, di antaranya adalah ….

A.      Penilaian dilaksanakan di akhir pembelajaran

B.       Ada kesadaran pendidik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran

C.       Penilaian oleh peserta didik dilakukan dengan sangat kritis

D.      Hasil penilaian pendidik dijadikan masukan oleh pendidik untuk perbaikan pembelajaran

100.Untuk mengetahui keberhasilan belajar peserta didik, baik selama maupun setelah peserta didik mengikuti pembelajaran tertentu dapat dilihat melalui pengamatan keaktifan peserta didik dalam bekerjasama atau wawancara tentang kesulitan-kesulitan yang dihadapi peserta didik selama mengikuti pembelajaran.Pertanyaan-pertanyaan yang dapat menjelaskan memberikan penjelasan tetang hasil wawancara atau pengamatan diantaranya adalah ...

A.      Mengapa peserta didik tidak aktif dalam mengikuti pembelajaran?

B.       Bagaimanakah proses pembelajaran yang dilakukan agar efektif?

C.       Apakah kompetensi awal peserta didik untuk mengikuti pembelajaran memadai?

D.      mengapa peserta didik kita memberikan respon negatif atas pelaksanaan pembelajaran yang kita lakukan


Baca juga :

Air sangat penting untuk menjaga fungsi tubuh

Cara menjaga kesehatan mata di era digital

Cara mengelola emosi


Emosi;serta cara mengelolanya

"Pengertian Emosi"

Emosi adalah keadaan psikologis yang melibatkan perasaan dan respons fisiologis terhadap suatu stimulus yang dirasakan. 


Emosi dapat mencakup perasaan seperti senang, sedih, marah, takut, cemas, dan banyak lagi. Respons fisiologis yang terjadi saat mengalami emosi, seperti perubahan denyut jantung, pernapasan, dan produksi hormon, dapat memengaruhi perilaku dan pikiran seseorang.


Emosi dapat dipicu oleh pengalaman yang menyenangkan atau menyakitkan, harapan atau kekhawatiran, atau situasi yang mendesak atau mengancam.


Cara mengelola emosi 

Berikut adalah beberapa cara yang dapat membantu mengelola emosi:


- Sadari dan identifikasi emosi Anda: Pertama-tama, sadari bahwa Anda sedang mengalami emosi dan identifikasi emosi yang sedang Anda rasakan. Ini akan membantu Anda mengenali pola pikir dan perilaku yang terkait dengan emosi tersebut.


- Tetap tenang dan jangan terburu-buru: Ketika mengalami emosi yang kuat, penting untuk tetap tenang dan tidak terburu-buru dalam mengambil keputusan atau bertindak. Berikan diri Anda waktu untuk merenung dan berpikir sebelum mengambil tindakan.


- Komunikasikan emosi Anda: Berbicaralah dengan seseorang yang dapat dipercaya, seperti teman, keluarga, atau profesional kesehatan mental. Berbicara tentang emosi Anda dapat membantu Anda mengurangi stres dan menemukan cara untuk mengatasinya.


- Temukan cara untuk meredakan emosi: Ada beberapa cara yang dapat membantu meredakan emosi, seperti melakukan meditasi, relaksasi otot progresif, atau berolahraga. Temukan metode yang sesuai untuk Anda dan praktikkan secara teratur.


- Mengelola stres: Stres dapat memicu emosi yang kuat. Temukan cara untuk mengelola stres, seperti mengatur waktu dengan baik, menyelesaikan tugas satu per satu, dan mencari bantuan jika perlu.


- Mempertahankan kesehatan fisik: Merawat kesehatan fisik dapat membantu mengurangi stres dan mengelola emosi. Pastikan Anda tidur cukup, makan makanan sehat, dan berolahraga secara teratur.


- Berlatih empati dan pengampunan: Berlatih empati dan pengampunan dapat membantu Anda mengatasi emosi negatif dan meningkatkan hubungan dengan orang lain.


Dengan mengikuti beberapa cara di atas, Anda dapat belajar untuk mengelola emosi Anda dan meningkatkan kesejahteraan emosional dan mental Anda.


Jika Anda merasa kesulitan untuk mengelola emosi Anda, pertimbangkan untuk mencari bantuan dari profesional kesehatan mental.


Baca juga :

Makanan yang harus di hindari oleh penderita asam lambung

Cara menjaga kesehatan mata

Organ tubuh manusia


Cara Menjaga Kesehatan Mata di Era Digital.


Di era digital saat ini, banyak orang menghabiskan waktu yang cukup lama di depan layar komputer, ponsel pintar, dan perangkat elektronik lainnya. Ini dapat berdampak negatif pada kesehatan mata. Namun, ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk menjaga kesehatan mata di era digital ini. 

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda:


  • Istirahatkan Mata secara Teratur: Praktikkan aturan 20-20-20, yaitu setiap 20 menit, fokuskan pandangan Anda pada objek yang berjarak sekitar 20 kaki (sekitar 6 meter) selama minimal 20 detik. Hal ini membantu mengurangi kelelahan mata yang disebabkan oleh terlalu lama menatap layar.


  • Ubah Kedudukan Mata dan Jarak Pandang: Pastikan posisi monitor komputer atau layar ponsel berada pada tingkat mata yang nyaman dan jaga jarak pandang minimal 50-60 cm dari layar. Hindari membungkuk terlalu dekat atau terlalu jauh dari layar.


  • Gunakan Pencahayaan yang Adekuat: Pastikan ruangan tempat Anda bekerja atau menggunakan perangkat elektronik memiliki pencahayaan yang cukup. Hindari menerangi ruangan dengan cahaya yang terlalu terang atau terlalu redup. Juga, hindari pantulan cahaya langsung pada layar.


