Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan

Ayo Giat Berolahraga Agar Tubuh Sehat dan bugar.

Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan

Tingkatkan Literasi Digital.

Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan

Gapai Impian dan Cita-Cita dengan Tubuh yang Bugar.

Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan

Rajin Olahraga bisa meningkatkan kualitas hidup.

Teori Pertumbuhan dan perkembangan Peserta Didik

 

  1.                             Teori Pertumbuhan dan perkembangan Peserta Didik


  2. Santrock (2011) memberikan pendapat yang lebih mendasar, yaitu bahwa perkembangan adalah pola perubahan yang dimulai sejak pembuahan dan berlanjut sepanjang rentang hidup. 

Disini Santrock mendefinisikan perkembangan tidak hanya dalam konteks evolusi, tetapi juga involusi
Pada awal kehidupan manusia yang berperan adalah evolusi, dari bayi tumbuh menjadi kakan-kanak kemudian dewasa. 
Sedangkan involusi lebih berperan pada akhir kehidupan, yaitu perubahan-perubahan yang bersifat mundur,ditandai dengan kemunduran fungsi alat-alat tubuh seperti pada system penglihatan, pendengaran dan system gerak.
Ada dua istilah yang sering muncul dalam perkembangan peserta didik sebagai individu ini, yaitu istilah pertumbuhan (growth) dan perkembangan (development). 
Istilah pertumbuhan menyatakan perubahan-perubahan yang bersifat fisik (kuantitatif) seperti berat dan tinggi badan, sedangkan perkembangan dititikberatkan pada aspek-aspek yang bersifat psikis (kualitatif). 
Berikut perbedaan antara pertumbuhan dan perkembangan memiliki beberapa aspek perbedaan seperti di terlihat pada tabel 1.
Tabel 1.
Perbedaan Pertumbuhan dan Perkembangan

Pertumbuhan

Perkembangan

Pertumbuhan merujuk kepada

perubahan khususnya aspek fisik

Perkembangan berkaitan dengan

organisma sebagai keseluruhan

Pertumbuhan merujuk kepada perubahan dalam ukuran yang menghasilkan pertumbuhan sel atau

peningkatan hubungan antar sel

Perkembangan merujuk pada kematangan struktur dan Fungsi

Pertumbuhan merujuk kepada

perubahan kuantitatif

Perkembangan merujuk perubahan kuantitatif 

dan kualitatif

Pertumbuhan tidak berlangsung

seumur hidup

Perkembangan merupakan

proses yang berkelanjutan

Pertumbuhan mungkin membawa

atau tidak membawa perkembangan

Perkembangan mungkin terjadi

tanpa pertumbuhan


Dengan demikian secara umum dapat dikatakan bahwa istilah pertumbuhan (growth) menyangkut peningkatan ukuran tubuh, sebagai hasil penyempurnaan bagian-bagian tubuh. 
Pertumbuhan adalah perubahan secara fisiologis sebagai hasil dari proses pematangan fungsi-fungsi fisik yang berlangsung secara normal pada anak yang sehat pada waktu yang normal. 
Sedangkan perkembangan (development) berkaitan dengan peningkatan kapasitas fungsi dan kemampuan kerja organ-organ tubuh. Dalam proses perkembangan dikenal istilah kematangan (maturation) yaitu peningkatan atau kemajuan yang bersifat kualitatif dalam hal perkembangan biologis.
Setelah terjadinya kematangan, akan diikuti denga penuaan (aging) yang merupakan proses penurunan kualitas organik yang diakibatkan karena bertambah usia. 
Perkembangan bersifat psikologi dan merupakan suatu proses yang dinamis, yang dalam proses tersebut sifat individu dan sifat lingkungan menentukan tingkah laku apa yang akan menjadi actual dan terwujud.
Pertumbuhan Peserta Didik
Pertumbuhan adalah perubahan secara fisiologis sebagai hasil dari proses pematangan fungsi-fungsi fisik yang berlangsung secara normal pada anak yang sehat pada waktu yang normal.
Hasil pertumbuhan antara lain bertambahnya ukuran kuantitatif badan anak, seperti berat, panjang, dan kekuatannya. Begitu pula pertumbuhan akan mencakup perubahan yang semakin sempurna pada sistem jaringan saraf dan perubahan-perubahan struktur jasmani lainnya. Dengan demikian, pertumbuhan dapat diartikan sebagai proses perubahan dan pematangan fisik. 
Perubahan yang terjadi pada pertumbuhan bersifat kuantitatif karena berkaitan dengan ukuran, dan volume. 
Masganti (2012) mengemukakan pertumbuhan dan perkembangan fisik seseorang sesuai dengan periode usia pertumbuhan yaitu:
Table 2.
Perbedaan umum pertumbuhan dan perkembangan anak laki dan perempuan

