Definisi asesment sumatif
Penilaian atau asesmen sumatif pada jenjang pendidikan dasar dan
menengah bertujuan untuk menilai pencapaian tujuan pembelajaran atau capaian
pembelajaran (CP) murid sebagai dasar penentuan kenaikan kelas atau
kelulusan dari satuan pendidikan.
Penilaian pencapaian hasil belajar murid dilakukan dengan
membandingkan pencapaian hasil belajar murid dengan kriteria ketercapaian
tujuan pembelajaran.
Sementara itu, pada pendidikan anak usia dini (PAUD)
assessment sumatif digunakan untuk mengetahui capaian perkembangan murid
dan bukan sebagai hasil evaluasi untuk penentuan kenaikan kelas atau kelulusan.
Assessment berbentuk laporan hasil belajar yang berisikan laporan
pencapaian pembelajaran dan dapat ditambahkan dengan informasi pertumbuhan dan
perkembangan anak.
1. Asesmen seperti dapat dilakukan setelah pembelajaran berakhir,
misalnya pada akhir satu lingkup materi ( dapat terdiri atas satu atau lebih
tujuan pembelajaran), pada akhir semester atau pada akhir fase. sementara
khusus pada akhir semester, assessment sumatif bersifat pilihan.
2. Assessment bisa dilakukan pada akhir semester jika guru merasa masih memerlukan konfirmasi atau informasi tambahan untuk mengukur pencapaian hasil belajar murid.
Sebaliknya,
jika guru merasa bahwa data hasil asemen jadi diperoleh selama satu semester
telah mencukupi, maka tidak perlu lagi dilakukan assessment pada akhir
semester. hal ini perlu ditekankan untuk asesment guru dapat menggunakan teknik
dan instrumen yang beragam, tidak hanya berupa tes, namun dapat menggunakan
observasi dan performa ( praktik, menghasilkan produk, melakukan
Project, atau membuat portofolio ).
3. Umpan balik dari
assessment hasil akhir ini ( sumatif ) dapat digunakan untuk
mengukur perkembangan murid, untuk membantu guru merancang aktivitas pada
pembelajaran berikutnya.
Pada kurikulum merdeka, guru diharapkan untuk lebih Banyak mengutamakan asesment formatif untuk mendapatkan umpan balik dan mengetahui perkembangan murid. namun asesmen juga tetap digunakan untuk mengetahui ketercapaian tujuan pembelajaran.
Baca Juga :