  • Bersihkan Layar Secara Teratur: Bersihkan layar komputer, ponsel pintar, atau perangkat elektronik lainnya secara teratur dengan menggunakan kain mikrofiber yang lembut. Jangan biarkan debu atau noda mengganggu visibilitas layar.


  • Gunakan Fitur Perlindungan Mata: Beberapa perangkat dan aplikasi memiliki fitur perlindungan mata yang dapat mengurangi kelelahan mata, seperti mode malam yang mengurangi cahaya biru dari layar. Aktifkan fitur ini untuk mengurangi ketegangan mata Anda.


  • Lakukan Latihan Mata: Lakukan latihan mata seperti berkedip secara teratur untuk melembabkan mata, menggerakkan bola mata ke berbagai arah, dan melihat objek di kejauhan untuk melatih otot-otot mata Anda.


  • Konsumsi Makanan Sehat untuk Mata: Nutrisi yang baik penting untuk kesehatan mata. Konsumsilah makanan yang kaya akan vitamin A, C, E, dan omega-3 seperti wortel, bayam, ikan salmon, dan kacang-kacangan.


  • Periksa Mata secara Berkala: Tetaplah menjaga rutinitas pemeriksaan mata dengan dokter mata setidaknya setahun sekali untuk memastikan kesehatan mata Anda tetap baik dan mendeteksi masalah mata sedini mungkin.


  • Beristirahat yang Cukup: Pastikan Anda mendapatkan istirahat yang cukup dan tidur yang berkualitas setiap malam. Istirahat yang cukup membantu memulihkan mata dan mengurangi kelelahan.


Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat menjaga kesehatan mata di era digital ini.


Baca juga: 

Menjaga kesehatan tulang dengan berolahraga

Program latihan kekuatan otot untuk meningkatkan daya tahan tubuh

Air sangat penting untuk menjaga fungsi tubuh yang baik



10 Makanan yang Harus Dihindari bagi Penderita Asam Lambung


Berikut ini adalah 10 makanan yang sebaiknya dihindari bagi penderita asam lambung:

  1. Makanan Pedas: Makanan pedas dapat merangsang produksi asam lambung, sehingga dapat memperburuk gejala asam lambung. Hindarilah makanan seperti cabai, saus pedas, dan makanan berbumbu pedas lainnya.

  1. Makanan Asam: Makanan yang mengandung asam tinggi, seperti jeruk, tomat, dan lemon, dapat meningkatkan produksi asam lambung. Hindari juga minuman asam seperti jus jeruk dan minuman bersoda.

  1. Gorengan: Makanan yang digoreng cenderung tinggi lemak dan bisa memicu refluks asam lambung. Hindarilah makanan seperti kentang goreng, ayam goreng, dan makanan berlemak lainnya.

  1. Minuman Berkafein: Kafein dapat merangsang produksi asam lambung dan melemaskan katup antara lambung dan kerongkongan, sehingga meningkatkan risiko refluks asam. Hindari kopi, teh, minuman energi, dan minuman berkafein lainnya.

  1. Minuman Beralkohol: Alkohol dapat merangsang produksi asam lambung dan menyebabkan iritasi pada dinding lambung. Hindarilah minuman beralkohol seperti bir, anggur, dan minuman beralkohol lainnya.

  1. Makanan Tinggi Lemak: Makanan tinggi lemak bisa memperlambat proses pencernaan, sehingga meningkatkan risiko refluks asam. Hindari makanan seperti daging berlemak, keju, dan makanan berlemak lainnya.

  1. Makanan Asam Lainnya: Selain buah-buahan asam, ada beberapa makanan lain yang mengandung asam tinggi dan harus dihindari, seperti cuka, saus tomat, saus salad, dan cuka balsamik.

  1. Bawang Putih dan Bawang Merah: Bawang putih dan bawang merah dapat menyebabkan relaksasi pada otot katup antara lambung dan kerongkongan, sehingga meningkatkan risiko refluks asam.

  1. Cokelat: Cokelat mengandung zat-zat tertentu yang dapat merelaksasi otot-otot katup antara lambung dan kerongkongan, sehingga meningkatkan risiko refluks asam.

  1. Makanan Asap dan Panggang: Makanan yang diproses dengan cara diasap atau dipanggang pada suhu tinggi dapat meningkatkan produksi zat-zat yang dapat merangsang produksi asam lambung. Hindarilah makanan seperti sosis asap, daging panggang, dan makanan panggang lainnya.

Setiap individu mungkin memiliki sensitivitas yang berbeda terhadap makanan tertentu. Jika Anda menderita asam lambung, penting untuk memperhatikan gejala dan menghindari makanan yang memperburuk kondisi Anda. Konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi untuk mendapatkan rekomendasi yang tepat berdasarkan kondisi Anda

Baca Juga:

Olahraga rutin menjaga kesehatan tulang

Program latihan kekuatan otot untuk meningkatkan daya tahan tubuh

Air sangat penting untuk menjaga fungsi tubuh yang baik






Tehnik dasar permainan Sepakbola




Tehnik dasar sepak bola adalah keterampilan yang harus dikuasai oleh setiap pemain sepak bola untuk dapat bermain dengan baik dan efektif. Berikut adalah beberapa teknik dasar sepak bola:


  1. Teknik dribbling: Teknik dribbling adalah kemampuan untuk mengendalikan bola dengan kaki saat bergerak. Ini melibatkan gerakan kaki yang cepat dan lincah untuk melewati lawan dan mempertahankan bola.


  1. Teknik passing: Teknik passing adalah kemampuan untuk mengirim bola ke rekan setim dengan akurasi dan kecepatan yang tepat. Ini melibatkan gerakan kaki yang tepat dan penggunaan kekuatan yang tepat untuk membuat bola mencapai tujuan.


  1. Teknik shooting: Teknik shooting adalah kemampuan untuk melepaskan tembakan ke gawang lawan dengan akurasi dan kekuatan yang tepat. Ini melibatkan gerakan kaki yang tepat dan penggunaan kekuatan yang tepat untuk membuat bola mencapai tujuan.


