Kesehatan adalah mahkota yang dikenakan oleh orang sehat yang hanya terlihat oleh orang sakit

Penilaian Keterampilan dalam mata pelajaran PJOK

 


Penilaian keterampilan  merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mengukur kemampuanpeserta didik menerapkan pengetahuan dalam melakukan tugas tertentu.

  

Penilaian keterampilan terbagi menjadi 3 jenis yaitu:

 

(1). Unjuk Kerja/ Praktik  

Melalui penilaian kinerja peserta didik diminta mendemonstrasikan kinerjanya dalam aktivitas jasmani atau melaksanakan berbagai macam keterampilan gerak sesuai dengan kompetensi inti dan kompetensi dasar PJOK.

 

Penilaian kinerja ini dapat berupa penilaian terhadap kemampuan dalam menerapkan keterampilan dasar dalam aktivitas permainan bola besar dan bola kecil (sepakbola, bolabasket, bolavoli, bulu tangkis, tenis meja, kasti dan sebagainya), ke dalam permainan yang sesungguhnya.

 

Penilaian domain keterampilan dalam penilaian kinerja yang diterapkan pada pembelajaran PJOK akan sangat tergantung dari jenis keterampilan yang akan dinilai.

 

Instrumen yang dapat digunakan adalah lembar pengamatan berupa fortofolio tentang keterampilan tehnik dasar yang yang diamati atau tes standar keterampilan yang telah tersedia.

  

(2). Portofolio

Penilaian Portofolio adalah penilaian melalui sekumpulan karya peserta didik yang tersusun secara sistematis dan terorganisasi yang dilakukan selama kurun waktu tertentu.

 

Portofolio digunakan oleh guru dan peserta didik untuk memantau secara terus menerus perkembangan pengetahuan dan keterampilan peserta didik dalam bidang tertentu.

 

Dengan demikian penilaian portofolio memberikan gambaran secara menyeluruh tentang proses dan pencapaian hasil belajar peserta didik.

  

(3)  Project/ proyek

Projek adalah tugas-tugas belajar (learning tasks) yang meliputi kegiatan perancangan, pelaksanaan, dan pelaporan secara tertulis maupun lisan dalam waktu tertentu.

 

Penilaian projek merupakan kegiatan penilaian terhadap suatu tugas yang harus diselesaikan dalam periode atau waktu tertentu.

  

Tugas tersebut berupa suatu investigasi sejak dari perencanaan, pengumpulan, pengorganisasian,pengolahan dan penyajian data.

  

Penilaian projek dapat digunakan untuk mengetahui pemahaman, kemampuan mengaplikasikan, penyelidikan dan menginformasikan peserta didik pada mata pelajaran dan indikator/topik tertentu secara jelas.

  

 

Pada penilaian projek, setidaknya ada 3 (tiga) hal yang perlu dipertimbangkan:

 

(a) kemampuan pengelolaan: kemampuan peserta didik dalam memilih indikator/topik, mencari informasi dan mengelola waktu pengumpulan data serta penulisan laporan,

 

(b) relevansi, kesesuaian dengan mata pelajaran dan indikator/topik, dengan mempertimbangkan tahap pengetahuan, pemahaman dan keterampilan dalam pembelajaran, dan

 

(c) keaslian: proyek yang dilakukan peserta didik harus merupakan hasil karyanya, dengan mempertimbangkan kontribusi guru berupa petunjuk dan dukungan terhadap projek peserta didik.


Baca Juga :

Asesmen Formatif PJOK

Teknik Penilaian PJOK

Asesmen Sumatif PJOK

 


"Waktu dan kesehatan adalah dua aset berharga yang tidak dikenali dan dihargai sampai keduanya hilang." - Denis Waitley

Buku PJOK Kurikulum Merdeka

Literasi

Trending Post