Mengamati (Observing)
- Mengamati dilakukan antara lain dengan membaca,mendengar, atau mengamati fenomena (melibatkanpemanfaatan panca indera)
- Tumbuhnya ketelitian, kedisiplinan (berkaitan denganpemanfaatan waktu), dan kesabaran siswa dalam melihat suatu konteks.
- Proses menanya dilakukan melalui kegiatan diskusi atau kerja kelompok untuk membangunpengetahuan faktual,konseptual, prosedural tentang suatu hukum maupun teori hingga berfikir metakognitif
- Berkembangnya kreatifitas, rasa ingin tahu, dan kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membangun critical minds.
- Mengumpulkan informasi dilakukan melalui membaca, mengamati aktivitas, kejadian atau objek tertentu, memperoleh informasi, mengolah data, dan menyajikan hasilnya dalam bentuk tulisan, lisan, atau gambar.
- Meningkatkan keingintahuan siswa dalam mengembangkan kreativitas dan keterampilan berkomunikasi, mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan singkat dan jelas, serta mengembangkan kemampuan berbahasa yang baik dan benar.
Mengasosiasi (Associating)
- Mengasosiasi dilakukan melalui berbagai aktivitas, antara lain; menganalisis data, mengelompokkan, membuat kategori, menyimpulkan, dan memprediksi/mengestimasi untuk menemukan keterkaitan satu informasi denganinformasi lainnya dan menemukan pola dari keterkaitan informasi tersebut, kemampuan menerapkan prosedur dan berpikir induktif serta deduktif dalam menyimpulkan.
- Mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras.
Mengomunikasikan (Communicating)
- Mengomunikasikan dilakukan dalam bentuk kegiatanpublikasi (menyampaikan hasil konseptualisasi) tentang pengetahuan, keterampilan, dan penerapannya dalam bentuk lisan, tulisan, gambar/sketsa, diagram, atau grafik.
- Tumbuhnya sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan singkat dan jelas, dan mengembangkan kemampuan berbahasa yang baik dan benar.