RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMKN 1 SINGKIL UTARA
Mata Pelajaran : PJOK
Komp. Keahlian :
Kelas/Semester : X/I
Tahun Pelajaran
: 2017/2018
AlokasiWaktu : 4JP
A. Kompetensi
Inti
3. Memahami,menerapkan,menganalisis,dan mengevaluasi tentang pengetahuan
faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kajianPendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan pada tingkat
teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri
sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional,
regional, dan internasional.
4. Melaksanakantug asspesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Menampilkan kinerja dibawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkanketerampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif,dan solutif dalam ranahabstrakterkaitdenganpengembangandari
yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
B. Kompetensi
Dasar
3.2 Menerapkan
teknik dasar salah satu aktifitas olahraga permainan bola kecil untuk menghasilkan koordinasi gerak
4.2 Mempraktikan teknik dasar salah satu aktifitas olahraga permainan bola Kecil untuk menghasilkan koordinasi gerak .
C. Indikator
Pencapaian Kompetensi
Pengetahuan
1. Menjelaskan
teknik dasar tenis meja
2. Mengklasifikasi teknik pukulan dalam permainan tenis meja
Ketrampilan
1. Mempraktikkan
teknik memegang bet dalam permaianan tenis meja
2. Mempraktikkan teknik sevis dalam permainan tenis meja
3. Mempraktikkan teknik pukulan dalam permainan tenis meja
D. Tujuan
Pembelajaran
Pengetahuan
1. Setelah
berdiskusi dan menggali informasi, peserta didik akan dapat :
a. Menjelaskan teknik dasar tenis meja dengan benar
b. Mengklasifikasikan teknik pukulan tenis meja dengan benar
Ketrampilan
2. Setelah
mengamati
salah satu siswa mendemontrasikan
teknik dasar permainan tenis meja peserta didik akan dapat :
a. Mempraktikkan teknik memegang bet dengan baik
dan
benar
b. Mempraktikkan teknik servis dengan baik dan benar
c. Mempraktikkan teknik memukul dengan baik dan
benar.
E. Materi
Pembelajaran
Teknik dasar
permainan tenis meja
F. Pendekatan,
Model dan Metode
a. Pendekatan : Saintifik Learning
b. Model : Discovery Learning
c. Metode : Diskusi, Tanya Jawab,
Penugasan dan
Praktek, demonstrasi
G. Kegiatan
Pembelajaran
1. Pertemuan Kesatu:*)
a.
Pendahuluan/Kegiatan
Awal (10 menit)
Dalam
kegiatan pendahuluan, guru:
1)Mengondisikan
suasana belajar yang menyenangkan;
2)Mendiskusikan
kompetensi yang sudah dipelajari dan dikembangkan sebelumnya berkaitan dengan
kompetensi yang akan dipelajari dan dikembangkan;
3)Menyampaikan
kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari;
4)Menyampaikan
garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan; dan
5)Menyampaikan
lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan.
b.
Kegiatan
Inti (70 menit)
1) Pemberian stimulus
terhadap peserta didik
Ø Peserta didik melihat berbagai gerakan teknik dasar permainan tenis
meja dalam tayangan.
Ø Peserta didik membaca buku untuk meng identifikasi berbagai jenis
teknik dasar dalam permainan tenis meja
Ø Peserta didik melihat bahan tayang yang disajikan oleh Guru.
Ø Peserta didik membaca buku berkaitan dengan berbagai jenis teknik
dasar permainan tenis meja Peserta didik melihat berbagai jenis jenis teknik
dasar permainan sepak bola pada tayangan.
Ø Peserta didik berdiskusi tentang berbagai jenis teknik dasar
permainan tenis meja
Ø Peserta didik mengidentifikasi
jenis-jenis teknik dasar permainan tenismeja melalui hasil diskusi dan
informasi dari buku.
Ø Peserta didik menentukan teknik dasar permainan tenis meja yang
sesuai dan tidak sesuai dengan informasi dari buku atau sumber internet.
2) Identifikasi masalah
Ø Peserta didik berdiskusi tentang berbagai jenis teknik dasar
permainan tenis meja
Ø Peserta didik mengidentifikasi
jenis-jenis teknik dasar permainan tenismeja melalui hasil diskusi dan
informasi dari buku.
Ø Peserta didik menentukan teknik dasar permainan tenis meja yang
sesuai dan tidak sesuai dengan informasi dari buku atau sumber internet.
Ø Peserta didik
mengidentifikasi teknik-teknik dasar permainan tenis meja seperti
memegang bet, melakukan servis,memukul
Ø Peserta didik mengidentifikasi masalah – masalah yang terjadi
melalui contoh yang didemonstrasikan oleh guru mengenai teknik dasar tenis meja
Ø Berdasarkan hasil membaca buku dan diskusi peserta didik
merumuskan hal-hal apa saja yang harus diperhatikan dalam memegang bet,servis
dan memukul bola dalam permainan tenis meja.
