Kesehatan adalah mahkota yang dikenakan oleh orang sehat yang hanya terlihat oleh orang sakit

Soal Uji Pengetahuan PJOK (UTN PPG)

 


Latihan UTN 2016

  1. Prinsip dalam membuat rubrik penilaian proses tehnik gerak lompat tinggi mencakup gerakan..

  1. Tolakan , melayang sesuai gaya yang diharapkn, dan mendarat dengan baik

  2. Tolakan, melayang sesuai gaya yang diharapkan, dan mendarat dengan baik, serta tidak menyentuh mistar

  3. Awaln, pelaksanaan sesuai gaya yang diharapkan, dan posisi akhir gerak yang benar serta tidak menyentuh mistar

  4. Awalan, pelaksanaan sesuai gaya yang diharapkan, dan posisi akhir gerak yang benar



  1. Membuka ruang gerak penyerangan yang akan dibangun dalam permainan sepak bola diperlukan pemain yang memiliki kemampuan…

  1. Menggiring bola yang baik 

  2. Gerak tipu yang baik

  3. Gerak tampa bola yang baik 

  4. Keeping bola yang baik



  1. K-13 mengisyaratkan bahwa pembelajaran penjaskes harus mampu mengembangkan aspek…

  1. Sikap, pengetahuan, dan keterampilan secara seimbang

  2. Afektif, kognitif, dan psikomotor dengan bobot yang berbeda

  3. Efektif, kognitip, dan psikomotor dengan bobot terbesar psikomotor

  4. Sikap, pengetahuan, keterampilan berbobot 1:2:3



  1. Kurikulum dirancang untuk menyiapkan peserta didik agar dapat hidup dan bekerja dalam masyarakat. Dalam teori perkembangan kurikulum, hal tersebut diatas disebut prinsip…

  1. Fleksibilitas

  2. Efektifitas

  3. Kontinuitas

  4. Relevansi



  1. Gaya mengajar yang bisa digunakan dalam evaluasi yang melibatkan siswa secara bergantian saling menilai, menurut mostoon termasuk..

  1. Problem solving style

  2. Resiprocal style

  3. Individual program style

  4. Small group style



  1. Seorang guru memberikan tugas rumah kepada siswasecara kelompok, yaitu mempersipakan presentasi dari hasil pembelajaran gerak yang pernah diberikan sebelumnya untuk dikaji untuk berbagai literatur yang mendukung, dalam hal ini guru akan menilai aspek…

  1. Sikap

  2. Keterampilan

  3. Pengetahuan

  4. Kerjasama



  1. Permainan yang menjadikan gol sebagai sasaran untuk saling menyerang daerah lawan dalam rangkah membuat skor…

  1. Invasion games

  2. Fielding games

  3. Run scoring games

  4. Target games



  1. Wawasan tentang teknologi informasi dan komunikasi  TIK sudah  menjadi keharusan untuk dimiliki, dimamfaatkan, dan dikembangkan guru yang profesional, karena…

  1. Guru harus dapat memamfatkan dan mengembangkan bahan- bahan pembelajaran berbasis teknolgi karena mamfaatnya banyak..

  2. Guru harus dapat mengembangkan bahan-bahan pembelajaran berbasis teknologi, dan dapat menggunakannya secara bijak

  3. Bahan-bahan pembelajaran berbasis teknologi akan dapat memperkaya peserta didik didalam memahami pengetahuan lebih baik

  4. Bahan-bahan pengajaran berbasis teknologi dapat memperkaya peserta didik memahami materi lebih baik dibanding yang tanpa berbasis teknologi



  1. Salah satu pertimbangan dalam belajar gerak adalah memberikan materi dari yang ringan ke yang lebih berat dari pada keterampilan yang sederhana ke yang lebih kompleks. Jika harus diurutkan maka permainan yang dipilih dari….