Anak Laki-laki

Anak Perempuan

Membutuhkan perhatian lebih banyak

Lebih Mandiri

Perkembangan fisik lebih lambat

Secara fisik lebih matang

Syaraf antara belahan otak kanan dan kiri dari anak laki terhubung lebih lama

dan berkembang lebih lambat.

Syaraf antara belahan otak 

kanan dan kiri dari 

anak perempuan terhubung

lebih awal dan berkembang 

lebih kuat.

Perkembangan otak anak laki-laki juga lebih lambat di daerah yang bernama frontal lobes (otak depan) sehingga anak laki-laki lebih “liar” dari anak perempuan

Perkembangan otak 

anak perempuan 

juga lebih cepat 

di daerah yang 

bernama frontal 

lobes(otakdepan) sehingga anak 

perempuan lebih 

cepat menerima 

aturan dibandingkan 

anak

laki-laki.

Lebih menyukai   permaina   dinamis

Lebih tenang

Lebih menyukai permainan 

tenang

Lebih agresif

Lebih tenang

Kurang peka terhadap rasa sakit

Lebih peka terhadap rasa

Kemampuan fisik berkaitan dengan keterampilan motorik yang berhubungan dengan anggota tubuh atau tindakan yang memerlukan koordinasi antara syaraf dan otak. 
Pada masa remaja terjadi perubahan fisik secara dramatis atau sering disebut dengan (growth spurt) yaitu percepatan pertumbuhan, dimana terjadi perubahan dan percepatan pertumbuhan diseluruh bagian dan dimensi fisik (Zigler & Stevenson, 1993), baik pertambahan berat dan tinggi badan, perubahan dalam proporsi dan bentuk tubuh, maupun pencapaian kematangan seksual (Papalia, Old & Feldman, 2008).
Pada dasarnya, perubahan fisik selama masa remaja dapat dibedakan dalam dua kategori, yaitu: perubahan yang besifat internal dan perubahan yang bersifat eksternalfisik selama masa remaja dapat dibedakan dalam dua kategori, yaitu: perubahan yang besifat internal dan perubahan yang bersifat eksternal.
Perubahan Internal
Perubahan ini merupakan perubahan yang terjadi dalam organ dalam tubuh remaja dan tidak tampak dari luar dan sangat mempengaruhi kepribadian remaja. 
Adapun perubahan tersebut, di antaranya adalah: 
(1) Sistem Pencernaan, 
(2) Sistem Peredaran Darah, 
(3) Sistem Pernafasan 
(4) Sistem Endokrin, 
(5) Jaringan Tubuh 
Perubahan Eksternal
Perubahan eksternal merupakan perubahan-perubahan pada tubuh remaja dimana perubahan tersebut dapat diamati. 
Adapun perubahan tersebut, di antaranya adalah:
(1) Tinggi Badan 
(2) Berat Badan, 
(3) Proporsi Tubuh, 
(4) Organ Seks, 
(5) Ciri-ciri Seks Sekunder
Baca Juga :
Faktor Kebugaran Jasmani
Pemeliharaan Kebugaran Jasmani
Manfaat Aktivitas Fisik Jangka Panjang
Pertumbuhan dan perkembangan fisik yang penting pada masa anak-anak awal ialah:

Perubahan tinggi badan. Tinggi badan anak rata-rata bertambah 3 (tiga) inci tiap tahun. Pada usia enam tahun tinggi badan anak anak rata-rata 46,6 inci. Kondisi memungkinkan anak untuk dapat berjalan dan berlari lebih cepat, memanjat, melompat, meloncat, dan berjalan di atas papan titian.