Ø Peserta didik mendemostrasikan teknik memegang bet,servis dan
memukul bola dalam permainan tenis meja.
Ø Peserta didik menggali informasi tentang teknik memegang
bet,servis dan memukul bola dalam permainan tenis meja.
Ø Peserta didik mendiskusikan untuk menentukan teknik memegang
bet,servis dan memukul bola dalam permainan tenis meja.
Ø Peserta didik menyampaikan pada kelompok lain dan Mmenanggapinya
berkaitan
dengan teknik memegang bet,servis dan memukul bola dalam
permainan tenis meja.
3)
Pengumpulan data
Ø Peserta didik mendemostrasikan teknik memegang bet,servis dan
memukul bola dalam permainan tenis meja.
Ø Peserta didik menggali informasi tentang teknik memegang
bet,servis dan memukul bola dalam permainan tenis meja.
Ø Peserta didik mendiskusikan untuk menentukan teknik memegang
bet,servis dan memukul bola dalam permainan tenis meja.
Ø Peserta didik menyampaikan pada kelompok lain dan menanggapinya
berkaitan dengan teknik memegang
bet,servis dan memukul bola dalam permainan tenis meja sesuai dan tidak sesuai.
Ø Peserta didik mencoba melakukan memegang bet,servis dan memukul bola
dalam permainan tenis meja secara berpasangan sesuai dengan aturan seperti
contoh Guru sebagai pembuktian rumusan
masalah/hipotesis
c.
Penutup
(10 menit)
Kegiatan
penutup terdiri atas:
1) Kegiatan
guru bersama peserta didik yaitu: (a) membuat rangkuman/simpulan pelajaran; (b)
melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan; dan (c)
memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; dan
2)Kegiatan
guru yaitu: (a) melakukan penilaian; (b) merencanakan kegiatan tindak lanjut
dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau
memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil
belajar peserta didik; dan (c) menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan
berikutnya.
2. Pertemuan Kedua:*)
a. Pendahuluan/Kegiatan
Awal (10 menit)
Dalam
kegiatan pendahuluan, guru:
1) Mengondisikan
suasana belajar yang menyenangkan;
2)Mendiskusikan
kompetensi yang sudah dipelajari dan dikembangkan sebelumnya berkaitan dengan
kompetensi yang akan dipelajari dan dikembangkan;
3)Menyampaikan
kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari;
4)Menyampaikan
garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan.
5)Menyampaikan
lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan.
b.
Kegiatan
Inti (70 menit)
1) Pembuktian.
Ø Peserta didik menilai cara
memegang bet,servis dan memukul bola dalam permainan tenis meja.yang dipraktekkan oleh peserta didik lain.
Ø Peserta didik mencoba
beberapa teknik memegang bet,servis dan memukul bola dalam permainan tenis meja
secara variasi dan kombinasi
2)
Menarik
kesimpulan/generalisasi
Ø Peserta
didik untuk menyajikan cara-cara melakukan teknik dasar tenis meja, Peserta
didik lain memberikan tanggapan terhadap demonstrasi yang dilakukan oleh
peserta didik lain
Ø Peserta
didik menerima tanggapan dari peserta didik lain dan guru.
Ø Peserta
didik memperbaiki hasil demonstrasi dalam melakukan teknik dasar memegang bet,servis
dan memukul bola
c.
Penutup
(10 menit),
Kegiatan
penutup terdiri atas:
1) Kegiatan
guru bersama peserta didik yaitu: (a) membuat rangkuman/simpulan pelajaran; (b)
melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan; dan (c)
memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; dan
2) Kegiatan
guru yaitu:
(a) melakukan penilaian;
(b)merencanakan kegiatan tindak lanjut
dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau
memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil
belajar peserta didik; dan
(c)menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan
berikutnya.
H. Media, Alat/Bahan, danSumberBelajar
1. Media: Proyektor, Laptop (Video Visual
Teknik Sepak
Bola)
2. Alat dan bahan : Bat, Meja tenis, net, bola tenis
meja
3. SumberBelajar : Buku PJOK kurikulum 2013
I. Penilaian
Pembelajaran, Remedial dan Pengayaan
1.
Teknik
Penilaian
a.
Tes
Tertulis
b.
Tes
Unjuk Kerja
(Terlampir)
2.
Instrumen
Penilaian
a.
Pertemuan
I (Teori)
b.
Pertemuan
II (Praktek)
(Terlampir)
3.
Pembelajaran
Remedial dan Pengayaan
a. Remidial
dilaksanakan apabila pencapaian hasil belajar peserta didik belum mencapai KKM
b. Pengayaan
dilaksanakan apabila pencapaian hasil belajar peserta didik sudah mencapai KKM,
tetapi peserta didik belum puas dengan hasil belajar yang dicapai
Mengetahui Kepsek Jakarta, - -2018
Guru mapel