Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Ayo Giat Berolahraga Agar Tubuh Sehat dan bugar.
Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Tingkatkan Literasi Digital.
Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Gapai Impian dan Cita-Cita dengan Tubuh yang Bugar.
Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Rajin Olahraga bisa meningkatkan kualitas hidup.
Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Budayakan Hidup Sehat.
Pola Hidup Sehat Melawan Virus Corona (COVID-19)
Pukulan dalam permainan tenis meja
Teknik Memukul dalam permainan tenis meja ada beberapa model saat memukul bola pimpong(tenis meja).
Bicara tentang teknik dasar, maka dalam tenis meja pun kita perlu belajar 2 teknik memukul yang mendasar, yakni :
- Forehand
- Backhand.
Jika ingin bola melaju keras, maka pukulan forehand-lah yang digunakan, sementara untuk pukulan topspin dan backspin yang mudah, maka pukulan backhand-lah yang digunakan.
Kelainan gerak
Manusia mempunyai gangguan gerak yang bisa disebut"kelainan gerakan" mengacu pada sekelompok kondisi sistem saraf (neurologis) yang menyebabkan peningkatan gerakan abnormal, yang mungkin bersifat sukarela atau tidak sukarela. Gangguan gerakan juga bisa menyebabkan gerakan berkurang atau lambat.
Jenis-jenis gangguan pergerakan yang umum termasuk:
Ataxia. Gangguan gerakan ini memengaruhi bagian otak yang mengontrol gerakan terkoordinasi (otak kecil). Ataksia dapat menyebabkan keseimbangan yang tidak terkoordinasi atau canggung, gerakan bicara atau anggota gerak, dan gejala lainnya.
Distonia serviks. Kondisi ini menyebabkan kontraksi jangka panjang (kejang) atau kontraksi otot leher yang intermiten, menyebabkan leher berubah dengan cara yang berbeda.
Chorea. Chorea ditandai dengan gerakan berulang, singkat, tidak teratur, agak cepat, dan tidak disengaja yang biasanya melibatkan wajah, mulut, batang tubuh dan anggota tubuh.
Dystonia. Kondisi ini melibatkan kontraksi otot involunter yang berkelanjutan dengan gerakan memutar yang berulang-ulang.Dystonia dapat mempengaruhi seluruh tubuh (general distonia) atau satu bagian tubuh (distonia fokus).
Gangguan gerakan fungsional. Kondisi ini mungkin menyerupai salah satu kelainan gerakan, tetapi bukan karena penyakit neurologis.
Penyakit Huntington. Ini adalah kelainan bawaan, kelainan neurodegeneratif yang menyebabkan gerakan yang tidak terkontrol (chorea), gangguan kemampuan kognitif dan kondisi kejiwaan.
Atrofi beberapa sistem. Gangguan neurologis progresif yang tidak biasa ini memengaruhi banyak sistem otak. Multiple system atrophy menyebabkan gangguan gerakan, seperti ataksia atau parkinsonisme.Ini juga dapat menyebabkan tekanan darah rendah dan gangguan fungsi kandung kemih.
Myoclonus. Kondisi ini menyebabkan sentakan otot yang cepat atau sekelompok otot.
Penyakit Parkinson. Gangguan neurodegeneratif yang progresif dan lambat ini menyebabkan tremor, kekakuan (rigiditas), gerakan lambat yang menurun (bradikinesia) atau ketidakseimbangan. Ini juga dapat menyebabkan gejala tidak bergerak lainnya.
Parkinsonisme. Parkinsonisme menggambarkan sekelompok kondisi yang memiliki gejala yang mirip dengan penyakit Parkinson.
Kelumpuhan supranuklear progresif. Ini adalah kelainan neurologis langka yang menyebabkan masalah dengan berjalan, keseimbangan dan gerakan mata. Ini mungkin menyerupai penyakit Parkinson tetapi merupakan kondisi yang berbeda.
Sindrom kaki gelisah. Gangguan gerakan ini menyebabkan perasaan tidak menyenangkan dan tidak normal pada kaki saat bersantai atau berbaring, sering kali lega dengan gerakan.