Perubahan berat badan. Berat badan anak rata-rata bertambah tiga sampai lima pon. Pada usia enam tahun berat badan laki-laki 49 pon dan berat badan anak perempuan 48,5 pon. Kondisi ini memungkinkan anak dapat mengangkat, melempar, dan menangkap benda.

Perbandingan tubuh. Anak usia dua sampai enam tahun cenderung berbentuk kerucut, dengan perut rata (tidak buncit), dada yang lebih bidang dan rata, bahu lebih luas dan persegi, lengan dan kaki lebih panjang dan lebih lurus, tangan dan kaki tumbuh lebih besar.

Postur tubuh. Perbedaan postur anak terlihat sejak masa anak-anak, ada yang yang gemuk (endomorfik), kuat berotot (mesomorfik), dan ada yang kurus (ektomorfik )Tulang dan otot. 

Otot anak berusia enam tahun menjadi lebih besar, lebih berat, dan lebih kuat, sehingga anak tampak lebih kurus meskpun berat badannya bertambah. Pertambahan berat tulang dan otot memungkinkan dapat belajar menarik garis, menulis, menggambar dan melukis dengan jari.Lemak. 

Anak yang gemuk (endomorfik) memiliki jaringan lemak yang lebih banyak, anak kuat berotot (mesomorfik) memiliki jaringan otot yang lebih banyak, dan anak kurus (ektomorfik) memiliki jaringan otot yang lebih kecil dan jaringan lemak yang lebih sedikit.

Pertumbuhan gigi. Anak-anak usia enam tahun mulai mengalami pergantian gigi susu.Pertumbuhan dan perkembangan fisik pada anak perempuan meliputi: 

(a) Pertumbuhan tulang-tulang (badan menjadi tinggi, anggota-anggota badan menjadi panjang), 
(b) Pertumbuhan payudara, 
(c) Pembesaran pinggul, 
(d) Tumbuh bulu yang halus berwarna gelap di kemaluan. 
(e) Mencapai pertumbuhan ketinggian badan yang maksimum setiap tahunnya. 
(f) Bulu kemaluan menjadi keriting. 
(g) Menstruasi atau haid. 
(h) Tumbuh bulu ketiak. 

Pertumbuhan dan perkembangan fisik pada anak laki-laki meliputi: 
(a) Pertumbuhan tulang-tulang. 
(b) Testis (buah pelir) membesar. 
(c) Tumbuh bulu kemaluan yang halus, lurus dan berwarna gelap. 
(d) Awal perubahan suara. 
(e) Ejakulasi (keluarnya air mani). 
(f) Bulu kemaluan menjadi keriting. 
(g) Pertumbuhan tinggi badan mencapai tingkat maksimum setiap tahunnya. - Tumbuh rambut-rambut halus di wajah (kumis, jenggot). 
(h) Tumbuh bulu ketiak. 
(i) Akhir perubahan suara. 
(j) Rambut-rambut di wajah bertambah tebal dan gelap. 
(k) Tumbuh bulu di dada.

Secara umum perbedaan pertumbuhan dan perkembangan fisik anak laki-laki dan perempuan adalah sebagai berikut:.

Contoh Bahan Ajar PJOK

BAHAN AJAR

Nama Sekolah       :

Mata Pelajaran     : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK)


Kelas / Semester    : XI/ Semester Genap


Materi Pokok        : Senam Lantai ( Roll depan )


Alokasi Waktu      : 2X 45 menit


  1. KOMPETENSI INTI (KI)

KI-1 dan KI-2:Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan kawasan internasional”.



