A. Pembelajaran
dirancang dengan mempertimbangkan tahap perkembangan dan tingkat pencapaian
peserta didik saat ini, sesuai dengan kebutuhan belajar, serta mencerminkan
karakteristik dan perkembangan peserta didik yang beragam sehingga pembelajaran
menjadi bermakna dan menyenangkan;
Contoh pelaksanaan prinsip pembelajaran
• Pada awal tahun ajaran, pendidik berusaha mencari tahu kesiapan belajar peserta didik dan pencapaian sebelumnya.
Misalnya, melalui dialog dengan peserta didik, sesi diskusi kelompok kecil, tanya jawab, pengisian survei/angket, dan/ atau metode lainnya yang sesuai.
• Pendidik merancang atau memilih alur tujuan pembelajaran sesuai dengan tahap perkembangan peserta didik, atau pada tahap awal. Pendidik dapat menggunakan atau mengadaptasi contoh tujuan pembelajaran, alur tujuan pembelajaran dan modul ajar yang disediakan oleh Kemendikbudristek.
• Pendidik merancang
pembelajaran yang menyenangkan agar peserta didik mengalami proses belajar
sebagai pengalaman yang menimbulkan emosi positif.
B. Pembelajaran
dirancang dan dilaksanakan untuk membangun kapasitas untuk menjadi pembelajar sepanjang
hayat;
Contoh pelaksanaan prinsip pembelajaran
• Pendidik mendorong
peserta didik untuk melakukan refleksi untuk memahami kekuatan diri dan area
yang perlu dikembangkan.
• Pendidik senantiasa
memberikan umpan balik langsung yang mendorong kemampuan peserta didik untuk
terus belajar dan mengeksplorasi ilmu pengetahuan.
• Pendidik menggunakan
pertanyaan terbuka yang menstimulasi pemikiran yang mendalam.
• Pendidik memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif agar terbangun sikap pembelajar mandiri.
• Pendidik memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, kemandirian sesuai bakat, minat, dan perkembangan fisik, serta psikologis peserta didik.
• Pendidik memberikan
tugas atau pekerjaan rumah ditujukan
untuk mendorong pembelajaran yang mandiri dan untuk mengeksplorasi ilmu
pengetahuan dengan mempertimbangkan beban belajar peserta didik.
• Pendidik merancang
pembelajaran untuk mendorong peserta didik terus meningkatkan kompetensinya
melalui tugas dan aktivitas dengan tingkat kesulitan yang tepat.
C. Proses pembelajaran mendukung
perkembangan kompetensi dan karakter peserta didik secara holistik;
Contoh pelaksanaan prinsip pembelajaran
• Pendidik menggunakan berbagai metode pembelajaran yang bervariasi dan untuk membantu peserta didik mengembangkan kompetensi, misalnya belajar berbasis inkuiri, berbasis projek, berbasis masalah, dan pembelajaran terdiferensiasi.
• Pendidik merefleksikan proses dan sikapnya untuk memberi keteladanan dan sumber inspirasi positif bagi peserta didik.
• Pendidik merujuk pada
profil pelajar Pancasila dalam memberikan umpan balik (apresiasi maupun
koreksi)
D.Pembelajaran yang relevan, yaitu pembelajaran yang dirancang sesuai konteks,lingkungan, dan budaya peserta didik, serta melibatkan orang tua dan komunitas sebagai mitra;
Contoh pelaksanaan prinsip pembelajaran
• Pendidik menyelenggarakan pembelajaran sesuai kebutuhan dan dikaitkan dengan dunia nyata, lingkungan, dan budaya yang menarik minat peserta didik.
• Pendidik merancang pembelajaran interaktif untuk memfasilitasi interaksi yang terencana, terstruktur, terpadu,dan produktif antara pendidik dengan peserta didik, sesama peserta didik, serta antara peserta didik dan materi belajar.
• Pendidik memberdayakan masyarakat sekitar, komunitas,organisasi, ahli dari berbagai profesi sebagai narasumber untuk memperkaya dan mendorong pembelajaran yang relevan.
• Pendidik melibatkan orang tua dalam proses belajar dengan komunikasi dua arah dan saling memberikan umpan balik.
• Pada PAUD, pendidik
menggunakan pendekatan multibahasa berbasis bahasa ibu juga dapat digunakan, utamanya
bagi peserta didik yang tumbuh di komunitas yang menggunakan bahasa lokal.
• Pada SMK, terdapat pembelajaran melalui Praktik Kerja Lapangan (PKL) yang dilaksanakan di dunia kerja atau tempat praktik di lingkungan sekolah yang telah dirancang sesuai dengan standar dunia kerja, menerapkan sistem dan budaya kerja sebagaimana di dunia kerja, dan disupervisi oleh pendidik / instruktur yang ditugaskan atau memiliki pengalaman di dunia kerja yang relevan.
• Pada SMK, pendidik
dapat menyelenggarakan pembelajaran melalui praktik-praktik kerja bernuansa industri
di lingkungan sekolah melalui model pembelajaran industri (teaching factory).
E. Pembelajaran
berorientasi pada masa depan yang berkelanjutan.
Contoh
pelaksanaan prinsip pembelajaran
• Pendidik berupaya untuk mengintegrasikan kehidupan keberlanjutan (sustainable living) pada berbagai kegiatan pembelajaran dengan mengintegrasikan nilai-nilai dan perilaku yang menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan dan masa depan bumi, misalnya menggunakan sumber daya secara bijak (hemat air, listrik, dll.), mengurangi sampah, dsb.
• Pendidik memotivasi peserta didik untuk menyadari bahwa masa depan adalah milik mereka dan mereka perlu mengambil peran dan tanggung jawab untuk masa depan mereka.
• Pendidik melibatkan peserta didik dalam mencari solusi-solusi permasalahan di keseharian yang sesuai dengan tahapan belajarnya.
• Pendidik memanfaatkan projek penguatan profil pelajar Pancasila untuk membangun karakter dan kompetensi peserta didik sebagai warga dunia masa depan.
Baca Juga :