Kesehatan adalah mahkota yang dikenakan oleh orang sehat yang hanya terlihat oleh orang sakit

Asesmen Formatif

 


Definisi asesment Formatif

 

Penilaian atau asesmen formatif bertujuan untuk memantau dan memperbaiki proses pembelajaran, serta mengevaluasi pencapaian tujuan pembelajaran.

 

Sesuai dengan tujuannya, asesmen informatif dapat dilakukan di awal dan di sepanjang proses pembelajaran.

 

Melalui assessmen ini, guru dapat mengidentifikasi kebutuhan belajar murid, hambatan atau kesulitan yang mereka hadapi, serta untuk mendapatkan informasi perkembangan murid. 

 

Informasi tersebut kemudian dijadikan umpan balik baik bagi murid maupun guru.

 

Bagi murid, asesmen formatif berguna untuk berefleksi, dengan monitor kemajuan belajarnya, tantangan yang dialaminya, serta langkah-langkah yang perlu ia lakukan untuk meningkatkan terus capaiannya.

Hal ini merupakan proses belajar yang penting untuk menjadi pembelajar sepanjang hayat.

 

Bagi guru, asesmen informatif berguna untuk merefleksi strategi pembelajaran yang digunakannya, serta untuk meningkatkan efektivitasnya dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran.

Asesmen ini juga memberikan informasi tentang kebutuhan  belajar muridnya agar asesmen bermanfaat bagi murid dan guru.

 

Beberapa hal yang perlu diperhatikan guru dalam merancang asesmen diantaranya sebagai berikut  : 


1. Asesmen formatif tidak beresiko tinggi (high stake). asesment formatif dirancang untuk tujuan pembelajaran dan tidak seharusnya digunakan untuk menentukan Nilai raport, keputusan kenaikan kelas, kelulusan, atau keputusan- keputusan penting lainnya.

 

2. Asesmen formatif dapat menggunakan Berbagai teknik atau instrumen. suatu asesmen dikategorikan sebagai asesmen informatif jika tujuannya adalah untuk meningkatkan kualitas proses belajar.

 

3. Asesmen formatif dilaksanakan bersama dengan proses pembelajaran yang sedang berlangsung sehingga asesmen formatif dan pembelajaran menjadi suatu kesatuan.

 

4. Asesment formatif dapat menggunakan metode Yang sederhana,sehingga umpan balik hasil asesmen tersebut dapat diperoleh dengan cepat.

 

5. Asesmen formatif yang dilakukan di awal pembelajaran akan memberikan informasi kepada guru tentang kesiapan belajar murid.   berdasarkan asesmen ini, guru perlu menyesuaikan/ memodifikasi rencana pelaksanaan pembelajarannya atau membuat diferensiasi pembelajaran agar sesuai dengan kebutuhan murid.

 

6. Instrumen yang digunakan dapat memberikan informasi tentang kekuatan, hal-hal yang masih perlu ditingkatkan oleh murid, serta mengungkapkan cara untuk meningkatkan kualitas tulisan, karya, atau performa yang diberi terbalik. dengan demikian hasil asesmen tidak sekedar sebuah angka.



Baca Juga :


Prinsip Asesmen (Penilaian)


Prinsip Pembelajaran


Asesmen (penilaian) Sumatif


"Waktu dan kesehatan adalah dua aset berharga yang tidak dikenali dan dihargai sampai keduanya hilang." - Denis Waitley

Buku PJOK Kurikulum Merdeka

Referensi Bulanan

Trending Post