  1. Teknik heading: Teknik heading adalah kemampuan untuk memukul bola dengan kepala untuk mengarahkannya ke arah yang diinginkan. Ini melibatkan gerakan kepala yang tepat dan penggunaan kekuatan yang tepat untuk membuat bola mencapai tujuan.


  1. Teknik tackling: Teknik tackling adalah kemampuan untuk merebut bola dari lawan tanpa membuat pelanggaran. Ini melibatkan gerakan kaki yang tepat dan penggunaan kekuatan yang tepat untuk merebut bola dari lawan.


  1. Teknik marking: Teknik marking adalah kemampuan untuk mengawasi lawan dan mencegah mereka mendapatkan bola. Ini melibatkan posisi yang tepat dan gerakan kaki yang tepat untuk mengikuti gerakan lawan.


  1. Teknik juggling: Teknik juggling adalah kemampuan untuk mengendalikan bola dengan kaki, paha, dada, atau kepala secara berurutan tanpa membiarkan bola jatuh ke tanah. Ini melibatkan koordinasi yang baik antara mata, tangan, dan kaki. 

Air sangat penting untuk menjaga fungsi tubuh yang baik


Pastikan Anda minum cukup air setiap hari untuk menjaga hidrasi yang optimal. 

Tubuh manusia terdiri sebagian besar dari air, dan air memiliki peran krusial dalam menjaga kesehatan dan kinerja tubuh secara keseluruhan.


Berikut adalah beberapa alasan mengapa penting untuk minum cukup air setiap hari:


  • Membantu menjaga keseimbangan cairan: Tubuh kita membutuhkan air untuk menjaga keseimbangan cairan yang optimal. Air membantu mengatur suhu tubuh, mengangkut nutrisi ke sel-sel, dan melarutkan zat-zat penting seperti vitamin dan mineral.


  • Mempertahankan fungsi organ yang baik: Air memainkan peran penting dalam menjaga fungsi organ-organ vital seperti jantung, ginjal, dan hati. Air membantu dalam proses detoksifikasi dan pembuangan sisa-sisa metabolisme dari tubuh.


  • Mendukung pencernaan yang sehat: Air membantu melunakkan tinja dan mempermudah proses pencernaan. Kurangnya asupan air dapat menyebabkan sembelit dan masalah pencernaan lainnya.


  • Membantu menjaga kesehatan kulit: Air membantu menjaga kelembapan kulit dan membantu menghilangkan racun melalui keringat. Minum cukup air dapat membantu menjaga kulit tetap segar dan bercahaya.


  • Meningkatkan energi dan konsentrasi: Kurangnya hidrasi dapat menyebabkan kelelahan dan penurunan konsentrasi. Minum cukup air membantu menjaga energi dan fokus yang optimal.


Rekomendasi umum adalah untuk minum sekitar 8 gelas (sekitar 2 liter) air per hari. Namun, kebutuhan air seseorang dapat bervariasi tergantung pada faktor-faktor seperti tingkat aktivitas, suhu lingkungan, dan kondisi kesehatan individu. Penting untuk mendengarkan tubuh Anda dan minum air sesuai kebutuhan.


Selain air putih, makanan yang mengandung banyak air seperti buah-buahan dan sayuran juga dapat membantu menjaga hidrasi tubuh.


Baca juga:

Olahraga untuk terapi kesehatan


Suplemen yang dapat membantu meningkatkan kekuatan


Penyakit metabolik serta jenisnya




 

Program latihan kekuatan otot yang dapat diterapkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh


Program latihan kekuatan otot yang dapat diterapkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh

Berikut adalah contoh program latihan kekuatan otot yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter atau pelatih sebelum memulai program latihan apa pun untuk memastikan kecocokan dengan kondisi fisik Anda.

  1. Pemanasan (5-10 menit):

  • Peregangan dinamis: Lengan, kaki, leher, dan bagian tubuh lainnya.

  • Jalan cepat atau jogging ringan selama beberapa menit.


  1. Latihan kekuatan utama (pilih 3-4 latihan):

  • Squat: 3 set x 10 repetisi. Latihan ini melibatkan otot-otot paha, pinggul, dan gluteus.

  • Push-up: 3 set x 10 repetisi. Latihan ini melibatkan otot dada, bahu, dan lengan.

  • Lunges: 3 set x 10 repetisi (setiap kaki). Latihan ini melibatkan otot-otot paha dan gluteus.

  • Plank: Tahan posisi plank selama 30-60 detik. Latihan ini melibatkan otot perut, punggung, dan lengan.


  1. Latihan kekuatan tambahan (pilih 2-3 latihan):

  • Russian twist: 3 set x 10 repetisi. Latihan ini melibatkan otot perut dan pinggul.

  • Dips: 3 set x 10 repetisi. Latihan ini melibatkan otot trisep dan dada.

  • Back extension: 3 set x 10 repetisi. Latihan ini melibatkan otot punggung bawah.


  1. Kardio tambahan:

  • Skipping rope: Lakukan selama 10-15 menit.

  • Bersepeda stasioner: Lakukan selama 15-20 menit.

  • Lari interval: Lari cepat selama 1 menit, kemudian lari lambat selama 1-2 menit. Ulangi selama 10-15 menit.


  1. Peregangan dan pendinginan (5-10 menit):

  • Peregangan statis: Lakukan peregangan pada semua otot utama tubuh selama 15-30 detik per posisi.


Pastikan untuk mengatur waktu istirahat yang cukup antara setiap latihan (sekitar 1-2 menit) dan minum air secukupnya selama latihan. Penting juga untuk melihat kondisi tubuh Anda dan menghentikan latihan jika Anda merasa tidak nyaman atau mengalami rasa sakit yang tidak normal. Lakukan program ini secara teratur (2-3 kali seminggu) dan sesuaikan beban dan intensitas latihan seiring dengan peningkatan kekuatan dan daya tahan Anda.


