Kesehatan adalah mahkota yang dikenakan oleh orang sehat yang hanya terlihat oleh orang sakit

Makanan yang baik untuk kesehatan jantung 💓


Makanan yang baik untuk kesehatan jantung adalah makanan yang rendah lemak jenuh, rendah kolesterol, dan tinggi serat. Berikut adalah beberapa contoh makanan yang sehat untuk jantung:


  • Ikan: Ikan kaya akan asam lemak omega-3 yang dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Ikan yang bagus untuk dikonsumsi adalah salmon, tuna, makarel, sarden, dan ikan trout.


  • Buah-buahan: Buah-buahan segar, seperti apel, pisang, jeruk, dan anggur, kaya akan serat dan antioksidan yang baik untuk kesehatan jantung.


  • Sayuran: Sayuran hijau, seperti bayam, brokoli, dan kale, mengandung banyak nutrisi dan serat yang baik untuk kesehatan jantung.


  • Kacang-kacangan: Kacang-kacangan, seperti kacang almond, kacang mete, dan kacang hijau, mengandung lemak sehat dan serat yang dapat membantu menurunkan kolesterol dan risiko penyakit jantung.


  • Sereal utuh: Sereal utuh, seperti oatmeal, quinoa, dan barley, kaya akan serat dan nutrisi yang baik untuk kesehatan jantung.


  • Minyak zaitun: Minyak zaitun mengandung lemak tak jenuh tunggal yang dapat membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL).


  • Teh hijau: Teh hijau mengandung antioksidan yang dapat membantu melindungi jantung dari kerusakan akibat radikal bebas.


Pastikan juga untuk mengonsumsi makanan dalam jumlah yang seimbang dan berolahraga secara teratur untuk menjaga kesehatan jantung yang optimal.


Baca juga:

Kanker;resiko dan pengobatannya

Bahaya obesitas bagi manusia

Sistem kerangka manusia

"Waktu dan kesehatan adalah dua aset berharga yang tidak dikenali dan dihargai sampai keduanya hilang." - Denis Waitley

Buku PJOK Kurikulum Merdeka

Referensi Bulanan

Trending Post