  1. Target games-fielding games-net games-invasion games

  2. Target games-net games-fielding games-invasion games

  3. [i]net games-target games-invasion games-fielding games

  4. Fielding games-target games-invasion games-net games



  1. Pada saat latihan inti, guru melakukan langkah-langkah pembelajaran seperti berikut ..

  1. Eksplorasi-elaborasi-komfirmasi

  2. Observasi, menanya, mencoba, menalar, jejaring

  3. Perencanaan, mengorganisasi, melaksanakan, melaporkan

  4. Pendahuluan, inti dan penutup



  1. Istilah return service dalam permainan tennis adalah….

  1. Seorang pemain mampu mengembalikan bola service keras dari lawan dan mematikan.

  2. Seorang pemain dapat melakukan service keras dan mematikan

  3. Seorang pemain dapat melakukan service keras bola pertama yang mematikan

  4. Seorang pemain mampu mengembalikan bola service keras dari lawan dengan baik



  1. Banyak orang sulit membedakan antara pendidikan jasmani dengan pendidikan olahraga. Penekanan utama dalam pendidikan jasmani adalah….

  1. Hasil dari sebuah proses yang dilakukan 

  2. Proses dan hasil merupakan hal yang sangat prinsip

  3. Proses hal yang sangat prinsip dan hasil tidak diutamakan

  4. Proses dalam mencapai tujuan


  1. Seorang pemain sepak bola mengoper bola dengan menggunakan kaki ke penjaga gawannya, dan bola ditangkap dengan tangan, maka dianggap….

  1. Kesalahan dan dihukum tendangan bebas tidak langsung

  2. Kesalahan dan dihukum pinalti

  3. Kesalahan dan dihukum tendangan bebas

  4. Kesalahan dan dihukm tendangan sudut



  1. Belajar gerakan salto akan lebih tepat menggunakan metode…..

  1. Resiprokal

  2. Bagian murni

  3. Keseluruhan

  4. Bagian-keseluruhan



  1. Seorang guru yang yang benar dalam mengajarkan pembelajaran lompat kangkang dengan balok tumpuan diawali dengan…..

  1. Anak diminta naik ke balok tumpuan untuk belajar mendarat terlebih dahulu

  2. Anak belajar awalan dengan melakukan lari, menolak dan berhenti berpegangan balok tumpuan

  3. Anak belajar awalan dengan melakukan lari, menolak dan berhenti diatas balok tumpuan

  4. Anak belajar awalan dengan melakukan lari, menolak dan berhenti diatas balok tumpuan, dilanjutkan dengan mendarat



  1. Bola service masuk ke daerah lawan namun didahului dengan menyentu net terlebih dahulu, maka service tersebut harus diulang. Peraturan tersebut berlaku untuk permainan…

  1. Sepak takraw

  2. Bulutangkis

  3. Tennis

  4. Voli pantai



  1. Guru mengajarkan gerak melalui berbagai arah gerakan secara cepat dengan mengikuti perintah melalui tanda tertentu dengan waktu yang relatif lama. Pembelajaran tersebut untuk meningkatkan komponen….

  1. Aksi gerak

  2. Kecepatan gerak

  3. Koordinasi gerak

  4. Kelincahan gerak



  1. Untuk mempelajari permainan basket yang paling tepat diawali dengan belajar….

  1. Menggiring bola

  2. Gerakan dasar kaki

  3. Melempar ke sasaran

  4. Lempar tangkap bola



  1. Anak melakukan lompat-lompat secara bergantian antara kaki kanan dan kiri, termasuk berlatih….

  1. Keseimbangan, kelentukan dan kelincahan

  2. Keseimbangan, power dan kelincahan

  3. Kekuatan, keseimbangan dan kelentukan

  4. Ketangkasan, kekuatan dan keseimbangan



  1. Gerakan sepak mula (service) dalam permainan sepak takraw membutuhkan kemampuan mempertahangkan keseimbangan dan keterampilannya, dari sisi gerak termasuk dalam….

