Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Ayo Giat Berolahraga Agar Tubuh Sehat dan bugar.
Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Tingkatkan Literasi Digital.
Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Gapai Impian dan Cita-Cita dengan Tubuh yang Bugar.
Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Rajin Olahraga bisa meningkatkan kualitas hidup.
Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Budayakan Hidup Sehat.
Fase belajar ketrampilan gerak
Tahapan ketrampilan gerak dasar
Pentahapan keterampilan gerak dasar itu berlangsung dalam sebuah kesinambungan.
Berikut adalah beberapa tahapan perkembangan keterampilan gerak pada anak, yaitu:
1. Tahap Awal
Demikian pula halnya dengan penguasaan irama. Koordinasinya juga masih kaku, dan bahkan belum tampak.
2. Tahap Elementer
Tahap elementer ini merupakan tahap peralihan antara
tahap awal dan tahap matang.
Pada tahap ini anak sudah memperlihatkan koordinasi dan irama gerak yang semakin meningkat. Namun demikian, gerakannya masih kaku dan kurang mulus.
3. Tahap Matang
Tahap matang ini berlangsung pada usia 6 atau 7 tahun,
sekitar usia pada kelas 1 dan 2 Sekolah Dasar.
4. Tahap Transisi
Dikatakan gerak dasar olahraga, sebab keterampilannya belum begitu kompleks.
Tahap ini terjadi pada usia sekitar 7 sampai 9 tahun.
Pada tahap ini beberapa cabang olahraga sudah mulai diperkenalkan kepada
anak-anak, walaupun mungkin dalam bentuk modifikasi permainan, baik alat,
sarana, atau bahkan peraturan permainannnya.
5. Tahap Penerapan
Pemilihan kekhususan itu, tentu saja dipengaruhi oleh
berbagai faktor, seperti kondisi geografis, perkembangan sosial dan emosional
anak, bentuk tubuh, maupun pengalaman
sebelumnya.
6. Tahap Pemanfaatan Keterampilan di Sepanjang Hayat
Baca Juga :
Keterampilan Gerak Dasar
a. Keterampilan Lokomotor (Locomotor skills)
Keterampilan lokomotor didefinisikan sebagai
keterampilan berpindahnya individu dari satu empat ke tempat yang lain.
Sebagian besar keterampilan lokomotor berkembang dari hasil dari tingkat kematangan tertentu, namun latihan dan pengalaman juga penting untuk mencapai kecakapan yang matang.
Keterampilan lokomotor misalnya berlari cepat, mencongklang, meluncur, dan melompat lebih sulit dilakukan karena merupakan kombinasi dari pola-pola gerak dasar yang lain.
Keterampilan lokomotor membentuk dasar atau landasan koordinasi gerak kasar (gross skill) dan melibatkan gerak otot besar.
b. Keterampilan Nonlokomotor (Nonocomotor skills)
Keterampilan nonlokomotor disebut juga keterampilan stabilitas (stability skill), didefinisikan sebagai gerakan-gerakan yang dilakukan dengan gerakan yang memerlukan dasar-dasar penyangga yang minimal atau tidak memerlukan penyangga sama sekali atau gerak tidak berpindah tempat, misalnya gerakan berbelok-belok, menekuk, mengayun, bergoyang.
Kemampuan melaksanakan keterampilan ini paralel dengan penguasaan keterampilan lokomotor.
c. Keterampilan Manipulaif (Manipulative skills)
Keterampilan manipulatif didefinisikan sebagai keterampilan yang melibatkan pengendalian atau kontrol terhadap objek tertentu, terutama dengan menggunakan tangan atau kaki.
Ada dua klasifikasi keterampilan manipulatif, yaitu :
(1) keterampilan reseptif (receptive skil); dan
(2) keterampilan propulsif (propulsive skill).
Keterampilan reseptif melibatkan gerakan menerima objek, misalnya menangkap, menjerat, sedangkan keterampilan propulsif bercirikan dengan suatu kegiatan yang membutuhkan gaya atau tenaga pada objek tertentu, misalnya melempar, memukul, menendang.
Walaupun sebagian besar keterampilan manipulatif menggunakan tangan dan kaki, tetapi bagian-bagian tubuh yang lain juga dapat digunakan.
Manipulasi terhadap objek tertentu mengarah pada koordinasi mata-tangan dan mata-kaki yang lebih baik, terutama penting untuk gerakan-gerakan yang mengikuti jalan atau alur (tracking) pada tempat terentu.