Tardive dyskinesia. Kondisi neurologis ini disebabkan oleh penggunaan jangka panjang obat-obatan tertentu yang digunakan untuk mengobati kondisi kejiwaan (obat neuroleptik). Tardive dyskinesia menyebabkan gerakan berulang dan tidak disengaja seperti meringis, mata berkedip dan gerakan lainnya.
Sindrom Tourette. Ini adalah kondisi neurologis yang dimulai antara masa kanak-kanak dan remaja dan dikaitkan dengan gerakan berulang (tics motorik) dan suara vokal (tics vokal).
Getaran. Gangguan pergerakan ini menyebabkan goncangan ritme tubuh yang tidak disengaja, seperti tangan, kepala atau bagian tubuh lainnya. Jenis yang paling umum adalah tremor esensial.
Penyakit Wilson. Ini adalah kelainan bawaan langka yang menyebabkan jumlah tembaga berlebihan menumpuk di dalam tubuh, menyebabkan masalah neurologis.
Baca Juga :
Prosedur Mengajar Gaya Latihan
Prosedur Pembelajaran dengan Gaya Latihan |
Dalam gaya latihan, ada beberapa keputusan selama pertemuan berlangsung yang dipindahkan dari guru ke siswa. Pergeseran keputusan ini memberi peranan dan perangkat tanggungjawab baru kepada siswa.
1. Lembaran tugas atau kartu gaya latihan dibuat untuk meningkatkan efisiensi gaya latihan. Ini dapat didesain untuk ditempatkan didinding atau dibuat untuk masing-masing siswa.
(1)Membantu siswa untuk mengingat tugasnya (apa yang harus dilakukan dan bagaimana melakukannya).
(2)Mengurangipengulangan penjelasan oleh guru.
(3)Mengajar siswa tentang bagaimana mengikuti tanggung jawab tertulis untuk menyelesaikan tugas-tugas.
(4) Untuk mencatat kesempatan mengabaikan peragaan dan penjelasan oleh siswa, dan kemudian guru harus menyisihkan waktu lagi untuk mengulangi penjelasan yang telah diberikan. Manipulasi siswa secara demikian akan mengurangi interaksi guru dalam
(a) meningkatkan tanggung jawab siswa,
(b) guru mengarahkan perhatian siswa kepada keterangan di lembaran tugas dan pada tugas-tugas lain yang harus dilakukan
2. Desain lembaran tugas
(1) Berisi keterangan yang diperlukan mengenai apa yang harus dilakukan dan bagaimana melakukannya, dengan berfokus pada tugas.
(2) Merinci tugas-tugas khusus
(3) Menyatakan banyaknya tugas”
(a) Ulangan
(b) Jarak
(4) Memberi arah bagi siswa dalam melaksanakan tugas.
(5) Kriteria yang didasarkan atas hasil yang dapat diketahui dan dilihat oleh siswa.
3. Rencana keseluruhan pelajaran
(1) Memberikan rencana keseluruhan untuk episode-episode (unit-unit) yang akan diajarkan.
(2) Kalau lembaran tugas telah merinci tugas-tugas bagi siswa, maka rencana pelajaran yang akan diberikan oleh guru tentang semua keterangan yang akan diberikan oleh guru tentang semua keterangan yang diberikan oleh guru tentang semua keterangan yang diperlukan untuk memimpin kelas.
(3) Apabila kelak Anda akan mengajar di kelas ini Anda perlu merencanakan pelajaran dan lembaran tugas bagi siswa.
(4) Lembaran tugas terlampir dapat dipakai sebagai contoh format.
(5) Komponen-komponen Rencana Pelajaran terdiri dari :
(a) Rencana: tanggal, waktu, nama: semua harus jelas.
(b) Tekanan pelajaran: harus disebutkan semua kegiatan yang akan diajarkan.
(c) Peralatan: semua yang diperlukan dalam pelajaran.