Baca juga:

Suplemen yang dapat meningkatkan kekuatan

Meningkatkan kualitas hidup dengan berolahraga

Mencegah osteoporosis dengan berolahraga



Pengaruh kekuatan otot terhadap daya tahan tubuh dan kesehatan secara keseluruhan


Kekuatan otot memiliki pengaruh yang signifikan terhadap daya tahan tubuh dan kesehatan secara keseluruhan. Berikut adalah beberapa efek positif dari kekuatan otot terhadap tubuh dan kesehatan:

  • Daya Tahan Tubuh yang Meningkat: Dengan memiliki kekuatan otot yang baik, tubuh akan memiliki daya tahan yang lebih baik terhadap aktivitas fisik yang intens dan berkepanjangan. Kekuatan otot yang cukup memungkinkan tubuh untuk melakukan gerakan dengan efisien dan mengurangi risiko cedera.


  • Metabolisme yang Lebih Baik: Otot merupakan jaringan yang aktif secara metabolik. Semakin banyak otot yang dimiliki oleh tubuh, semakin tinggi pula tingkat metabolisme basal (jumlah kalori yang dibakar saat istirahat). Dengan demikian, kekuatan otot yang baik dapat membantu menjaga berat badan yang sehat dan mencegah kelebihan berat badan atau obesitas.


  • Kesehatan Tulang yang Lebih Baik: Latihan kekuatan otot, seperti angkat beban atau latihan beban tubuh, dapat membantu memperkuat tulang. Ini sangat penting dalam mencegah osteoporosis dan mempertahankan kepadatan tulang yang sehat seiring bertambahnya usia.


  • Pengendalian Glukosa Darah: Penelitian telah menunjukkan bahwa latihan kekuatan otot dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan penggunaan glukosa dalam tubuh. Hal ini berarti bahwa orang dengan kekuatan otot yang baik memiliki risiko yang lebih rendah terhadap diabetes tipe 2 dan masalah kesehatan terkait glukosa darah.


  • Kesehatan Jantung yang Lebih Baik: Latihan kekuatan otot juga dapat memberikan manfaat kardiovaskular. Meskipun latihan kardiovaskular seperti berlari atau berenang lebih fokus pada kesehatan jantung, latihan kekuatan otot juga dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dengan memperkuat otot jantung dan meningkatkan sirkulasi darah.


  • Keseimbangan dan Postur yang Baik: Kekuatan otot yang seimbang dan cukup penting untuk menjaga keseimbangan tubuh dan postur yang baik. Ini dapat membantu mencegah cedera saat beraktivitas sehari-hari, serta menjaga kesehatan tulang belakang dan persendian.


  • Kesehatan Mental yang Lebih Baik: Selain manfaat fisiknya, kekuatan otot juga memiliki pengaruh positif pada kesehatan mental. Melakukan latihan kekuatan otot secara teratur dapat meningkatkan produksi endorfin dalam tubuh, yang dapat meningkatkan suasana hati, mengurangi stres, dan meningkatkan kualitas tidur.


Penting untuk dicatat bahwa untuk mencapai manfaat ini, penting untuk melibatkan latihan kekuatan otot secara teratur dan konsisten. 


Juga, sebaiknya berkonsultasi dengan profesional kesehatan atau pelatih kebugaran sebelum memulai program latihan kekuatan.


Baca juga:

Mencegah keropos tulang dengan berolahraga

Olahraga membantu meingkatkan kualitas hidup

Suplemen yang dapat membantu dalam meningkatkan kekuatan


Suplemen yang dapat membantu dalam meningkatkan kekuatan


Banyak jenis Suplemen yang dapat membantu dalam meningkatkan kekuatan otot dan daya tahan tubuh.

Ada beberapa suplemen yang dapat membantu meningkatkan kekuatan otot dan daya tahan tubuh. Berikut adalah beberapa contohnya:

  1. Protein Whey: Protein whey adalah suplemen yang kaya akan protein, yang merupakan bahan bangunan otot. Mengonsumsi protein whey setelah latihan dapat membantu mempercepat pemulihan otot dan mempromosikan pertumbuhan otot.


  1. Kreatin: Kreatin adalah suplemen yang terbukti efektif dalam meningkatkan kekuatan dan performa fisik. Kreatin membantu meningkatkan produksi energi sel, yang memungkinkan Anda untuk melakukan latihan dengan intensitas yang lebih tinggi dan meningkatkan kinerja otot.


  1. BCAA (Branched-Chain Amino Acids): BCAA adalah suplemen yang mengandung asam amino esensial, yaitu leusin, isoleusin, dan valin. BCAA dapat membantu mempercepat pemulihan otot, mengurangi kelelahan otot, dan meningkatkan sintesis protein otot.


  1. Beta-Alanine: Beta-alanine adalah asam amino yang dapat meningkatkan tingkat karosin di dalam tubuh. Karosin membantu menunda kelelahan otot selama latihan intensitas tinggi, sehingga meningkatkan daya tahan tubuh.


  1. Nitrat: Nitrat adalah suplemen yang dapat meningkatkan aliran darah dan oksigen ke otot, sehingga meningkatkan performa dan daya tahan tubuh selama latihan.


  1. Omega-3: Asam lemak omega-3 memiliki efek antiinflamasi dan dapat membantu mengurangi kerusakan otot setelah latihan intensitas tinggi. Selain itu, omega-3 juga memiliki berbagai manfaat kesehatan lainnya.


  1. Vitamin D: Vitamin D penting untuk kesehatan tulang dan otot. Kekurangan vitamin D dapat mengganggu fungsi otot dan meningkatkan risiko cedera. Mengonsumsi suplemen vitamin D dapat membantu menjaga kesehatan otot.