KI 3: Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah




KI4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan



  1. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

Kompetensi Dasar (KD)

Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)



3.6 Menganalisis berbagai keterampilan rangkaian gerak yang lebih kompleks dalam aktivitas spesifik senam lantai


3.6.1 Memahami gerak roll depan pada aktifitas senam lantai



3.6.2 Menganalisis kesalahan yang dilakukan pada gerak Roll depan pada aktifitas senam lantai



3.6.3Memahami cara memperbaik kesalahan yang dilakukan pada gerak Roll depan



4.6    Mempraktikkan hasil analisis berbagai keterampilan rangkaian gerak yang lebih kompleks dalam aktivitas spesifik senam lantai





4.6.1Mempraktikkan hasil analisis gerak roll depan dalam aktivitas spesifik senam lantai

  1. Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:


  • Memahami gerak roll kedepan pada aktifitas senam lantai

  • Menganalisis kesalahan yang dilakukan pada gerak Roll depan

  • Memahami cara memperbaik kesalahan yang dilakukan pada gerak roll kedepan

  • Mempraktikkan hasil analisis gerak roll depan  dalam aktivitas spesifik senam lantai



  1.  MATERI  SENAM LANTAI (Guling Depan)




1.1.Ruang lingkup materi

Senam - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas[1]

Senam merupakan terjemahan dari bahasa inggris gymnastic,yang berasal dari Yunani gymnos yang artinya telanjang,senam dapat diartikan sebagai latihan jasmani yang dilakukan dengan sengaja, disusun secara sistematis, dan dilakukan dengan sadar dan tujuan tertentu.


Pertandingan senam dilakukan di Indonesia untuk pertama kali pada tahun 1963 menjelang dilangsungkannya GANEFO 

(Games of The New Emerging Force). 



Secara nasional, olahrga senam di pertandingkan di Indonesia sejak pekan Olahraga Nasional (PON) ke VII di Surabaya.



Dalam buku Senam Artistik yang ditulis Drs. Agus Mahendra, MA, FIG mengelompokan senam menjadi :


a. Senam artistik ( artistic gymnastics );


b. Senam ritmik sportif (sportive rhythmic gymnastics );


c. Senam akrobatik ( acrobatic gymnastics );


d. Senam aerobic sport ( sport aerobics );


e. Senam trampolin (trampolining );


f. Senam umum ( general gymnastics ).





Di SMK kelas XI ini anda akan mempelajari rangkaian gerak senam lantai guling depan serta tentang manfaat terhadap kebugaran dan kesehatan tubuh serta sikap serta nilai spiritual yang dikembangkan melalui keterampilan senam lantai.



Keterampilan senam lantai harus Anda pelajari dengan mengedepankan sikap kehidupan beragama (berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan), mencerminkan sikap dan perilaku sportif dalam bermain,bertanggung jawab dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.




serta menjaga keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar.Juga menghargai perbedaan karakteristik individu dalam melakukan berbagai aktivitas fisik, 




Menunjukkan kemauan kerja sama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik, toleransi dan mau berbagi dengan teman dalam melakukan berbagai aktivitas fisik, disiplin selama melakukan berbagai aktivitas fisik, mau menerima kekalahan dan kemenangan.


1.2 Konsep Senam Lantai

Roll depan pada hakekatnya merupakan serangkaian gerakan yang dijlankan dengan menggulungkan tubuh ke arah depan. Oleh karena itulah arti olahraga dengan teknik roll depan ini bisa dibilang cukup mudah dilakukan dan juga mengasyikan. 




Akan tetapi yang per diingat bahwa untuk mendapatkan manfaat bagi daya tahan tubuh, semua gerakan-gerakan roll depan harus dilakukan dengan teknik atau cara-cara yang benar, sehingga menghindari terjadinya cedera dan tidak membahayakan keselamatan.