(d) Alat bantu mengajar: apa yang dibutuhkan guru selain alat-alat kegiatan seperti proyektor, lembaran tugas, dan lain-lain.
(e) Sasaran penampilan: dinyatakan dengan jelas dengan memakai istilah-istilah penampilan (operasional) tentang apa yang diharapkan untuk dapat dilakukan pada akhir pelajaran.
(f) Penilaian penampilan: bagaimana mengukur sasaran yang telah dicapai.
(g) Nomor sasaran: Penjelasan harus sesuai dengan sasaran penampilan yang dimaksud.
(h) Isi = kegiatan: Prosedur = peragaan, penjelasan, Organisasi = pengaturan peralatan dan siswa, langkah-langkah dalam tiap episode, Diagram = Memperlihatkan pengaturan logistik.
(i) Waktu yang diperkirakan: beberapa banyak waktu yang diperlukan untuk setiap komponen pelajaran.
(j) Butir-butir pelajaran penting: petunjuk bagi guru tentang konsep, pemikiran dan keterangan, untuk ditekankan dan jangan lupa untuk dimasukkan.
Baca Juga :
Fase belajar ketrampilan gerak
Tahapan ketrampilan gerak dasar
Pentahapan keterampilan gerak dasar itu berlangsung dalam sebuah kesinambungan.
Berikut adalah beberapa tahapan perkembangan keterampilan gerak pada anak, yaitu:
1. Tahap Awal
Demikian pula halnya dengan penguasaan irama. Koordinasinya juga masih kaku, dan bahkan belum tampak.
2. Tahap Elementer
Tahap elementer ini merupakan tahap peralihan antara
tahap awal dan tahap matang.
Pada tahap ini anak sudah memperlihatkan koordinasi dan irama gerak yang semakin meningkat. Namun demikian, gerakannya masih kaku dan kurang mulus.
3. Tahap Matang
Tahap matang ini berlangsung pada usia 6 atau 7 tahun,
sekitar usia pada kelas 1 dan 2 Sekolah Dasar.
4. Tahap Transisi
Dikatakan gerak dasar olahraga, sebab keterampilannya belum begitu kompleks.
Tahap ini terjadi pada usia sekitar 7 sampai 9 tahun.
Pada tahap ini beberapa cabang olahraga sudah mulai diperkenalkan kepada
anak-anak, walaupun mungkin dalam bentuk modifikasi permainan, baik alat,
sarana, atau bahkan peraturan permainannnya.
5. Tahap Penerapan
Pemilihan kekhususan itu, tentu saja dipengaruhi oleh
berbagai faktor, seperti kondisi geografis, perkembangan sosial dan emosional
anak, bentuk tubuh, maupun pengalaman
sebelumnya.
6. Tahap Pemanfaatan Keterampilan di Sepanjang Hayat
Baca Juga :
Keterampilan Gerak Dasar
a. Keterampilan Lokomotor (Locomotor skills)
Keterampilan lokomotor didefinisikan sebagai
keterampilan berpindahnya individu dari satu empat ke tempat yang lain.
Sebagian besar keterampilan lokomotor berkembang dari hasil dari tingkat kematangan tertentu, namun latihan dan pengalaman juga penting untuk mencapai kecakapan yang matang.
Keterampilan lokomotor misalnya berlari cepat, mencongklang, meluncur, dan melompat lebih sulit dilakukan karena merupakan kombinasi dari pola-pola gerak dasar yang lain.
Keterampilan lokomotor membentuk dasar atau landasan koordinasi gerak kasar (gross skill) dan melibatkan gerak otot besar.
b. Keterampilan Nonlokomotor (Nonocomotor skills)
Keterampilan nonlokomotor disebut juga keterampilan stabilitas (stability skill), didefinisikan sebagai gerakan-gerakan yang dilakukan dengan gerakan yang memerlukan dasar-dasar penyangga yang minimal atau tidak memerlukan penyangga sama sekali atau gerak tidak berpindah tempat, misalnya gerakan berbelok-belok, menekuk, mengayun, bergoyang.
