Jaga kesehatanmu, karena ia yang akan mewadahi umur panjangmu." - Ali bin Abi Talibt

Teknik Penilaian ( ASESMEN )

 


Instrumen asesmen dapat dikembangkan berdasarkan teknik penilaian yang digunakan oleh guru. 

Berikut adalah beberapa contoh teknik asesmen yang dapat diadaptasi untuk Melakukan asesmen formatif ataupun somatif:


1. Observasi

Penilaian yang dilakukan secara berkesinambungan melalui pengamatan perilaku secara berkala. Observasi dapat difokuskan untuk semua murid maupun perindividu, observasi juga dapat dilakukan dalam tugas atau aktivitas rutin/harian.


2.     Kinerja

penilaian yang menuntut murid untuk mendemonstrasikan dan mengaplikasikan pengetahuannya ke dalam berbagai macam konteks sesuai dengan kriteria yang diinginkan. Asesmen kinerja dapat berupa praktik,menghasilkan produk,melakukan project atau membuat portofolio.


3.     Project

Kegiatan penilaian terhadap suatu tugas yang meliputi kegiatan perancangan, pelaksanaan dan pelaporan, yang harus  diselesaikan dalam periode/ waktu tertentu.


4.     Tes tertulis

Tes dengan soal dan jawaban yang disajikan secara tertulis, untuk mengukur atau memperoleh informasi tentang kemampuan murid. tes tertulis dapat berbentuk Essay, pilihan ganda, uraian atau bentuk-bentuk tes tertulis lainnya.


5.     Tes lisan

Pemberian soal/ pertanyaan yang menuntun murid untuk menjawab secara lisan dan dapat diberikan secara klasikal ( dilakukan untuk seluruh kelas/ kelompok besar) ketika pembelajaran.


6.     Penugasan

Pemberian tugas kepada murid untuk mengukur pengetahuan, serta memfasilitasi murid memperoleh atau meningkatkan pengetahuan.


7.     Portofolio

Kumpulan dokumen hasil penilaian, penghargaan dan karya murid dalam bidang tertentu yang mencerminkan perkembangannya secara menyeluruh( holistik) dalam kurun waktu tertentu.



Baca Juga :

Metode Pembelajaran

Asesmen Sumatif

Asesmen Formatif

Prinsip Penilaian (ASESMEN)


"Waktu dan kesehatan adalah dua aset berharga yang tidak dikenali dan dihargai sampai keduanya hilang." - Denis Waitley

Buku PJOK Kurikulum Merdeka

Referensi Bulanan

Trending Post