Penting untuk dicatat bahwa suplemen ini sebaiknya digunakan sebagai tambahan dari diet yang seimbang dan program latihan yang tepat. 


Selalu konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi sebelum memulai penggunaan suplemen, terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan yang mendasarinya.


Baca juga:

Mencegah osteoporosis dengan berolahraga

Olahraga meningkatkan kualitas hidup anda

Olahraga untuk terapi kesehatan


Menjaga kekuatan otot dan daya tahan tubuh dengan diet yang tepat


Untuk menjaga kekuatan otot dan daya tahan tubuh, diet yang tepat sangat penting. Berikut adalah beberapa prinsip diet yang dapat membantu Anda mencapai tujuan tersebut:


  • Konsumsi Protein yang Cukup: Protein merupakan bahan bangunan utama untuk otot. Pastikan asupan protein harian Anda mencukupi melalui makanan seperti daging tanpa lemak, ikan, telur, kacang-kacangan, produk susu rendah lemak, dan tahu/tempe.


  • Pilih Karbohidrat Kompleks: Karbohidrat merupakan sumber energi utama untuk daya tahan tubuh. Pilih karbohidrat kompleks seperti roti gandum, nasi merah, pasta gandum utuh, dan kentang. Karbohidrat kompleks memberikan energi yang bertahan lebih lama dan lebih sehat dibandingkan dengan karbohidrat sederhana (misalnya, gula).


  • Perhatikan Asupan Lemak Sehat: Lemak sehat seperti lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda penting untuk kesehatan jantung dan fungsi tubuh yang optimal. Sumber lemak sehat termasuk alpukat, ikan berlemak (salmon, sarden), kacang-kacangan, biji-bijian, dan minyak zaitun. Batasi konsumsi lemak jenuh dan trans yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.


  • Variasikan Asupan Serat: Serat membantu menjaga pencernaan yang sehat dan mengontrol berat badan. Konsumsi makanan tinggi serat seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan kacang-kacangan dapat membantu memenuhi kebutuhan serat harian Anda.


  • Perhatikan Kebutuhan Cairan: Air sangat penting untuk menjaga fungsi tubuh yang baik. Pastikan Anda minum cukup air setiap hari untuk menjaga hidrasi yang optimal. Jumlah yang direkomendasikan bervariasi tergantung pada kebutuhan individu dan tingkat aktivitas.


  • Suplemen Tambahan: Jika Anda sulit memenuhi kebutuhan nutrisi tertentu melalui makanan, konsultasikan dengan ahli gizi atau dokter untuk mempertimbangkan suplemen tambahan yang sesuai, seperti suplemen protein, omega-3, atau multivitamin.


  • Perhatikan Asupan Kalori: Jika tujuan Anda adalah menjaga berat badan atau membangun otot, penting untuk menjaga keseimbangan asupan kalori dengan kebutuhan tubuh. Terlalu banyak atau terlalu sedikit kalori dapat mempengaruhi kesehatan dan performa Anda. Konsultasikan dengan ahli gizi untuk menentukan kebutuhan kalori yang tepat bagi Anda.


  • Olahraga secara Teratur: Selain makanan, penting untuk melakukan latihan dan kegiatan fisik secara teratur untuk menjaga kekuatan otot dan daya tahan tubuh. Kombinasikan antara latihan kekuatan dan kardiovaskular untuk mendapatkan manfaat yang optimal.


Perlu diingat bahwa setiap individu memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda.


Baca juga:

Melatih otot serta daya tahannya

Penyakit metabolik serta jenisnya

Olahraga untuk terapi kesehatan


Latihan HIIT Meningkatkan Daya Tahan


Salah satu teknik latihan kekuatan otot terbaru yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh adalah metode latihan HIIT (High-Intensity Interval Training) dengan menggunakan beban atau kekuatan otot. HIIT adalah jenis latihan yang menggabungkan periode latihan intensitas tinggi dengan periode pemulihan singkat.


Berikut adalah contoh latihan HIIT untuk meningkatkan kekuatan otot dan daya tahan tubuh:

  • Squat dengan dorongan overhead: Mulailah dengan squat menggunakan beban yang sesuai dengan kemampuan Anda. Setelah melakukan squat, lakukan dorongan overhead dengan beban yang sama. Ulangi latihan ini selama 30-60 detik, lalu beristirahat selama 15-30 detik sebelum melanjutkan putaran berikutnya.

  • Burpee dengan pull-up: Mulailah dengan melakukan burpee, yaitu melompat dengan tangan menyentuh lantai, lalu lompat ke posisi push-up dan kembali ke posisi berdiri. Setelah itu, lakukan pull-up pada bar atau alat pull-up yang tersedia. Ulangi latihan ini selama 30-60 detik, lalu beristirahat selama 15-30 detik sebelum melanjutkan putaran berikutnya.

  • Lunges dengan dumbbell twist: Ambil dumbbell dengan beban yang sesuai dengan kemampuan Anda. Mulailah dengan melangkah ke depan dengan satu kaki, lakukan lunge, lalu putar tubuh ke arah samping yang berlawanan dengan kaki yang dilangkah. Ulangi dengan mengganti kaki yang dilangkah setiap kali. Ulangi latihan ini selama 30-60 detik, lalu beristirahat selama 15-30 detik sebelum melanjutkan putaran berikutnya.

  • Push-up dengan renang bergantian: Mulailah dengan posisi push-up, lakukan satu kali push-up, lalu angkat satu tangan ke atas dan regangkan tubuh Anda ke samping. Kembali ke posisi push-up dan ulangi dengan tangan yang berlawanan. Ulangi latihan ini selama 30-60 detik, lalu beristirahat selama 15-30 detik sebelum melanjutkan putaran berikutnya.