  1. Manipulasi

  2. Lokomotor-manipulasi

  3. Non lokomotor-manipulasi

  4. Non lokomotor-lokomotor



  1. Poin ketika seseorang telah mendapatkannya setelah deuce dan butuh satu poin lagi untuk memenangkan sebuah game dalam permainan tenis disebut….

  1. Match point

  2. Tiebraek

  3. Duece

  4. Advantage



  1. Dengan merendahkan titik berat badan dan menekuk sedikit lututnya adalah upaya untuk mendapatkan….

  1. Kekuatan

  2. Keseimbangan

  3. Kelenturan

  4. Kestabilan



  1. Dalam permainan sepak bola yang dimaksud dengan istilah “playmeker” adalah….

  1. Pemain handal yang ditugasi sebagai kapten tim

  2. Pemain yang mengedalikan alur serangan

  3. Kapten tim yang tidak bermain

  4. Pemain posisi gelandang yang ditugasi sebagai kapten tim



  1. Gerakan dalam atletik merupakan manivestasi dari penggambaran….

  1. “IBU” dari semua cabang olahraga

  2. Keterampilan gerak

  3. Gerak manipulasi

  4. Gerak fundamental


  1. Menurut Sheldon seseorang yang bertipe tubuh mesomorph berciri umum…..

  1. Gemuk, lambat, kuat dan ramah

  2. Kuat, lincah, semangat dan motivasi rendah

  3. Sehat, kuat, tangkas, gagah dan sopan dan ramah

  4. Kurus, penakut, lemah dan kurang ramah



  1. Pembelajaran gerak melalui pendidikan jasmani di sekolah yang dilakukan 4 jam dalam satu minggu, secara nyata baru dapat memberikan…..

  1. Pengalaman gerak

  2. Pengenalan gerak

  3. Kesegaran jasmani

  4. Keterampilan gerak


  1. Setiap peserta pertandingan saling berhadapan dua kali dengan lawan yang sama, maka dalam pertandingan digunakan sistem……

  1. Setengah kompetisi

  2. Kompetisi penuh

  3. Gugur berganda

  4. Qualifiying rounds



  1. Seorang guru mengajarkan lari bolak balik dengan memindahkan benda berulang-ulang jarak 8 meter, dengan tujuan untuk meningkatkan…

  1. Kelincahan

  2. Reaksi

  3. Kecepatan

  4. Daya tahan kecepatan



  1. Posisi yang paling efektif untuk dapat mengantisipasi ketika lawan memukul bola dalam permainan tenis, adalah….

  1. Sambil maju kedepan mempersempit ruang

  2. Maju dengan lari pelan sambil mempersempit ruang

  3. Berhenti kedua kaki sejajar bertumpu ditanah

  4. Berhenti salah satu kaki posisi didepan



  1. Dalam permainan tenis game dengan perhitungan khusus pada posisi skor 6 – 6 untuk menentukan pemenang dari set tesebut. Pemain yang lebih dulu mendapatkan point 7 dengan marjin 2 angka yang akan menjadi pemenangnya. Hal tersebut dinamakan….

  1. Tiebreak

  2. Duace

  3. Match point

  4. Advantage



  1. Penjelajahan alam dengan memamfaatkan  lingkungan sekolah, dilakukan secara kelompok melewati berbagai rintangan yang membutuhkan kerjasama tim. Tugas tersebut sesuai dengan pilar belajar untuk……

  1. Mampu melaksanakan dan berbuat secara efektip.

  2. Hidup bersama dan berguna bagi orang orang lain

  3. Membangun dan menemukan jati diri melalui proses belajar yang aktif ., kreatif, efektif dan menyenangkan.

  4. Memahami dan menghayati



  1. Aktifitas pengembangan kebugaran dalam pembelajaran pendidikan jasmani  dapat diaplikasikan dalam bentuk permainan yang paling efektif untuk pembelajaran disekolah dari kegiatan berikut adalah …

