Kesehatan adalah mahkota yang dikenakan oleh orang sehat yang hanya terlihat oleh orang sakit

Asesmen Sumatif

 


Definisi asesment  sumatif

 

Penilaian atau asesmen sumatif pada jenjang pendidikan dasar dan menengah bertujuan untuk menilai pencapaian tujuan pembelajaran atau capaian pembelajaran (CP)  murid sebagai dasar penentuan kenaikan kelas atau kelulusan dari satuan pendidikan.

 

Penilaian pencapaian hasil belajar murid dilakukan dengan membandingkan pencapaian hasil belajar murid dengan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran.

 

Sementara itu, pada pendidikan anak usia dini (PAUD)  assessment sumatif digunakan untuk  mengetahui capaian perkembangan murid dan bukan sebagai hasil evaluasi untuk penentuan kenaikan kelas atau kelulusan.

 

Assessment berbentuk laporan hasil belajar yang berisikan laporan pencapaian pembelajaran dan dapat ditambahkan dengan informasi pertumbuhan dan perkembangan anak.



1.      Asesmen seperti dapat dilakukan setelah pembelajaran berakhir, misalnya pada akhir satu lingkup materi ( dapat terdiri atas satu atau lebih tujuan pembelajaran), pada akhir semester atau pada akhir fase. sementara khusus pada akhir semester, assessment sumatif bersifat pilihan.

 

 

2.    Assessment  bisa dilakukan pada akhir semester jika guru merasa masih memerlukan konfirmasi atau informasi tambahan untuk mengukur pencapaian hasil belajar murid. 

    

     Sebaliknya, jika guru merasa bahwa data hasil asemen jadi diperoleh selama satu semester telah mencukupi, maka tidak perlu lagi dilakukan assessment pada akhir semester. hal ini perlu ditekankan untuk asesment guru dapat menggunakan teknik dan instrumen yang beragam, tidak hanya berupa tes, namun dapat menggunakan observasi dan performa (   praktik, menghasilkan produk, melakukan Project, atau membuat portofolio ).

 


3.     Umpan balik dari assessment hasil akhir ini (  sumatif )  dapat digunakan untuk mengukur perkembangan murid, untuk membantu guru merancang aktivitas pada pembelajaran berikutnya.

 

Pada kurikulum merdeka, guru diharapkan untuk lebih Banyak mengutamakan asesment formatif untuk mendapatkan umpan balik dan mengetahui perkembangan murid. namun asesmen juga tetap digunakan untuk mengetahui ketercapaian tujuan pembelajaran.


Baca Juga :

Prinsip Pembelajaran

Prinsip Asesmen (Penilaian)

Asesmen Formatif

 


"Waktu dan kesehatan adalah dua aset berharga yang tidak dikenali dan dihargai sampai keduanya hilang." - Denis Waitley

Buku PJOK Kurikulum Merdeka

Referensi Bulanan

Trending Post