Pada dasarnya gerakan roll adalah serangkaian keterampilan paling dasar dan mendasar dalam melakukan berbagai senam lantai. Oleh karenanya ada banyak variasi skill. 




Akan tetapi yang pasti gerakan roll depan mirip dengan membalik dalam kenyataan bahwa mereka adalah rotasi tubuh yang lengkap, tetapi rotasi roll depan biasanya dilakukan di tanah sementara flip dilakukan di udara dengan pinggul melewati kepala dan tanpa tangan menyentuh tanah.


1.3 Aktivitas Pembelajaran Senam Lantai[2]

  Pembelajaran guling ke depan

Pengertian Roll Depan, Cara Melakukan, dan Manfaatnya )


Cara Melakukan Roll Depan

Memulai gerakan roll depan dapat dilakukan dengan menggunakan dua jenis awalan, yaitu awalan dengan posisi jongkok dan berdiri. Berikut penjelasannya.




  1. Awalan dengan Posisi Jongkok

Adapun teknik dalam melakukan roll depan dengan awalan jongkok, yaitu:

  1. Pertama-tama, tubuh dalam posisi jongkok.


  2. Telapak tangan diletakkan pada lantai dengan posisi lebih depan dari telapak kaki.


  3. Pantat diangkat dan kepala diarahkan di antara kedua telapak tangan (seperti posisi sujud).


  4. Dagu ditempelkan pada dada, kemudian dorong kepala hingga masuk melewati kedua telapak tangan. Cara mendorongnya yaitu pantat diangkat lebih tinggi lagi sekaligus condong ke arah depan. 


  5. Tulang punggung bagian atas/pangkal leher ditempelkan ke lantai, lalu dorong tubuh ke arah depan, maka tubuh akan mengguling ke depan.


  6. Berikan energi dorongan menggunakan otot perut, sehingga setelah tubuh terguling, tubuh akan berposisi seperti posisi awal.



  1. Awalan dengan Posisi Berdiri

Sedangkan cara melakukan roll depan dengan awalan berdiri, yaitu:

  1. Pertama-tama, tubuh dalam posisi berdiri, lalu bungkukkan badan dan tempelkan kedua tangan ke lantai.


  2. Kepala ditundukkan hingga dagu menempel di dada.

  3. Badan diturunkan hingga sedikit rendah, kedua siku tangan akan tertekuk sampai membentuk sudut 45 derajad.


  4. Lakukan tolakan dengan menggunakan pergelangan kaki, sebelum tulang punggung atau pangkal leher menyentuh lantai, kedua tangan akan bertindk sebagai penahan tubuh sementara dan perlahan-lahan menurunkan tubuh



  5. (jika sudah terbiasa dan tidak takut lagi, proses yang satu ini tidak perlu sebab tubuh akan langsung diluncurkan ke depan dengan tulang punggung/pangkal leher menjadi tumpuan atau jalur tubuh menggelinding ke depan).

  6. Ketika tubuh sudah menggelinding kedepan, kedua telapak kaki menapak lantai, tubuh harus segera didorong untuk bangkit berdiri sesuai dengan posisi awal.


        





Klik Link untuk akses vidio guling depan

Cara melakukan roll depan (forward roll / guling depan) sikap awal[3]

How to Help the Front Roll (front roll)

YouTubePJOK - Roll Depan Roll Belakang - YouTube


“ Peserta didik setelah membaca dan mentonton vidio guling depan,setelah itu peserta didik diharapkan mampu menemukan kendala/kesalahan saat pertama melakukan gerakan rool depan,lalu menganalisanya untuk perbaikan gerakan serta menemukan cara mudah untuk melakukan rangkaian gerak senam lantai roll depan”.


1.4.Rangkuman

Senam merupakan terjemahan dari kata bahasa Inggris gymnastic yang berasal dari bahasa Yunani gymnos. 



Senam dapat diartikan sebagai latihan jasmani yang dilakukan dengan sengaja, disusun secara sistematis, dan dilakukan dengan sadar dengan tujuan tertentu.