  1. Permainan dengan penenkana komponen fisik yang sesuai dengan pengaturan waktu

  2. Permainan denganprioritas penekanan komponen fisik dan pengaturan pembebanannya.

  3. Permainan yang dapat melibatkan komponen – komponen fisik secara seimbang 

  4. Permainan yang memprioritaskan beberapa komponen fisik


  1. Penguasaan gerak yang diperoleh seseorang seiring dengan tumbuh – kembang dan kematangan usia, disebut …

  1. Keterampilan gerak ( Motor skill)

  2. Pertumbuhan gerak ( Motor development)

  3. Pengendalian gerak  ( Motor control )

  4. Pembelajaran gerak ( Motor learning)



  1. Mencoba, mengasosiasi, menanya, mencoba kembali, dst bisa terjadi pengulangan dan bahkan jika perlu melakukan pengamatan kembali, dalam belajar gerak termasuk dalam fase…

  1. Otonom

  2. saintifik

  3. Kognitif

  4. Asosiatif



  1. permainan yang dapat digunakan untuk membentuk budaya dan nilai – nilai secara keseluruhan, adalah….

  1. Permainan tradisional

  2. Permainan yang dimodifikasi dengan bercirikan budaya daerah

  3. Permainan dan olahraga masyarkat

  4. Permainan sederhana yang bercirikan budaya daerah



  1. Pemain bulutangkis dapat segerah  mengembalikan bola  smessh yang keras dari lawan dan bahkan dapat menempatkan kock pada posisi yang menyulitkan lawan termasuk dalam gerak….

  1. Refleks

  2. Fundamental

  3. Sistematis

  4. Transfer positif



  1. Permainan rounders yang dimodifikasi yang dilakukan oleh anak anak termasuk jenis permainan…

  1. Fielding games

  2. Net games

  3. Target games

  4. Invasion games



  1. Belajar sepak sila dalam sepaktakraw tetapi sebelumya mempelajari teknik juggling dalam permaina sepak bola. Kondisi tersebut dalam konsep belajar gerak….

  1. Transfer negative

  2. Transfer positif

  3. Transfer netral

  4. Tidak ada transfer



  1. Salah satu bentuk penilaian sikap dalam pembelajaran gerak adalah…

  1. Penilaian unjuk kerja

  2. Penilaian antar teman

  3. Check list

  4. Kuesioner



  1. Untuk mengajar permainan bulutangkis bagi pemula tehnik pegangan raket sebaiknya disebut/

Adalah dengan cara….

  1. Shakehand/ berjabat tangan

  2. America / gebuk kasur

  3. Inggris/ pegangan backhand

  4. Campuran



  1. Peserta didik mendapat tugas pekerjaan rumah  dari gurunya untuk menganalisis hasil pertandingan bulutangkis indonesia dalam uber cup dan all england. Tugas tersebut termasuk penilaian…..

  1. Aspek keterampilan dengan observasi

  2. Aspek pengetahuan dengan observasi

  3. Aspek pengetahuan dengan penugasan

  4. Aspek keterampilan dengan penugasaa



  1. Seorang guru memberi tugas kepada peserta didik secara berkelompok diluar proses pembelajaran, yaitu dengan merencanakan sampai mencatat hasil lemparan kesasaran dengan berbagai indikator variasi jarak, tangan kanan dan kiri, pengulangan, dsb secara berkelanjutan. Kegiatan guru yang dilakukan termasuk bentuk penilaian…

  1. Kinerja

  2. Portofolio

  3. Penugasan

  4. Proyek



  1. Kolaborasi dengan ahli konteks PTK lebih terfokus pada langkah…

  1. Refleksi

  2. Observasi

  3. Pengamatan

  4. Perencanaan



  1. Dengan dibimbing oleh guru secara berkelompok peserta didik dapat menghimpun informasi, membandingkan, mengkategorikan, menganalisis, mengintegrasikan, mengorganisasikan bahan serta membuat kesimpulan. Kegiatan diatas termasuk model pembelajaran….