Pastikan untuk melakukan pemanasan sebelum latihan ini dan pendinginan setelahnya untuk mengurangi risiko cedera. Selain itu, penting untuk mengatur intensitas dan beban latihan sesuai dengan kemampuan Anda, sehingga Anda dapat melakukan latihan dengan benar dan menghindari cedera. 

Jika Anda memiliki kondisi kesehatan yang mendasar, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter atau pelatih fisik sebelum memulai program latihan baru.

Baca juga:

Kemoterapi untuk kanker

Manfaat olahraga di pagi hari

Tips latihan kekuatan kaki


Olahraga cara mengendalikan berat badan.


Olahraga Sebagai Cara untuk Mengendalikan Berat Badan dan Menurunkan Risiko Obesitas

Olahraga memainkan peran yang sangat penting dalam mengendalikan berat badan dan menurunkan risiko obesitas. Aktivitas fisik yang teratur dapat membantu Anda membakar kalori, meningkatkan metabolisme, dan memperkuat otot-otot tubuh Anda. 


Berikut adalah beberapa cara olahraga dapat membantu Anda mengendalikan berat badan dan menurunkan risiko obesitas:


  • Membakar kalori: Olahraga membantu Anda membakar kalori yang berlebih dalam tubuh. Saat Anda membakar lebih banyak kalori dari yang Anda konsumsi melalui makanan, tubuh akan menggunakan cadangan lemak sebagai sumber energi, yang membantu dalam penurunan berat badan.


  • Meningkatkan metabolisme: Olahraga yang teratur dapat meningkatkan tingkat metabolisme basal Anda. Tingkat metabolisme basal adalah jumlah kalori yang dibutuhkan oleh tubuh Anda untuk menjalankan fungsi-fungsi dasar seperti bernapas, mengatur suhu tubuh, dan mempertahankan fungsi organ. Semakin tinggi tingkat metabolisme basal Anda, semakin banyak kalori yang Anda bakar bahkan saat sedang istirahat.


  • Membentuk otot: Latihan kekuatan, seperti angkat beban atau latihan resistensi, membantu membangun otot-otot tubuh Anda. Otot membutuhkan lebih banyak energi untuk dipertahankan daripada jaringan lemak, sehingga semakin banyak massa otot yang Anda miliki, semakin tinggi tingkat metabolisme basal Anda. Ini berarti tubuh Anda akan membakar lebih banyak kalori bahkan saat sedang istirahat.


  • Mengurangi lemak visceral: Lemak visceral adalah jenis lemak yang terletak di sekitar organ-organ internal Anda. Lemak ini terkait dengan peningkatan risiko penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan beberapa jenis kanker. Aktivitas fisik yang teratur, termasuk latihan kardio dan kekuatan, dapat membantu mengurangi lemak visceral dan meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan.


  • Meningkatkan kesehatan jantung dan sirkulasi: Olahraga aerobik seperti berlari, berenang, atau bersepeda dapat meningkatkan kesehatan jantung dan sirkulasi Anda. Ini membantu menjaga tekanan darah dalam rentang normal, meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL), dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.


  • Meningkatkan kesehatan mental dan suasana hati: Olahraga juga memiliki manfaat besar bagi kesehatan mental. Aktivitas fisik dapat membantu mengurangi stres, meningkatkan suasana hati, dan mengurangi risiko depresi dan kecemasan. Dengan merasa lebih baik secara mental, Anda cenderung memiliki pola makan yang lebih sehat dan gaya hidup yang lebih aktif secara keseluruhan.


Penting untuk diingat bahwa olahraga saja tidak cukup untuk mengendalikan berat badan dan menurunkan risiko obesitas. Penting juga untuk menjaga pola makan yang seimbang dan sehat.


Baca juga:

Kemoterapi untuk penyakit kanker

Manfaat olahraga pagi hari

Melatih otot serta daya tahannya


Olahraga dan Kesehatan Tulang: Mencegah Osteoporosis.


Osteoporosis adalah kondisi yang ditandai oleh penurunan kepadatan tulang, membuat tulang menjadi rapuh dan rentan terhadap patah tulang. Osteoporosis biasanya terjadi pada usia tua, terutama pada wanita setelah menopause. Namun, langkah-langkah pencegahan yang diambil sejak dini dapat membantu mengurangi risiko terjadinya osteoporosis. 


Olahraga dan gaya hidup sehat berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang. Berikut adalah beberapa tips untuk mencegah osteoporosis:


  • Latihan beban: Latihan beban atau latihan kekuatan melibatkan penggunaan berat atau resistensi untuk melatih otot-otot tubuh. Latihan ini meningkatkan kepadatan tulang dan membantu mencegah kerapuhan tulang. Beberapa contoh latihan beban yang baik untuk tulang termasuk angkat beban, latihan dengan berat badan, dan latihan menggunakan alat-alat beban.


  • Latihan berat ringan: Latihan berat ringan melibatkan gerakan tubuh yang menimbulkan stres kecil pada tulang. Ini termasuk aktivitas seperti berjalan kaki, berlari, menari, dan melompat. Latihan ini juga membantu memperkuat otot-otot, yang mendukung tulang.


  • Latihan keseimbangan: Latihan keseimbangan membantu mengurangi risiko jatuh, yang dapat menyebabkan patah tulang pada orang dengan osteoporosis. Latihan keseimbangan melibatkan gerakan seperti berdiri di satu kaki, berjalan di garis lurus, dan latihan yoga atau tai chi.


  • Asupan kalsium yang cukup: Kalsium merupakan salah satu nutrisi penting untuk kesehatan tulang. Makan makanan yang kaya kalsium seperti susu dan produk olahannya, keju, ikan berlemak seperti salmon, sayuran hijau seperti bayam, dan kacang-kacangan.