Pertandingan senam internasional dilakukan di Indonesia untuk pertama kali pada tahun 1963, menjelang diberlangsungkannya GANEFO (Games Of The New Emerging Forces).


Gerak guling depan. Dalam Pembelajaran senam lantai mampu membentuk sikap: 


  • menghargai tubuh,  
  • syukur kepada Sang Pencipta, 
  • berperilaku sportif, 
  • bertanggung jawab, 
  • menghargai perbedaan karakteristik,  
  • menunjukkan kemauan bekerja sama, 
  • toleransi dan mau berbagi dengan teman, 
  • disiplin, 
  • menerima kekalahan dan kemenangan, dan 
  • mampu menganalisis variasi dan kombinasi keterampilan gerak serta mempraktikkan variasi dan kombinasi gerak senam lantai dengan baik.


1.5. Soal

1. Anggota tubuh pertama yang menyentuh matras pada gerakan guling ke depan adalah...


A. Kepala

B. Dahi

C. Badan

D. Tengkuk

E. Lehe




2. Senam yang membutuhkan gerakan keseimbangan, kekuatan, dan kelenturan adalah...


A. Senam lantai

B. Senam irama

C. Senam pagi

D. Senam kesegaran

E. Senam militer




3. Posisi yang akan membantu ketika menolong gerakan guling depan adalah...


A. Di depan yang melakukan guling

B. Di belakang yang melakukan guling

C. Di samping yang melakukan guling

D. Di sebelah kanan Matras

E. Di sebelah kiri matras



4. Berikut ini cara memberikan bantuan guling depan kecuali...


A. Tangan kanan pembantu memegang tengkuk

B. Tangan kiri pembantu mendorong paha dan pinggul

C. Pembantu menopang dan mendorong pinggul

D. Pembantu berdiri pada salah satu lutut

E. Waktu badan berguling membantu mengangkat pundaknya



5. Posisi akhir saat melakukan roll depan adalah...

A. Kedua kaki lurus

B. Kaki kiri lurus

C. Kaki kanan lurus

D. Sikap jongkok

E. Semua jawaban salah


1.6 Penutup

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas dapat kami simpulkan bahwa kegiatan Praktik gerak senam lantai guling depan sangat bermanfaat untuk peserta didik.

Selain itu, kegiatan Praktik gerak senam latai guling depan  juga dapat menjadi sarana untuk mengasah keterampilan peserta didik, di mana mereka bisa belajar tentang senam lantai guling depan. 

Serta sebagai ajang untuk melatih peserta didik menjadi generasi muda yang bertanggung jawab dan profesional.


Saran

Untuk melengkapi materi ini saya  akan menyampaikan beberapa saran yang mungkin bisa membantu mengisi kekurangan-kekurangan yang ada. Antara lain sebagai berikut:

Para peserta didik  bisa menguasai terlebih dahulu teori sebelum melaksanakan praktik senam

Utamakan keselamatan kerja

Gunakan waktu praktik sebaik mungkin

Jangan pernah merasa puas dengan hasil yang telah dicapai.

1.7. referensi / daftar pustaka

Sirodjudin. 1997. Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Bandung: PT GMP.

       Pengertian Roll Depan, Cara Melakukan, dan Manfaatnya


[1] "Senam - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas." https://id.wikipedia.org/wiki/Senam. Diakses pada 14 Agu. 2022.

[2] "Pengertian Roll Depan, Cara Melakukan, dan Manfaatnya." 9 Des. 2020, https://dosenpenjas.com/roll-depan/. Diakses pada 15 Agu. 2022.

[3] "How to Do Forward Rolls in Beginner Gymnastics - YouTube." 9 Jul. 2013, https://www.youtube.com/watch?v=_9HxqFzHAT4. Diakses pada 14 Agu. 2022.



"Waktu dan kesehatan adalah dua aset berharga yang tidak dikenali dan dihargai sampai keduanya hilang." - Denis Waitley