Keterampilan manipulatif merupakan dasar-dasar dari berbagai keterampilan permainan (game skill).
Gerakan yang memerlukan tenaga, seperti melempar, memukul, dan menendang dan gerakan menerima objek, seperti menangkap merupakan keterampilan yang penting yang dapat diajarkan dengan menggunakan berbagai jenis bola.
Baca Juga :
Klasifikasi Keterampilan Gerak
Soal PJOK SMA/SMK/MA kelas XI semester Genap
a. memutuskan apa yang harus diperbuat
b. menjaga lawan secara ketat
c. mencari waktu yang tepat untuk merebut bola
d. mencari cara untuk menyerang
e. semua jawaban benar
Jawaban: d
2. Tujuan dari pola pertahanan dalam permainan sepak bola adalah....
a. membantu pertahanan belakang
b. menahan bola dari serangan lawan
c. memberi peluang kepada lawan
d. memberi peluang agar lawan bertahan
e. memberikan perlawanan terhadap lawan
Jawaban: b
a. permulaan
b. bebas
c. sudut
d. gawang
e. penalti
Jawaban: a
4. Detik-detik terakhir menjelang permainan sepak bola berakhir adalah masa....
a. injury time
b. golden goal
c. sudden death
d. victory goal
e. full time
Jawaban: a
5. Overhead throw pada softball disebut....
a. ayunan
b. tangkapan
c. lemparan ke atas
d. lambungan
e. pukulan
Jawaban: c
6. Catcher pada softball bertugas untuk....
a. memukul bola
b. menendang bola
c. melempar bola
d. menjaga bola
e. menangkap bola
Jawaban: e
7. Gaya punting pada lompat tinggi disebut....
a. western roll
b. straddle
c. fosbury flop
d. scissors
e. fosbury kip
Jawaban: d
8. Aliran pencak silat Bakti Negara berasal dari daerah....
a. Bali
b. Jawa Baat
c. Jawa Tengah
d. Jawa Timur
e. Sumatra
Jawaban: a
9. Pencak silat merupakan olahraga bela diri perpaduan dari unsur....
a. kekuatan dan ketangkasan
b. seni dan bela diri
c. seni dan keindahan
d. kekuatan dan keindahan
e. seni dan kelembutan
Jawaban: b
10. Berikut ini hal-hal yang membuat batter menjadi base runner dalam permainan softball, kecuali....
a. memperoleh ball 4 kali
b. pukulan ke-3 tidak tertangkap catcher
c. berhasil memukul bola dan sah
d. diganggu oleh catcher pada waktu memukul
e. pukulan ke-2 langsung ditangkap catcher
Jawaban: d
a. dapat memukul dengan benar
b. dapat mematikan lawan
c. melakukan lemparan dengan benar
d. kembali ke home plate dengan pukulannya sendiri
e. kemblai ke home plate dengan pukulan sendiri dan temannya
Jawaban: b
12. Panjang mistar dalam lompat tinggi adalah....
a. 3,64 – 4,00 m
b. 4,00 – 5,400 m
c. 4,44 – 5,00 m
d. 5,00 – 5, 44 m
e. 5,54 – 6,00 m
Jawaban: a
13. Sikap permulaan dalam melakukan gerakan hand stand adalah....
a. kaki kangkang
b. jongkok
c. telentang
d. membungkuk
e. berdiri tegak
Jawaban: b
14. Untuk menjadi pelompat tinggi yang berprestasi dibutuhkan kekuatan otot...
a. perut dan tangan
b. perut dan leher
c. perut dan kaki
d. tangan dan kaki
e. leher dan kaki
Jawaban: c
a. tangkisan
b. tendangan
c. tumpuan gerakan
d. penghormatan
e. pembelaan
Jawaban: c
16. Gerakan yang diawali dengan posisi kayang dilanjutkan hand stand sebentar kemudian langsung berdiri tegak disebut....
