Kesehatan adalah mahkota yang dikenakan oleh orang sehat yang hanya terlihat oleh orang sakit

Latihan kebugaran yang efektif di rumah


Berikut adalah beberapa latihan kebugaran yang efektif yang dapat dilakukan di rumah:


  1. Squat: Berdiri dengan kaki selebar bahu, kemudian turunkan badan seperti duduk di kursi dan angkat kembali ke posisi berdiri. Latihan ini akan melatih otot paha dan bokong.


  1. Push-up: Berbaring di lantai dengan tangan selebar bahu, kemudian dorong tubuh Anda naik dan turunkan kembali ke lantai. Latihan ini akan melatih otot dada, bahu, dan trisep.


  1. Lunges: Berdiri dengan kaki selebar bahu, kemudian ambil satu langkah besar ke depan dan tekuk lutut hingga membentuk sudut 90 derajat. Kemudian angkat kembali ke posisi berdiri dan ulangi dengan kaki lainnya. Latihan ini akan melatih otot paha dan bokong.


  1. Plank: Berbaring di lantai dengan tangan selebar bahu, kemudian angkat tubuh Anda sehingga hanya jari-jari kaki dan lengan yang menyentuh lantai. Tahan posisi ini selama beberapa detik. Latihan ini akan melatih otot perut dan punggung.


  1. Jumping jacks: Berdiri dengan kaki rapat dan tangan di samping tubuh, kemudian lompat dan rentangkan tangan dan kaki ke samping. Kembali ke posisi awal dan ulangi. Latihan ini akan melatih kardiovaskular dan membakar kalori.


  1. Crunches: Berbaring di lantai dengan lutut ditekuk dan tangan di belakang kepala, kemudian angkat bahu Anda dari lantai dan raih lutut Anda. Latihan ini akan melatih otot perut.


  1. Burpees: Berdiri dengan kaki selebar bahu, kemudian lompat ke depan dan turunkan tangan ke lantai, lompat lagi ke posisi push-up dan lakukan push-up, lompat kembali ke posisi berdiri dan lompat ke atas. Latihan ini akan melatih kardiovaskular dan melatih seluruh tubuh.


Pastikan untuk melakukan pemanasan dan pendinginan sebelum dan setelah melakukan latihan kebugaran untuk mencegah cedera. Jangan lupa untuk konsisten dan meningkatkan intensitas dan durasi latihan secara bertahap.


Baca juga:

Organ tubuh manusia

Bahaya obesitas bagi manusia

Olahraga untuk membentuk otot perut


"Waktu dan kesehatan adalah dua aset berharga yang tidak dikenali dan dihargai sampai keduanya hilang." - Denis Waitley

Buku PJOK Kurikulum Merdeka

Referensi Bulanan

Trending Post