1. Pendekatan Berbasis Genre (Genre Based Approach)
Pendekatan ini merupakan pendekatan pembelajaran yang membantu siswa lebih kompeten berbahasa, mampu berkomunikasi melalui penguasaan keterampilan berbahasa di antaranya dengan kegiatan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis.
Berikut uraian kegiatan pembelajaran berbasis Genre/Teks (Roses dan Martin, 2012).
a. Membangun Konteks.
Contoh pembelajaran pada tahap membangun konteks untuk mata pelajaran Bahasa Inggris, yaitu guru menyiapkan contoh-contoh teks report terkait teknologi yang akan dibahas.
Misalnya Electric Torch, Fan Ceiling, USB Flash Drive atau yang lainnya.
Contoh teks dapat berupa teks otentik, teks modifikasi, teks adaptasi, teks buatan guru sendiri, atau teks yang diberikan oleh para ahli pendekatan genre-based yang relevan.
b. Menelaah Model/Dekonstruksi teks.
Pada tahap ini dikembangkan kemampuan berpikir kritis siswa melalui kegiatan membahas serta menjawab pertanyaan-pertanyaan yang jawabannya tidak tertera dalam teks.
c. Latihan Terbimbing (Joint construction)
Setelah menulis teks secara mandiri, siswa juga dapat melakukan refleksi terkait apa yang telah ditulis atau yang dilakukan, atau apa yang telah dipelajari selama pembelajaran, dan saat membandingkan teks yang mereka tulis dengan teks yang ditulis oleh temannya.
Siswa juga dapat menceritakan kembali apa yang telah ditulisnya di depan kelas.
2. Pendekatan Contekstual Teaching and Learning (CTL)
Karakteristik RME adalah menggunakan konteks “dunia nyata”,model-model, produksi, dan kontruksi siswa, interaktif dan keterkaitan (Treffers,1991).
Baca Juga :