  • Vitamin D: Vitamin D membantu penyerapan kalsium oleh tubuh. Paparan sinar matahari adalah sumber utama vitamin D, tetapi Anda juga dapat mempertimbangkan suplemen vitamin D jika paparan sinar matahari yang cukup sulit didapatkan.


  • Hindari alkohol dan merokok: Mengonsumsi alkohol secara berlebihan dan merokok dapat mengganggu kesehatan tulang. Alkohol dapat mengurangi kemampuan tubuh untuk menyerap dan memanfaatkan kalsium, sementara merokok dapat menghambat pertumbuhan tulang dan meningkatkan risiko osteoporosis.


  • Hindari diet yang tidak seimbang: Diet yang tidak seimbang atau kekurangan nutrisi dapat memengaruhi kesehatan tulang. Pastikan Anda mendapatkan asupan makanan yang seimbang, termasuk protein, vitamin, dan mineral yang diperlukan untuk tulang yang sehat.


Selain itu, penting juga untuk mempertimbangkan faktor risiko pribadi Anda, seperti riwayat keluarga, riwayat patah tulang sebelumnya, dan penyakit yang memengaruhi kesehatan tulang.

Baca juga:

Mengatasi stres dan depresi

Penyakit kulit autoimun

Perawatan kulit alamiah


Olahraga untuk terapi kesehatan mental


Olahraga sebagai Terapi untuk Mengatasi Depresi dan Gangguan Kecemasan

Olahraga memiliki manfaat yang signifikan dalam membantu mengatasi depresi dan gangguan kecemasan. Berikut adalah beberapa cara olahraga dapat berfungsi sebagai terapi untuk kondisi-kondisi tersebut:


  • Peningkatan produksi hormon endorfin: Olahraga secara fisik merangsang produksi hormon endorfin dalam tubuh, yang dikenal sebagai "hormon kebahagiaan". Endorfin membantu meningkatkan suasana hati, mengurangi rasa sakit, dan memberikan perasaan relaksasi.


  • Pengurangan stres dan kecemasan: Melakukan olahraga secara teratur dapat membantu mengurangi tingkat stres dan kecemasan. Aktivitas fisik merangsang sistem saraf simpatik dan memicu respons relaksasi sistem saraf parasimpatik. Hal ini menghasilkan penurunan hormon stres seperti kortisol, serta membantu mengalihkan perhatian dari pikiran-pikiran yang negatif atau mengkhawatirkan.


  • Peningkatan kualitas tidur: Gangguan tidur seringkali terkait dengan depresi dan kecemasan. Olahraga dapat membantu meningkatkan kualitas tidur, karena aktivitas fisik dapat melepaskan ketegangan yang terkumpul dalam tubuh dan membantu menjaga ritme sirkadian yang sehat.


  • Peningkatan rasa percaya diri: Melalui olahraga, seseorang dapat mencapai tujuan-tujuan kebugaran dan meningkatkan kekuatan fisiknya. Hal ini dapat meningkatkan rasa percaya diri dan memberikan perasaan prestasi yang positif, yang pada gilirannya membantu mengurangi gejala depresi dan kecemasan.


  • Interaksi sosial dan dukungan: Melalui berpartisipasi dalam olahraga, seseorang dapat terlibat dalam kegiatan kelompok atau tim, yang memberikan kesempatan untuk berinteraksi sosial, membangun hubungan, dan mendapatkan dukungan dari sesama anggota tim atau peserta lainnya. Hal ini dapat membantu mengurangi rasa isolasi sosial yang seringkali terkait dengan depresi.


Penting untuk dicatat bahwa olahraga bukanlah satu-satunya bentuk terapi yang diperlukan dalam pengobatan depresi dan gangguan kecemasan. Penting juga untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan mental, seperti psikolog atau psikiater, untuk mendapatkan penanganan yang tepat sesuai dengan kebutuhan individu. 


Terapi olahraga dapat digunakan sebagai bagian dari pendekatan yang komprehensif dalam mengelola kondisi-kondisi tersebut.


Baca juga:

Penyakit kulit autoimun

Perawatan kulit alami yang lagi trend

Meningkatkan kualitas hidup dengan olahraga




Olahraga meningkatkan Kualitas Hidup Anda.


Olahraga memang memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas hidup seseorang, baik dari segi kesehatan fisik maupun mental. 

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan menjalankan kegiatan olahraga secara teratur:

  • Meningkatkan kesehatan jantung dan paru-paru: Olahraga aerobik seperti lari, bersepeda, atau berenang dapat meningkatkan kekuatan jantung dan paru-paru Anda. Ini membantu memperbaiki sirkulasi darah dan memberikan oksigen yang cukup ke seluruh tubuh.

  • Meningkatkan kekuatan otot dan kepadatan tulang: Olahraga seperti angkat beban atau latihan resistensi lainnya dapat membantu membangun otot dan meningkatkan kepadatan tulang. Ini penting untuk menjaga kekuatan fisik, keseimbangan, dan mencegah osteoporosis.

  • Menurunkan risiko penyakit kronis: Aktivitas fisik teratur dapat membantu mengurangi risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi, dan beberapa jenis kanker. Hal ini karena olahraga membantu mengontrol berat badan, meningkatkan sensitivitas insulin, dan mengatur kadar kolesterol.

  • Meningkatkan kesehatan mental dan suasana hati: Olahraga juga memiliki dampak positif pada kesehatan mental. Aktivitas fisik dapat membantu mengurangi stres, kecemasan, dan depresi. Selain itu, olahraga melepaskan endorfin atau hormon kebahagiaan yang dapat meningkatkan suasana hati secara keseluruhan.

  • Meningkatkan energi dan daya tahan: Melalui latihan teratur, tubuh Anda akan menjadi lebih kuat dan bertenaga. Anda akan merasakan peningkatan energi sehari-hari dan merasa lebih bertenaga untuk menyelesaikan tugas-tugas harian.

