A. Kompetensi Inti *)
2. Keterampilan
B. KompetensiDasar *)
2.
KD pada KI keterampilan
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, danmenyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajarinya di sekolah, serta
mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan,gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di
bawah pengawasan langsung.
C.
IndikatorPencapaianKompetensi
2. Indikator KD pada KI keterampilan
a. Menjelaskan teknik lari 100 meter
b. Mempratikkan
Teknik lari 100 meter
D. TujuanPembelajaran
dan benar
b.Menjelaskan konsep gerak benar
c.Menjelaskan gerakan teknik lari 100 m
dengan baik dan benar
d.Menjelaskan gerakan teknik lari 100 m
dengan baik dan benar
E. MateriPembelajaran
(ATLETIK LARI 100 M )
F.
Model danMetode
G. KegiatanPembelajaran
b.
Kegiatan Inti (60 menit)
· Memberi tugas siswa untuk membaca buku ATletik lari
100 m
· Guru menugaskan siswa untuk mengidentifikasi
konsep teknik lari 100 m
·Guru meminta siswa berdiskusi tentang gerakan teknik
lari 100 m
·Guru meminta siswa melihat teknik
lari 100 m
2.Identifikasi masalah
· Guru
menugaskan siswa untuk menentukankasi masalah utama apa dalam teknik lari 100 m· Siswa membaca buku
untuk mendapatkan informasi tentang teknik
lari 100 m
· Berdasarkan hasil membaca buku dan diskusi siswa merumuskan hal-hal apa saja yang harus diperhatikan dalam teknik lari 100 m
3.pengumpulan data
·Siswa mencoba melakukan teknik lari 100 m
·Siswa
mencoba melakukan teknik lari 100 m
·Siswa
melakukan teknik lari 100 m
c. Penutup (15menit)
(a) membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
(b)melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan; dan
(c) memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil
pembelajaran; dan
Kegiatan guru yaitu:
(a) melakukan penilaian;
(b) merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk
pembelajaranmedi,rogram pengayaan, layanan
konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas
individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar
peserta didik; dan
(c) menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
2. PertemuanKedua:**)
- Guru menugaskan
siswa untuk menilai hasil Lari 100 meter
2. Menarik
kesimpulan/Generalisasi
- Siswa menyajikan
tentang hasil menilai Lari 100 meter
c. Penutup (15menit),
(a) membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
(b) melakukan refleksi
terhadap kegiatan yang sudah
dilaksanakan; dan
(c) memberikan umpan balik
terhadap proses dan hasil pembelajaran;
·Kegiatan guru
yaitu:
(a)melakukan penilaian;
(b)merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam
bentuk pembelajaran remedi,program pengayaan, layanan konseling dan/atau
memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil
belajar peserta didik;
(c) menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan
berikutnya.
H.
Media,
Alat/Bahan, danSumberBelajar
2. Instrumen Penilaian
3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
Sedangkan bagi peserta
didik yang telah mencapai ketuntasan belajar dan memiliki kecepatan belajar di
atas rata-rata yang telah ditetapkan dapat diberikan pengayaan dan pendalaman
materi.