  1. Discovery learning

  2. Projeck base learning

  3. Problem solving

  4. Inquiry



  1. Pernyataan berikut yang sesuai dengan mamfaat diselenggarakannya program penjasorkes adalah….

  1. Peningkatan pribadi yang kompetitif

  2. Secara kompetitif mampu berlomba dalam pertandingan olimpiade olahraga

  3. Mampu memenangkan kompetisi dengan segala cara

  4. “ peningkatan penguasaan berbagai cabang olahraga kompetitif”


  1. Seorang anak belajar melempar bola kesasaran secara berulang-ulang biarpun masih sering juga melakukan kesalahan, dalam belajar gerak termasuk dalam fase ….

  1. Asosiasi

  2. Verbal

  3. Otonom

  4. Kognitif



  1. Bola dengan kecepatan tinggi diperkirakan akan jatuh  kebelakang sehingga badan tidak sempat berputar, maka tumit menyambut bola. Dalam permaina sepak takraw termasuk dalam tehnik…

  1. Sepak bedeng

  2. Sepak badek

  3. Sepak kuda

  4. Sepak cungkil



  1. Kompetensi dasar pada mata pelajaran penjasorkes dikembangkan berdasarkan kebutuhan pertumbuhan dan perkembangan peserta didik. Yang kurang cocok dijadikan pada satuan pendidikan dasar adalah…

  1. Pertahanan pada permainan bola besar

  2. Teknik dasar permainan bola besar

  3. Rangkaian gerak dasar aktivitas irama

  4. Permainan bulutangkis yang dimodifikasi



  1. Perbedaan prinsip seorang pengajar penjas dan pelatih olahraga, kecuali….

  1. Dalam metode penyampaian materi

  2. Program pembelajaran

  3. Dalam penyusunan program 

  4. Prinsip dalam menjadikan jadi lebih baik



  1. Dalam mengajarkan gerakan senam baru agar  lebih efektif dan efisien serta menampilkan derajat keseragaman yang tinggi gaya mengajar yang tepat digunakan adalah…

  1. Gaya penugasan 

  2. Gaya kelompok

  3. Gaya komando

  4. Gaya individu



  1. Pukulan lurus panjang dalam pemainan tinju disebut…

  1. Straigt

  2. Jab

  3. Hook

  4. appercat



  1. Tujuan untuk mengatur irama permainan agar tidak monoton dan dapat mempercepat tempo permaiana dalam sepak bola atau basket di perlukan ..

  1. Passing yang akurat

  2. Gerak tipu yang baik

  3. Keeping bola yang baik

  4. Menggiring bola dengan baik.



  1. Rankaian gerakan lompat jauh dari awalan , lari, tolakan, melayang dan mendarat merupakan …

  1. Pentahapan gerak 

  2. Keterampilan kontinyu

  3. Keterampilan verbal 

  4. Keterampilan konkrid



  1. Transfer negatif dalam ruang lingkup kecabangan olahraga yang termasuk….

  1. Tenis-Bulutangkis

  2. Sepak bola- Takraw

  3. Bulutangkis – tenis meja

  4. Tenis meja- tenis



  1. dalam pembelajaran senam siswa dibagi kedalam  8 orang secara berkelompok membentuk lingkarang dan saling berhadapan tujuannya untuk…..

  1. Kerja sama

  2. Mengoreksi diri

  3. Keseragaman

  4. Kekompakkan. 



  1. Yang termasuk dalam unsur ketepatan pada permainan olahraga 

  1. Invasion game

  2. Fielding game

  3. Target game

  4. Run scoring



  1. Guru menalar dan mengamati kerjasama anak dalam permainan tradisional aktifitas guru tersebut…

  1. Sosial

  2. Keterampilan

  3. Kerjasama

  4. Sikap dan observasi




Baca Juga :




"Waktu dan kesehatan adalah dua aset berharga yang tidak dikenali dan dihargai sampai keduanya hilang." - Denis Waitley

Buku PJOK Kurikulum Merdeka

Literasi

Trending Post