  • Meningkatkan tidur: Olahraga dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Namun, hindari berolahraga terlalu dekat dengan waktu tidur Anda, karena dapat membuat Anda terjaga. Usahakan berolahraga beberapa jam sebelum waktu tidur.

  • Meningkatkan penampilan fisik: Olahraga membantu mengencangkan otot dan membentuk tubuh. Hal ini dapat memberikan perasaan percaya diri dan meningkatkan penampilan fisik Anda.

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari olahraga, penting untuk menjalankannya secara teratur dan dalam jumlah yang sesuai dengan kemampuan Anda. 

Konsultasikan dengan dokter atau ahli kebugaran jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu sebelum memulai program olahraga baru. Pilihlah aktivitas yang Anda nikmati sehingga Anda lebih termotivasi untuk tetap melakukannya dalam jangka panjang.


Baca juga:

Menjaga kesehatan tulang

Sistem kekebalan tubuh

Perawatan kulit alami jadi trending


Perawatan kulit alami semakin trend


Semakin banyak orang yang beralih ke perawatan kulit alami dengan menggunakan bahan-bahan alami. 

Ada beberapa alasan mengapa orang memilih perawatan kulit alami ini.

  • Menghindari efek samping bahan kimia: Bahan kimia dalam produk perawatan kulit dapat menyebabkan iritasi, alergi, atau reaksi negatif lainnya pada beberapa individu. Dengan menggunakan bahan-bahan alami, risiko efek samping ini dapat dikurangi.


  • Kebutuhan akan produk yang ramah lingkungan: Bahan kimia yang digunakan dalam produk perawatan kulit sering kali memiliki dampak negatif pada lingkungan. Dengan menggunakan bahan-bahan alami, kita dapat mengurangi dampak negatif ini dan memilih produk yang lebih ramah lingkungan.


  • Keyakinan dalam manfaat alami: Beberapa orang percaya bahwa bahan-bahan alami memiliki manfaat yang lebih baik bagi kulit mereka. Bahan alami seperti minyak kelapa, lidah buaya, madu, atau teh hijau diyakini memiliki sifat yang menghidrasi, menenangkan, atau melindungi kulit dengan cara yang lebih alami.


Namun, penting untuk dicatat bahwa tidak semua bahan alami cocok untuk semua jenis kulit. Setiap individu memiliki kebutuhan kulit yang berbeda, dan apa yang cocok untuk satu orang mungkin tidak cocok untuk yang lain. 


Jika seseorang memilih untuk beralih ke perawatan kulit alami, penting untuk melakukan penelitian yang baik tentang bahan-bahan yang digunakan, serta berkonsultasi dengan ahli perawatan kulit atau dermatologis untuk menentukan apa yang paling sesuai untuk jenis kulit mereka.


Baca juga:

Sistem kekebalan tubuh

Efek polusi bagi kulit

Vitamin serta manfaatnya


Penyakit kulit autoimun


Penyakit kulit autoimun adalah gangguan di mana sistem kekebalan tubuh menyerang sel-sel sehat dalam kulit, menyebabkan peradangan dan gangguan pada fungsi normal kulit. 

Beberapa contoh penyakit kulit autoimun yang sering dibahas adalah psoriasis, vitiligo, dan lupus. 

Berikut ini adalah informasi mengenai gejala, pengobatan, dan pengelolaan penyakit-penyakit ini:


  1. Psoriasis:

  • Gejala: Biasanya ditandai dengan munculnya bercak merah atau ruam di kulit yang terasa gatal atau sakit. Bercak ini seringkali dilapisi oleh sisik putih perak atau perbesaran kulit.

  • Pengobatan: Pengobatan psoriasis dapat meliputi penggunaan krim kortikosteroid topikal, terapi cahaya, obat-obatan oral atau injeksi, dan perubahan gaya hidup seperti mengelola stres dan menghindari pemicu potensial.


  1. Vitiligo:

  • Gejala: Vitiligo ditandai oleh hilangnya pigmen (melanin) pada beberapa area kulit, sehingga menyebabkan bercak putih yang terlihat kontras dengan warna kulit normal.

  • Pengobatan: Meskipun belum ada pengobatan yang dapat menyembuhkan vitiligo secara permanen, beberapa opsi pengobatan meliputi penggunaan krim kortikosteroid, terapi cahaya, terapi dengan psoralen dan terapi cahaya ultraviolet A (PUVA), serta teknik koreksi warna kulit seperti tatoo medis atau transplantasi melanosit.


  1. Lupus (Lupus Eritematosus Sistemik):

  • Gejala: Lupus adalah penyakit autoimun yang dapat mempengaruhi berbagai bagian tubuh, termasuk kulit. Gejala umum meliputi ruam malar (ruam kupu-kupu) di wajah, ruam kulit yang muncul setelah terpapar sinar matahari, ulkus oral, dan rambut rontok yang tidak biasa.

  • Pengobatan: Pengobatan lupus melibatkan penggunaan obat imunosupresif dan antiinflamasi, seperti kortikosteroid dan obat antimalaria. Pada kasus yang lebih parah, terapi biologis dan pengobatan yang lebih khusus dapat direkomendasikan oleh dokter.

Penting untuk diingat bahwa pengobatan dan pengelolaan penyakit kulit autoimun harus didiskusikan dengan dokter spesialis kulit atau dokter spesialis imunologi. 

Setiap individu mungkin membutuhkan pendekatan pengobatan yang berbeda tergantung pada tingkat keparahan dan karakteristik penyakit mereka.


Baca juga:

Pola hidup sehat

Mengatasi stres dan depresi

Sitem kekebalan tubuh


"Waktu dan kesehatan adalah dua aset berharga yang tidak dikenali dan dihargai sampai keduanya hilang." - Denis Waitley

Buku PJOK Kurikulum Merdeka

Literasi

Trending Post