Kemampuan melaksanakan keterampilan ini paralel dengan penguasaan keterampilan lokomotor.
c. Keterampilan Manipulaif (Manipulative skills)
Keterampilan manipulatif didefinisikan sebagai keterampilan yang melibatkan pengendalian atau kontrol terhadap objek tertentu, terutama dengan menggunakan tangan atau kaki.
Ada dua klasifikasi keterampilan manipulatif, yaitu :
(1) keterampilan reseptif (receptive skil); dan
(2) keterampilan propulsif (propulsive skill).
Keterampilan reseptif melibatkan gerakan menerima objek, misalnya menangkap, menjerat, sedangkan keterampilan propulsif bercirikan dengan suatu kegiatan yang membutuhkan gaya atau tenaga pada objek tertentu, misalnya melempar, memukul, menendang.
Walaupun sebagian besar keterampilan manipulatif menggunakan tangan dan kaki, tetapi bagian-bagian tubuh yang lain juga dapat digunakan.
Manipulasi terhadap objek tertentu mengarah pada koordinasi mata-tangan dan mata-kaki yang lebih baik, terutama penting untuk gerakan-gerakan yang mengikuti jalan atau alur (tracking) pada tempat terentu.
Keterampilan manipulatif merupakan dasar-dasar dari berbagai keterampilan permainan (game skill).
Gerakan yang memerlukan tenaga, seperti melempar, memukul, dan menendang dan gerakan menerima objek, seperti menangkap merupakan keterampilan yang penting yang dapat diajarkan dengan menggunakan berbagai jenis bola.
Baca Juga :