a. salto
b. flic-flac
c. walkover
d. tiger spring
e. vaulting
Jawaban: b
17. Kelas paling kecil atau rendah untuk atlet pencak silat kelas dewasa adalah....
a. 35-40 kg
b. 40-45 kg
c. 45-50 kg
d. 50-55 kg
e. 55-60 kg
Jawaban: c
18. Prinsip dari latihan kecepatan adalah beban harus selalu....
a. berkurang
b. bertambah
c. tetap
d. sangat berat
e. terlalu berat
Jawaban: b
19. Berdiri seperti kapal terbang merupakan bentuk latihan....
a. flexibility
b. speed
c. agility
d. balance
e. power
Jawaban: d
20. Senam (gymnos) berasal dari bahasa....
a. Athena
b. Romawi
c. Yunani
d. Swedia
e. Sparta
Jawaban: c
21. Loncat kangkang dilakukan oleh pesenam dengan diawali gerakan....
a. melayang
b. mendarat
c. berlari
d. menolak
e. berputar
Jawaban: d
22. Lebar jalur lintasan kolam renang adalah...
a. 6,5 meter
b. 5,5 meter
c. 4,5 meter
d. 3,5 meter
e. 2,5 meter
Jawaban: e
23. Fungsi utama kaki dalam renang gaya bebas adalah sebagai....
a. stabilisator
b. tarikan
c. sumbu putar
d. penarik
e. penggerak
Jawaban: e
24. Pendakian pada tebing-tebing yang sulit dan jarang tempat untuk berpijak disebut....
a. free climbing
b. artificial climbing
c. snow climbing
d. ice climbing
e. rock climbing
Jawaban: b
25. Waktu bebas/tidak terikat digunakan untuk beristirahat atau rekreasi disebut juga....
a. hari libur
b. waktu luang
c. hari bebas
d. waktu libur
e. waktu kerja
Jawaban: b
Nutrisi yang dapat meningkatkan sistem imun
Defisiensi zat besi dapat menghambat respon imun dan berkaitan dengan menurunnya fungsi pagositas untuk melawan jamur.
Kekurangan zat besi juga bisa menyebabkan anemia dan memicu komplikasi lain seperti tachycardia dan restelss legs syndrome.
Vitamin yang dapat meningkatkan sistem imun
Kebiasaan buruk bagi kesehatan
Gerak dasar kebugaran jasmani
Faktor kesehatan
5. Selenium
Selenium merupakan faktor nutrisi tunggal paling penting bagi keberlangsungan
hidup penderita AIDS. Selenium pun dapat melindungi kita dari kerusakan jantung
akibat cytomegalovirus.
Defisiensi selenium bahkan diduga dapat menyebabkan virus bermutasi menjadi lebih berbahaya.
7. Arginine
Asam amino l-arginine mampu meningkatkan respon sel T yang diperlukan dalam
autoimune. Nutrisi ini juga dapat mempercepat pemulihan setelah menjalani
operasi serta pengobatan kanker dan AIDS.
Namun, anda perlu berhati-hati karena kadar arginine yang sangat tinggi dapat bersaing dengan lisin, asam amino yang menjaga tubuh dari virus.
8. Alkilgliserol (AKG)
AKG dapat meningkatkan produksi sel-sel darah putih,total antioksidan dalam
darah, serta respon alami tubuh dalam melawan bakteri dan jamur.
Nutrisi yang banyak terdapat di liver ikan hiu ini telah digunakan selama lebih dari 50 tahun di Eropa dalam pengobatan dan pencegahan kanker. AKG pun banyak dipakai untuk melawan infeksi dan gangguan pernafasan.
11. Fitonutrien
Fitonutrien merupakan senyawa bioaktif yang dapat ditemukan dari tumbuhan.
Senyawa ini dihasilkan tumbuhan untuk melindungi dirinya dari virus, bakteri,
dan jamur.
Mengonsumsi makanan kaya fitonutrien diyakini dapat meningkatkan sistem imun dan mengeluarkan karsinogen dari tubuh.
-
Daya tahan tubuh adalah salah satu faktor utama yang menentukan seberapa baik kita dapat menjalani aktivitas fisik dan menghadapi tantangan ...
-
Meningkatkan konsentrasi dan fokus sangat penting untuk produktivitas dan kualitas hidup. Konsentrasi yang baik membantu kita bekerja lebih ...
-
Renang adalah salah satu olahraga yang dikenal sebagai latihan penuh tubuh, yang menawarkan berbagai manfaat kesehatan baik fisik maupun men...
-
Berjalan kaki adalah aktivitas fisik sederhana yang dapat dilakukan oleh siapa saja, kapan saja, dan di mana saja. Meskipun terlihat sepele,...
