Kegiatan pembelajaran menggunakan prinsip sebagai berikut.
1.Siswa difasilitasi untuk mencari tahu dan belajar dari berbagai sumber belajar.
2.Proses pembelajaran menggunakan pendekatan ilmiah, berbasis kompetensi, berbasis keterampilan aplikatif, dan terpadu.
3.Pembelajaran yang menekankan pada jawaban divergen yang memiliki kebenaran multi dimensi.
4.Peningkatan keseimbangan, kesinambungan, dan keterkaitan antara hard-skills dan soft-skills.
5.Pembelajaran yang mengutamakan pembudayaan dan pemberdayaan siswa sebagai pembelajar sepanjang hayat.
6.Pembelajaran yang menerapkan nilai-nilai dengan memberi keteladanan (ing ngarso sung tulodo), membangun kemauan(ing madyo mangun karso), dan mengembangkan kreativitas siswa dalam proses pembelajaran (tutwurihandayani);
7.Pembelajaran yang berlangsung di rumah, di sekolah, dan di masyarakat.
8.Pembelajaran yang menerapkan prinsip bahwa siapa saja adalah guru, siapa saja adalah siswa, dan di mana saja adalah kelas.
9.Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pembelajaran.
10.Pengakuan atas perbedaan individual dan latar belakang budaya siswa.
Baca Juga :