Klasifikasi Keterampilan Gerak
Soal PJOK SMA/SMK/MA kelas XI semester Genap
a. memutuskan apa yang harus diperbuat
b. menjaga lawan secara ketat
c. mencari waktu yang tepat untuk merebut bola
d. mencari cara untuk menyerang
e. semua jawaban benar
Jawaban: d
2. Tujuan dari pola pertahanan dalam permainan sepak bola adalah....
a. membantu pertahanan belakang
b. menahan bola dari serangan lawan
c. memberi peluang kepada lawan
d. memberi peluang agar lawan bertahan
e. memberikan perlawanan terhadap lawan
Jawaban: b
a. permulaan
b. bebas
c. sudut
d. gawang
e. penalti
Jawaban: a
4. Detik-detik terakhir menjelang permainan sepak bola berakhir adalah masa....
a. injury time
b. golden goal
c. sudden death
d. victory goal
e. full time
Jawaban: a
5. Overhead throw pada softball disebut....
a. ayunan
b. tangkapan
c. lemparan ke atas
d. lambungan
e. pukulan
Jawaban: c
6. Catcher pada softball bertugas untuk....
a. memukul bola
b. menendang bola
c. melempar bola
d. menjaga bola
e. menangkap bola
Jawaban: e
7. Gaya punting pada lompat tinggi disebut....
a. western roll
b. straddle
c. fosbury flop
d. scissors
e. fosbury kip
Jawaban: d
8. Aliran pencak silat Bakti Negara berasal dari daerah....
a. Bali
b. Jawa Baat
c. Jawa Tengah
d. Jawa Timur
e. Sumatra
Jawaban: a
9. Pencak silat merupakan olahraga bela diri perpaduan dari unsur....
a. kekuatan dan ketangkasan
b. seni dan bela diri
c. seni dan keindahan
d. kekuatan dan keindahan
e. seni dan kelembutan
Jawaban: b
10. Berikut ini hal-hal yang membuat batter menjadi base runner dalam permainan softball, kecuali....
a. memperoleh ball 4 kali
b. pukulan ke-3 tidak tertangkap catcher
c. berhasil memukul bola dan sah
d. diganggu oleh catcher pada waktu memukul
e. pukulan ke-2 langsung ditangkap catcher
Jawaban: d
a. dapat memukul dengan benar
b. dapat mematikan lawan
c. melakukan lemparan dengan benar
d. kembali ke home plate dengan pukulannya sendiri
e. kemblai ke home plate dengan pukulan sendiri dan temannya
Jawaban: b
12. Panjang mistar dalam lompat tinggi adalah....
a. 3,64 – 4,00 m
b. 4,00 – 5,400 m
c. 4,44 – 5,00 m
d. 5,00 – 5, 44 m
e. 5,54 – 6,00 m
Jawaban: a
13. Sikap permulaan dalam melakukan gerakan hand stand adalah....
a. kaki kangkang
b. jongkok
c. telentang
d. membungkuk
e. berdiri tegak
Jawaban: b
14. Untuk menjadi pelompat tinggi yang berprestasi dibutuhkan kekuatan otot...
a. perut dan tangan
b. perut dan leher
c. perut dan kaki
d. tangan dan kaki
e. leher dan kaki
Jawaban: c
a. tangkisan
b. tendangan
c. tumpuan gerakan
d. penghormatan
e. pembelaan
Jawaban: c
16. Gerakan yang diawali dengan posisi kayang dilanjutkan hand stand sebentar kemudian langsung berdiri tegak disebut....
a. salto
b. flic-flac
c. walkover
d. tiger spring
e. vaulting
Jawaban: b
17. Kelas paling kecil atau rendah untuk atlet pencak silat kelas dewasa adalah....
a. 35-40 kg
b. 40-45 kg
c. 45-50 kg
d. 50-55 kg
e. 55-60 kg
Jawaban: c
18. Prinsip dari latihan kecepatan adalah beban harus selalu....
a. berkurang
b. bertambah
c. tetap
d. sangat berat
e. terlalu berat
Jawaban: b
19. Berdiri seperti kapal terbang merupakan bentuk latihan....
a. flexibility
b. speed
c. agility
d. balance
e. power
Jawaban: d
20. Senam (gymnos) berasal dari bahasa....
a. Athena
b. Romawi
c. Yunani
d. Swedia
e. Sparta
Jawaban: c
21. Loncat kangkang dilakukan oleh pesenam dengan diawali gerakan....
a. melayang
b. mendarat
c. berlari
d. menolak
e. berputar
Jawaban: d
22. Lebar jalur lintasan kolam renang adalah...
a. 6,5 meter
b. 5,5 meter
c. 4,5 meter
d. 3,5 meter
e. 2,5 meter
Jawaban: e
23. Fungsi utama kaki dalam renang gaya bebas adalah sebagai....
a. stabilisator
b. tarikan
c. sumbu putar
d. penarik
e. penggerak
Jawaban: e
24. Pendakian pada tebing-tebing yang sulit dan jarang tempat untuk berpijak disebut....
a. free climbing
b. artificial climbing
c. snow climbing
d. ice climbing
e. rock climbing
Jawaban: b
25. Waktu bebas/tidak terikat digunakan untuk beristirahat atau rekreasi disebut juga....
a. hari libur
b. waktu luang
c. hari bebas
d. waktu libur
e. waktu kerja
Jawaban: b
-
Daya tahan tubuh adalah salah satu faktor utama yang menentukan seberapa baik kita dapat menjalani aktivitas fisik dan menghadapi tantangan ...
-
Meningkatkan konsentrasi dan fokus sangat penting untuk produktivitas dan kualitas hidup. Konsentrasi yang baik membantu kita bekerja lebih ...
-
Renang adalah salah satu olahraga yang dikenal sebagai latihan penuh tubuh, yang menawarkan berbagai manfaat kesehatan baik fisik maupun men...
-
Berjalan kaki adalah aktivitas fisik sederhana yang dapat dilakukan oleh siapa saja, kapan saja, dan di mana saja. Meskipun terlihat sepele,...
-
Pembelajaran yang efektif tidak hanya berfokus pada transfer informasi tetapi juga pada bagaimana siswa bisa benar-benar memahami, merasakan...
-
Vaksinasi merupakan salah satu langkah paling efektif dalam pencegahan penyakit menular, terutama pada anak-anak. Di masa tumbuh kembang, an...