-
Pembelajaran yang efektif tidak hanya berfokus pada transfer informasi tetapi juga pada bagaimana siswa bisa benar-benar memahami, merasakan...
-
Vaksinasi merupakan salah satu langkah paling efektif dalam pencegahan penyakit menular, terutama pada anak-anak. Di masa tumbuh kembang, an...
-
Perkembangan anak ibarat taman; ia membutuhkan kondisi yang tepat agar dapat tumbuh subur. Sama seperti tanaman yang membutuhkan sinar matah...
-
Begadang atau terjaga hingga larut malam telah menjadi kebiasaan umum di kalangan pria, terutama bagi mereka yang bekerja dengan jadwal pada...
-
Memberikan obat kepada anak-anak, terutama yang masih kecil, membutuhkan perhatian dan ketelitian yang ekstra. Anak-anak bukanlah "oran...
-
Sayuran hijau telah lama dikenal sebagai bagian penting dari pola makan sehat. Mengandung berbagai nutrisi esensial dan senyawa bioaktif, sa...
BUKU PJOK SMK / SMA Kurikulum 13
Literasi
-
Daya tahan tubuh adalah salah satu faktor utama yang menentukan seberapa baik kita dapat menjalani aktivitas fisik dan menghadapi tantangan ...
-
Meningkatkan konsentrasi dan fokus sangat penting untuk produktivitas dan kualitas hidup. Konsentrasi yang baik membantu kita bekerja lebih ...
-
Renang adalah salah satu olahraga yang dikenal sebagai latihan penuh tubuh, yang menawarkan berbagai manfaat kesehatan baik fisik maupun men...
-
Berjalan kaki adalah aktivitas fisik sederhana yang dapat dilakukan oleh siapa saja, kapan saja, dan di mana saja. Meskipun terlihat sepele,...
-
Pembelajaran yang efektif tidak hanya berfokus pada transfer informasi tetapi juga pada bagaimana siswa bisa benar-benar memahami, merasakan...
-
Vaksinasi merupakan salah satu langkah paling efektif dalam pencegahan penyakit menular, terutama pada anak-anak. Di masa tumbuh kembang, an...
-
Perkembangan anak ibarat taman; ia membutuhkan kondisi yang tepat agar dapat tumbuh subur. Sama seperti tanaman yang membutuhkan sinar matah...
-
Begadang atau terjaga hingga larut malam telah menjadi kebiasaan umum di kalangan pria, terutama bagi mereka yang bekerja dengan jadwal pada...
-
Memberikan obat kepada anak-anak, terutama yang masih kecil, membutuhkan perhatian dan ketelitian yang ekstra. Anak-anak bukanlah "oran...
-
Sayuran hijau telah lama dikenal sebagai bagian penting dari pola makan sehat. Mengandung berbagai nutrisi esensial dan senyawa bioaktif, sa...
Trending Post
-
Mengelola asupan gula dalam diet harian adalah langkah penting untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Meskipun gula memberikan ...
-
Vaksinasi merupakan salah satu langkah paling efektif dalam pencegahan penyakit menular, terutama pada anak-anak. Di masa tumbuh kembang, an...
-
S oal pilihan ganda tentang sepak bola untuk tingkat fase E beserta jawabannya: 1. Apa tujuan utama dari permainan sepak bola? a) Menceta...
-
Pembelajaran yang efektif tidak hanya berfokus pada transfer informasi tetapi juga pada bagaimana siswa bisa benar-benar memahami, merasakan...
-
Tertawa bukan hanya ekspresi kebahagiaan, tetapi juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan mental dan fisik kita. Artikel berikut ini aka...
-
Penyakit Obstruksi Paru Kronis (PPOK) adalah salah satu kondisi kesehatan yang paling umum tetapi sering kali tidak disadari hingga mencapai...
-
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Nama Sekolah : SMKN 1 SINGKIL UTARA Mata Pelajaran : PJOK Komp. Keahlian : Kelas...
-
Diet adalah pola makan tertentu yang dilakukan dengan tujuan untuk mencapai atau menjaga berat badan yang sehat dan memperbaiki ...
-
Kanker adalah salah satu penyakit yang paling umum dan menyerang manusia, serta menjadi penyebab kematian terbanyak di dunia. Kanker adalah ...
-
Daya tahan tubuh adalah salah satu faktor utama yang menentukan seberapa baik kita dapat menjalani aktivitas fisik dan menghadapi tantangan ...