-
Perkembangan anak ibarat taman; ia membutuhkan kondisi yang tepat agar dapat tumbuh subur. Sama seperti tanaman yang membutuhkan sinar matah...
-
Begadang atau terjaga hingga larut malam telah menjadi kebiasaan umum di kalangan pria, terutama bagi mereka yang bekerja dengan jadwal pada...
-
Memberikan obat kepada anak-anak, terutama yang masih kecil, membutuhkan perhatian dan ketelitian yang ekstra. Anak-anak bukanlah "oran...
-
Sayuran hijau telah lama dikenal sebagai bagian penting dari pola makan sehat. Mengandung berbagai nutrisi esensial dan senyawa bioaktif, sa...
BUKU PJOK SMK / SMA Kurikulum 13
Literasi
-
Daya tahan tubuh adalah salah satu faktor utama yang menentukan seberapa baik kita dapat menjalani aktivitas fisik dan menghadapi tantangan ...
-
Meningkatkan konsentrasi dan fokus sangat penting untuk produktivitas dan kualitas hidup. Konsentrasi yang baik membantu kita bekerja lebih ...
-
Renang adalah salah satu olahraga yang dikenal sebagai latihan penuh tubuh, yang menawarkan berbagai manfaat kesehatan baik fisik maupun men...
-
Berjalan kaki adalah aktivitas fisik sederhana yang dapat dilakukan oleh siapa saja, kapan saja, dan di mana saja. Meskipun terlihat sepele,...
-
Pembelajaran yang efektif tidak hanya berfokus pada transfer informasi tetapi juga pada bagaimana siswa bisa benar-benar memahami, merasakan...
-
Vaksinasi merupakan salah satu langkah paling efektif dalam pencegahan penyakit menular, terutama pada anak-anak. Di masa tumbuh kembang, an...
-
Perkembangan anak ibarat taman; ia membutuhkan kondisi yang tepat agar dapat tumbuh subur. Sama seperti tanaman yang membutuhkan sinar matah...
-
Begadang atau terjaga hingga larut malam telah menjadi kebiasaan umum di kalangan pria, terutama bagi mereka yang bekerja dengan jadwal pada...
-
Memberikan obat kepada anak-anak, terutama yang masih kecil, membutuhkan perhatian dan ketelitian yang ekstra. Anak-anak bukanlah "oran...
-
Sayuran hijau telah lama dikenal sebagai bagian penting dari pola makan sehat. Mengandung berbagai nutrisi esensial dan senyawa bioaktif, sa...
Trending Post
-
Mengelola asupan gula dalam diet harian adalah langkah penting untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Meskipun gula memberikan ...
-
Vaksinasi merupakan salah satu langkah paling efektif dalam pencegahan penyakit menular, terutama pada anak-anak. Di masa tumbuh kembang, an...
-
S oal pilihan ganda tentang sepak bola untuk tingkat fase E beserta jawabannya: 1. Apa tujuan utama dari permainan sepak bola? a) Menceta...
-
Pembelajaran yang efektif tidak hanya berfokus pada transfer informasi tetapi juga pada bagaimana siswa bisa benar-benar memahami, merasakan...
-
Tertawa bukan hanya ekspresi kebahagiaan, tetapi juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan mental dan fisik kita. Artikel berikut ini aka...
-
Penyakit Obstruksi Paru Kronis (PPOK) adalah salah satu kondisi kesehatan yang paling umum tetapi sering kali tidak disadari hingga mencapai...
-
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Nama Sekolah : SMKN 1 SINGKIL UTARA Mata Pelajaran : PJOK Komp. Keahlian : Kelas...
-
Diet adalah pola makan tertentu yang dilakukan dengan tujuan untuk mencapai atau menjaga berat badan yang sehat dan memperbaiki ...
-
Kanker adalah salah satu penyakit yang paling umum dan menyerang manusia, serta menjadi penyebab kematian terbanyak di dunia. Kanker adalah ...
-
Daya tahan tubuh adalah salah satu faktor utama yang menentukan seberapa baik kita dapat menjalani aktivitas fisik dan menghadapi tantangan ...